Sukses


20 Manfaat Jus Pepaya untuk Kecantikan dan Kesehatan Menyeluruh

Bola.com, Jakarta - Jus pepaya merupakan satu di antara minuman yang populer di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Pada dasarnya, semua jus buah-buahan memiliki nutrisi dan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tak semua jus buah bisa dijadikan sebagai perawatan kecantikan kulit dan rambut. Namun, ada yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, yakni jus pepaya.

Biasanya orang menyantap buah pepaya langsung. Namun, pepaya juga bisa bermanfaat jika diolah menjadi jus. Selain menyegarkan tubuh, jus pepaya juga baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Jus pepaya kaya nutrisi, seperti vitamin (A,C, dan E), zat besi, protein, kalium, fosfor, dan karbohidrat. Minuman sehat ini dipercaya sangat baik untuk menyehatkan rambut.

Vitamin E dalam jus pepaya juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Manfaat jus pepaya bagi kecantikan tak perlu diragukan lagi, karena memiliki kandungan nutrisi dan vitamin cukup tinggi. Manfaat tersebut dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan yang menjadikan cairan dari buah pepaya sebagai bahan utamanya.

Namun, produk-produk olahan tersebut sudah tercampur dengan bahan kimia lainnya. Jus pepaya akan lebih baik tanpa tercampur bahan pengawet. Minuman ini bisa menyehatkan kulit dan rambut dari dalam tubuh maupun dari luar.

Anda bisa mengonsumsi jus pepaya sebagai perawatan dari dalam tubuh. Selain itu, jus pepaya bisa digunakan sebagai masker untuk merawat kulit dan rambut dari luar. Anda juga bisa mencampur jus pepaya dengan susu sapi segar dan murni supaya hasilnya lebih maksimal.

Lantas apa saja manfaat jus pepaya bagi kecantikan? Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, Kamis(14/11/2019).

 

2 dari 5 halaman

1. Manfaat Jus Pepaya untuk Kecantikan: Mencerahkan Wajah dan Menghilangkan Flek Hitam

Selain mencegah peradangan, jus pepaya memiliki kandungan untuk mencerahkan dan menghilangkan flek hitam pada kulit.

Minuman yang satu ini mampu membersihkan kulit dari kotoran dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari atau radikal bebas. Cairan dari buah pepaya juga kerap dijadikan sebagai bahan pokok di berbagai produk kecantikan atau pemutih wajah, misalnya sabun atau lotion pepaya.

Berikut cara penggunaan jus pepaya untuk memutihkan wajah:

  • Blender buah pepaya matang hingga menjadi pasta
  • Oleskan buah pepaya yang telah hancur tersebut ke wajah
  • Diamkan dan tunggu hingga 20 menit
  • Bilas dengan air bersih

 

3 dari 5 halaman

2. Manfaat Jus Pepaya untuk Kecantikan: Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Jus pepaya bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan rambut, yaitu mengatasi ketombe, mencegah kerontokan, menguatkan dan menyuburkan pertumbuhan rambut, dan membuat rambut hitam berkilau.

Kandungan asam folat pada jus buah yang satu ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi ke folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan.

Caranya, Anda perlu mencampurkan daging nuah pepaya menjadi pasta halus layaknya masker. Kemudian oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keramas supaya tidak lengket. Anda juga bisa mengonsumsi jus pepaya untuk menutrisi rambut dari dalam.

 

4 dari 5 halaman

3. Manfaat Jus Pepaya untuk Kecantikan: Mengatasi Jerawat dan Mata Panda

Manfaat jus pepaya tentu tidak perlu diragukan lagi, termasuk mengatasi jerawat dan mata panda. Banyak obat jerawat yang menggunakan ekstrak buah pepaya sebagai bahan dasarnya. Jus pepaya memiliki kandungan yang dapat mencegah dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Enzim papain pada jus pepaya mampu mengangkat sel kulit mati yang biasanya menyumbat pori-pori penyebab jerawat.

Selain itu, jus pepaya yang masih sedikit mentah dan berwarna kehijauan dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, alias mata panda.

Cara membuatnya cukup mudah. Blender pepaya hijau hingga menjadi jus atau pasta untuk dijadikan masker di area kantung mata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Jus Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Jus pepaya adalah merupakan minuman sehat yang memiliki segudang manfaat. Tak hanya untuk kecantikan, jus buah yang satu ini juga baik dikonsumsi guna menjaga kesehatan tubuh seperti berikut ini:

4. Melancarkan pencernaan

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

6. Sebagai cadangan energi

7. Obat insomnia alami

8. Mencegah kanker

9. Menurunkan berat badan

10. Mencegah pertumbuhan parasit dalam tubuh

11. Menyehatkan mata

12. Menyehatkan kuku

13. Menyembuhkan demam akibat virus dengue

14. Mengobati radang dan iritasi

15. Meningkatkan kekuatan tulang dan otot

16. Mengurangi mual

17. Mengurangi stres dan depresi

18. Meringankan keram saat haid

19. Membantu penyembuhan asma

20. Menurunkan kolesterol

 

Sumber: Medical News Today, Health Line

Video Populer

Foto Populer