Sukses


5 Manfaat Kunyit Putih bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kunyit merupkan satu di antara tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu masak. Namun, kunyit yang biasa digunakan adalah kunyit berwarna kuning.

Sebenarnya ada kunyit yang tak kalah bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, yakni kunyit putih. Jenis kunyit ini jarang dijadikan sebagai bahan jamu tradisional. Meski begitu, kunyit putih tetap memberikan ragam manfaat bagi kesehatan secara menyeluruh.

Kunyit kuning memiliki nama ilmiah Curcuma zedoria yang memiliki kulit coklat dan oranye, serta bertekstur keras. Kunyit putih banyak digunakan sebagai bumbu kering oleh masyarakat Indonesia.

Jenis kunyit ini kerap dijadikan bahan dalam bubuk kari dan lain sebagainya. Menurut Ahli Nutrisi dari Delhi, Lokendra Tomar, kunyit putih memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Kandungan tersebut baik bagi kesehatan dan mampu mencegah penyakit.

Tak kalah dengan kunyit kuning, kunyit putih juga mengandung curcumin yang dapat memblokir enzim yang mendorong pertumbuhan kanker di kepala dan leher.

Pusat Medis Universitas Maryland juga meneliti bahwa sifat anti-oksidan dalam kunyit mampu memerangi radikal bebas, sehingga terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Berikut adalah manfaat kunyit putih bagi kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui, seperti dirangkum dari NDTV, Senin (18/11/2019).

 

2 dari 6 halaman

1. Meredakan Sakit Haid

Sebagian besar wanita tentu pernah mengalami keluhan nyeri saat mengalami masa haid. Tak perlu khawatir, Anda bisa meredakan sakit haid dengan mengonsumsi kunyit putih.

Kunyit putih memiliki sifat pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab kerut kram saat haid. Kandungan dalam kunyit putih juga dapat mencegah peradangan saat mengalami kram perut.

 

3 dari 6 halaman

2. Anti-Kanker dan Anti-Racun

Kunyit putih dipercaya dapat membantu mengobati karena lantaran mengandung senyawa ethyl pmethocyvinnatate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, dan flavonoid. Semua kandungan tersebut dipercaya mampu membunuh sel kanker.

Selain bersifat anti kanker, kunyit putih juga berperan sebagai antitoin atau antiracun. Manfaat ini telah terbukti dengan sebuah penelitian yang menggunakan kunyit putih kepada seseorang yang terkena gigitan ular berbisa. Kunyit putih mampu menangkal bisa ular dengan menghambat kerja racun.

 

4 dari 6 halaman

3. Mengobati Asma

Kunyit putih sangat dianjurkan untuk pasien pengidap asma. Kunyit putih dapat membersihkan dan melancarkan saluran pernapasan yang sesak.

Caranya, Anda bisa mengonsumsi kunyit putih bubuk dan dicampur dengan satu gelas air hangat. Kedua bahan tersebut dapat membantu mengobati asma, batuk, flu atau pilek. Air hangat akan membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran penapasan.

 

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kunyit putih dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi kunyit putih secara rutin guna menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari serangan jantung hingga penyakit stroke.

Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan vitamin seperti potasium dan zat besi dalam kunyit putih. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membangun sel darah merah.

Selain itu, kalium dalam kunyit putih juga dapat mengontrol tekanan darah dan denyut nadi. Sehingga Anda akan terhindar dari tekanan darah tinggi.

Jangan lewatkan yang ini.

6 dari 6 halaman

5. Mempercantik Kulit

Kunyit putih memiliki sifat anti-aging yang dapat membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek dan garis halus alias keriput. Kunyit putih juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Caranya, Anda bisa menghaluskan kunyit putih dengan sedikit air. Kemudian oleskan pada wajah dan leher. Tunggu sampai kering,kemudian gosok perhalan dengan kain serta air hangat.

Video Populer

Foto Populer