Sukses


5 Manfaat Selada bagi Kesehatan dan Kecantikan, Baik untuk Mata Minus

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda famielier dengan daun selada? Daun selada merupakan satu di antara sayuran hijau yang banyak dijumpai di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Sayuran hijau ini biasa dijadikan lalapan teman makan nasi atau hiasan di berbagai menu makanan. Namun, selada tak sekadar lalapan atau hiasan makanan. Selada justru memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selada mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan. Sayuran hijau tersebut merupakan sumber vitamin A dan vitamin K. Daun selada juga memiliki kandungan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, folat, dan serat.

Sebuah penelitian menemukan rajin mengonsumsi satu cangkir jus selada akan memenuhi 82 persen kebutuhan vitamin A dan 60 persen kebutuhan harian vitamin K. Terlebih, selada juga hanya mengandung delapan kalori dan nol lemak.

Wajar saja jika daun selada banyak dikonsumsi bagi mereka yang tengah menerapkan program diet untuk menurunkan berat badan. Lalu, apa saja manfaatnya?

Berikut adalah manfaat selada bagi kesehatan dan kecantikan yang kerap terabaikan, seperti merangkum dari berbagai sumber, Senin (18/11/2019).

 

2 dari 6 halaman

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan folat dalam daun selada berfungsi mengolah asam amino bernama homosistein dalam darah. Apabila kadar homosistein terlalu tinggi, dapat menimbulkan berbagai masalah pada jantung, seperti penyumbatan pembuluh darah.

Kandungan vitamin A dan C dalam dauh selada juga berfungsi sebagai anti-oksidan yang ampuh melawan radikal bebas. Kandungan tersebut juga mampu mencegah kerusakan sel-sel yang berujung pada penyakit jantung.

Selain itu, kandungan asam folat dalam daun selada bisa menurunkan risiko terkena stroke, penyakit arteri koroner, hingga emboli pada paru-paru.

 

3 dari 6 halaman

2. Baik untuk Mata Minus

Apakah Anda mengalami rabun jauh alias mata minus? Anda sepertinya perlu rajin mengonsumsi daun selada.

Mata minus atau rabun jauh bisa diakibatkan oleh radiasi dan radikal bebas sehari-hari yang bisa merusak retina mata, juga dapat menyebabkan kerabunan jarak dekat hingga kebutaan. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan daun selada.

Sayuran ini mengandung vitamin A cukup tinggi yang dapat mencegah peningkatan risiko glaukoma, katarak, dan menurunnya penglihatan karena proses penuaan. Dengan rajin mengonsumsi daun selada, Anda bisa meningkatkan ketajaman penglihatan meski usia terus bertambah.

 

4 dari 6 halaman

3. Merawat Kecantikan Kulit

Daun selada kaya nutrisi penting untuk merawat kecantikan kulit, seperti vitamin A dan vitamin C.

Kandungan vitamin A dapat meratakan warna kulit, sehingga dapat mengatasi kulit belang akibat terbakar sinar matahari. Sedangkan vitamin C dalam daun selada akan membuat kulit lebih kencang, cerat, dan tidak mudah keriput.

Kandungan mineral tinggi yang dimiliki daun selada juga dapat mencegah kulit kering dan bersisik. Anda perlu rajin mengonsumsi daun selada untuk menutrisi kulit dari dalam tubuh. Namun, Anda juga bisa menghaluskan daun selada sebagai masker perawatan kulit dari luar.

 

5 dari 6 halaman

4. Membantu Menurunkan Berat Badan dan Cegah Obesitas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, daun selada cocok dijadikan menu diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain lezat dan segar, daun selada dapat melancarkan pencernaan.

Kandungan serat dalam daun selada juga terbilang cukup tinggi. Kandungan itulah yang akan membantu mengeluarkan garam empedu dari tubuh. Serat juga dapat mendetoks racun dan sisa makanan dari dalam tubuh melalui feses, sehingga tidak terlalu lama tertimbun dalam tubuh dan tidak mengendap menjadi lemak.

 

6 dari 6 halaman

5. Mengatasi Insomnia

Apakah Anda mengalami insomnia atau memiliki kualitas tidur kurang baik? Anda perlu mengonsumsi selada secara rutin supaya mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Selada biasanya dijadikan menu pelengkap atau lalapan. Namun tanpa disadari, kandungan zat dalam sayuran hujau ini mampu menghilangkan kegelisahan dan mengurangi kecemasan.

Anda bisa mengonsumsi 1-3 lembar daun selada untuk membantu mengatasi gangguan susah tidur alias insomnia. Daun yang satu ini juga mampu meredakan sakit kepala, nyeri otot dan nyeri sendi.

Selada memiliki cairan putih yang disebut lactucarium. Cairan itu memiliki peran untuk membuat tubuh dan otak terasa lebih rileks. Caranya, Anda bisa mengonsumsi beberapa lembar daun selada atau minum jus selada sebelum tidur.

David Villa Dapat Kado Perpisahan dari J League Sebelum Gantung Sepatu

Video Populer

Foto Populer