Sukses


Kontroversi Laga Anthony Ginting, Fans Indonesia Serbu Media Sosial BWF Minta VAR di Bulutangkis

Bola.com, Jakarta - Duel final Hong Kong Terbuka 2019 sektor tunggal putra antara Anthony Sinisuka Ginting melawan wakil tuan rumah, Lee Cheuk Yiu, di Hong Coliseum, Minggu (17/11/2019), diwarnai kontroversi. Anthony bahkan terang-terangan mengaku kecewa dan marah kepada wasit gara-gara insiden pada gim ketiga tersebut. 

Di gim pertama, Anthony bermain baik, jauh memimpin perolehan skor. Meskipun Lee sempat mendekat, Anthony mengamankan gim pertama dengan skor 21-16.

Pada game kedua dan ketiga, penampilan Anthony justru antiklimaks. Ia begitu banyak melakukan kesalahan sendiri dan beberapa kali mati langkah dalam mengembalikan pukulan-pukulan Lee yang saat itu tidak terlalu berbahaya.

Anthony sempat memperkecil ketertinggalannya bahkan balik memimpin dengan skor 20-19 pada gim ketiga, namun Lee memaksakan terjadinya setting.

Saat tertinggal 20-21, satu sambaran Anthony di depan net dinyatakan fault oleh wasit karena ujung raketnya dinilai melewati net. Champion point pun diraih Lee. Ginting meyakini sambarannya tersebut tidak fault

“Tentunya saya sangat kecewa, marah dan merasa keputusan wasit tidak fair. Ini terjadi di poin kritis dan saya merasa tidak ada yang salah. Tapi namanya permainan, saya harus bisa menerima, ada yang menang dan ada yang kalah,” kata Anthony setelah pertandingan seperti dilansir PBSI. 

Meskipun Anthony Ginting sudah bisa menerima hasil pertandingan yang diwarnai kontroversi itu, fans bulutangkis Indonesia tetap bereaksi keras. 

Mereka menyerbu akun sosial Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), di Twitter dan Instagram, untuk menyuarakan protes. Mereka meminta BWF mengevaluasi keputusan kontroversial wasit di ujung pertandingan. Bahkan, tak sedikit yang mengusulkan penggunaan teknologi video assistant referee (VAR) di bulutangkis, seperti selama ini yang sudah diterapkan di sepak bola. 

Berikut ini 10 komentar fans bulutangkis Indonesia tentang kontroversi laga Anthony Sinisuka Ginting dan Lee Cheung Yiu. 

2 dari 11 halaman

1. Tolong Pertimbangkan VAR

"Dear BWF, tolong lakukan tugas Anda dengan benar. Evaluasi wasit yang mungkin mengambil keputusan tidak fair di masa depan. Beri dia surat jika membuat keputusan salah. Kita akan menghadapi turnamen-turnamen BWF yang lebih penting dan yang terpenting di Olimpiade. Tolong pertimbangkan VAR, itu membantu. Terima kasih."

3 dari 11 halaman

2. Tirulah Tenis

"BWF Anda harus mengaplikasikan Video Assistant Referee (VAR) untuk review, keputusan wasit yang kontroversial banyak terjadi di bulutangkis. Bahkan di tenis mereka telah menggunakan VAR di NextGen Tournament."

4 dari 11 halaman

3. Pakai VAR demi Pertandingan Lebih Baik

"Tolong bawa VAR demi pertandingan yang lebih baik. Dalam beberapa kesempatan wasit memberikan keputusan yang salah. Bagaimana pun wasit adalah manusia, jadi gunakan teknologi."

5 dari 11 halaman

4. Terjadi dan Terjadi Lagi

"Ayolah, hal seperti ini selalu terjadi lagi dan lagi. Kalian sudah punya challenge, jadi tolong pakai challenge VAR dalam situasi seperti ini. Lakukan pekerjaan rumah kalian."

6 dari 11 halaman

5. Bulutangkis Butuh VAR

7 dari 11 halaman

6. Jangan Adem Ayem Saja

8 dari 11 halaman

7. Pakai VAR Supaya Seperti Sepak Bola

9 dari 11 halaman

8. Gunakan VAR

10 dari 11 halaman

9. Tetap Bangga terhadap Anthony Ginting

11 dari 11 halaman

10.

"Ini waktunya BWF menggunakan bantuan kamera bagi wasit untu challenge kesalahan di tet, karena mata telanjang sulit melihanya."

Cerita Lari 250 KM untuk Anak-Anak Aceh

Video Populer

Foto Populer