Sukses


5 Obat Gusi Bengkak Alami, Cepat dan Ampuh

Bola.com, Jakarta - Sakit gigi penyakit yang pernah menimpa hampir setiap orang, salah satunya adalah gusi bengkak. Selain rasanya menyiksa, gusi bengkak dapat menurunkan mood dan nafsu makan seseorang. Bahkan gusi bengkak bisa menyebabkan meriang, sakit kepala, hingga sakit di pipi dan rahang.

Gusi bengkak bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini sering dialami jika terdapat gigi berlubang. Sisa makanan dan minuman yang tertinggal di gigi akan menghasilkan plak dan membuat gusi semakin membengkak.

Apabila gigi telah berlubang, bakteri bisa menyerang gusi, saraf hingga pembuluh darah. Akibatnya, Anda akan merasa sakit gigi berupa sensitif, menggigit, dan berbagai gejala lainnya.

Banyak orang yang membutuhkan obat gusi bengkak untuk meredakan nyerinya. Berbagai cara dilakukan dari membeli obat di apotek, hingga memeriksakannya ke dokter dengan biaya mahal.

Namun, sebenarnya Anda bisa menyembuhkan sakit akibat gusi bengkak dengan cara alami dan dipercaya ampuh menghilangkan nyeri dengan cepat. Dengan cara tersebut, Anda tak perlu mengeluarkan biaya besar dan tentunya lebih aman.

Berikut Bola.com merangkum obat gusi bengkak alami secara alami dengan cepat dan aman tanpa mengeluarkan biaya mahal. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab gusi bisa membengkak.

 

2 dari 7 halaman

Penyebab Gusi Bengkak Serta Cara Mencegahnya

- Menumpuknya Karang atau Plak pada Gigi

Seperti dijelaskan sebelumnya, gusi bengkak diakibatkan oleh sisa makanan dan minuman yang tertinggal pada gigi akan menghasilkan karang atau plak. Anda bisa mencegahnya dengan rajin menggosok gigi 2-3 kali setiap hari, yakni pagi, sore, dan malam sebelum tidur.

Selain itu, Anda bisa ke dokter spesialis gigi untuk membersihkan karang atau plak gigi setidaknya 6 bulan satu kali.

- Terkena Virus atau Jamur

Gusi bengkak bisa diakibatkan oleh infeksi virus atau jamur. Tidak semua makanan yang Anda makan itu steril. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat.

- Kesalahan Pemasangan Aksesoris pada Gigi

Gusi bengkak biasanya rawan terjadi bagi mereka yang menggunakan aksesoris pada gigi, misalnya gigi palsu dan kawat gigi alias behel. Untuk menghindarinya, pastikan Anda memasang aksesori gigi di dokter spesialis yang benar-benar terjamin keamanan dan kebersihannya.

Jika menggunakan kawat gigi, pastikan Anda selalus berawat kebersihan gigi dengan menggosok gigi menggunakan sikat gigi khusus.

 

3 dari 7 halaman

1. Obat Gusi Bengkak Alami: Garam dan Air Hangat

Air garam merupakan salah satu obat alami yang bisa diracik sendiri. Ketika gusi bengkak dan terasa nyeri atau ngilu, Anda bisa berkumur dengan air garam selama 1-2 menit.

Air garam akan membantu membunuh bakteri yang berada di rongga mulut. Obat alami ini juga mampu mengurangi peradangan akibat infeksi. Di sisi lain berkumur dengan air garam bisa mengobati sariawan dan membasmi bakteri dalam mulut.

Caranya, cukup campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Sebab, air hangat mampu meredakan nyeri pada gusi bengkak.

 

4 dari 7 halaman

2. Obat Gusi Bengkak Alami: Bawang Merah dan Putih

Obat gusi bengkak selanjutnya adalah bawang merah dan putih. Kedua bahan dapur ini terkenal sebagai penyedap masakan. Namun, ternyata bawang juga bisa mengatasi sakit gigi akibat gusi bengkak.

Bawang putih memiliki kandungan antiseptik yang akan melepas alicin dan menghasilkan minyak alami untuk melawan bakteri. Anda bisa mengunyah bawang putih secara langsung menggunakan gigi yang sakit, tetapi jangan ditelan. Kemudian kumur-kumur dengan air hangat dan minum susu murni tanpa pemanis buatan untuk menghilangkan aroma baunya.

Sedangkan bawang merah mengandung anti-mikrobial dan antiseptik yang berfungsi untuk mengendalikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Jika tak ingin mengunyah secara mentah, Anda bisa menghaluskan bawang merah dan ditempel ke bagian gigi yang sakit.

 

5 dari 7 halaman

3. Obat Gusi Bengkak Alami: Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang terkenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga mampu meredakan nyeri pada gigi akibat gusi bengkak.

Bahan herbal ini mengandung antibiotik yang dapat membunuh kuman dalam mulut, termasuk di bagian gusi. Rasa hangat pada jahe juga akan meredakan sakit dan menyembuhkan bengkak pada gusi.

Anda bisa menumbuk satu siung jahe, kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga sakitnya hilang. Selain itu, Anda juga bisa mengolah jahe menjadi minumah hangat, misalnya teh jahe. Sebaiknya teh atau minuman jahe tidak dicampur gula atau pemanis buatan, tetapi bisa menggantinya dengan madu.

 

6 dari 7 halaman

4. Obat Gusi Bengkak Alami: Perasan Jeruk Nipis atau Lemon

Perasan air lemon mampu menyembuhkan gusi bengkak karena memiliki vitamin C yang tinggi. Tak hanya lemon, jenis jeruk lainnya juga ampuh mengobati gusi bengkak, yakni jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki kandungan anti-oksidan dan anti-bakteri. Mungkin Anda akan merasa sedikit linu atau ngilu saat cairan jeruk nipis dan lemon mengenai gusi, tetapi justru hal itulah yang akan membuat gusi yang bengkak sembuh dan bersih dari bakteri.

 

7 dari 7 halaman

5. Obat Gusi Bengkak Alami: Cengkeh

Minyak cengkeh mengandung zat aktif seperti flavanoid yang akan bekerja mengurangi peradangan pada gusi gigi. Anda bisa mengoleskan minyak cengkeh pada kulit yang bertepatan dengan daerah gusi bengkak.

Selain minyaknya, teh cengkeh juga dipercaya bisa mengobati berbagai kondisi gangguan rongga mulut akibat adanya peradangan seperti sakit gigi dan sariawan.

Video Populer

Foto Populer