Sukses


5 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap diolah menjadi berbagai menu makanan, terutama tumisan. Selain dimasak, kacang panjang juga banyak disantap langsung sebagai lalapan.

Sayuran ini memiliki nama latin Vigna unguiculata ssp. Sesquipedalis. Selain itu, kacang panjang dikenal dengan nama dalam bahasa lain seperti yardlong bean, Chinese long bean, hingga asparagus bean.

Kacang panjang mentah tentu lebih bermanfaat ketimbang yang dimasak. Sebab, beberapa kandungan dalam kacang panjang akan terkikis saat dimasak.

Menurut USDA National Nutrient data base, kacang panjang mengandung kalori hanya 47 kkal. Sayur tersebut juga mengandung karbohidrat dan protein. Kandungan lemak dalam kacang panjang juga tergolong cukup rendah.

Selain itu, kacang panjang mengandung nutrisi  seperti vitamin C, vitamin A, folat, riboflavin, thiamin, pyridoxine, niacin, dan pantothenic acid. Kandungan lain sayuran ini adalah mineral yang meliputi magnesium, mangan, fosfor, zat besi, kalsium, tembaga, kalium, selenium, dan zinc. Kacang panjang juga memiliki kandungan polifenol yang merupakan senyawa antioksidan.

Saking banyaknya kandungan dalam kacang panjang, maka banyak pula manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat kacang panjang untuk kesehatan, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/11/2019).

 

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Kacang Panjang: Mengobati Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah. Jika dibiarkan, diabetes dapat mengancam nyawa. Anda perlu mengatasi dan mencegah diabetes dengan mengonsumsi buah dan sayur, termasuk kacang panjang.

Sebuah penelitian menemukan adanya aktivitas anti-hiperglikemik pada ekstrak kacang panjang. Penelitian itu membuktikan kacang panjang bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga gula dalam darah akan terkendali.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Kacang Hijau: Memperbesar Payudara

Manfaat kacang panjang yang jarang diketahui adalah dapat memperbesar payudara. Sayuran ini memliki kandungan fitoestrogen sehingga dapat memicu perkembangan payudara. Tak sedikit orang yang ingin memiliki payudara besar dan berisi dengan mengonsumsi obat-obatan hingga menyuntiknya.

Namun, metode tersebut sangat berbahaya. Anda sebenarnya bisa memperbesar payudara dengan cara mengonsumsi kacang panjang atau menjadikannya sebagai masker payudara sambil memijatnya secara rutin.

 

4 dari 6 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Beberapa hasil penelitian membuktikan tiamin dalam kacang panjang dapat membantu melindungi dari masalah penglihatan seperti katarak dan glaukoma. Manfaat ini dikarenakan kandungan dalam kacang panjang dapat memengaruhi pensinyalan saraf dan otot dalam menyampaikan informasi dari mata ke otak.

Selain itu, kacang panjang merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Kacang panjang lebih kaya nutrisi vitamin daripada kacang-kacangan lainnya seperti kacang lima, fava, kacang hijau, dan lainnya.

Faktanya, vitamin A merupakan salah satu nutrisi penting untuk tubuh yang disediakan melalui makanan. Kandungan dalam kacang panjang ini akan menjaga integritas mukosa, meningkatkan warna kulit, dan meningkatkan penglihatan pada malam hari.

5 dari 6 halaman

4. Menguatkan Tulang

Kekurangan asupan vitamin K yang dapat meningkatkan risiko patah tulang dan osteoporosis lebih tinggi. Asupan vitamin K yang cukup akan meningkatkan kesehatan tulang dengan memodifikasi protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi ekskresi kalsium urin.

Menurut laporan Medical News Today, Anda bisa mengonsumsi kacang panjang untuk mendapatkan vitamin K sebagai penguat tulang. Selain itu, kacang panjang juga memiliki kandungan kalsium yang baik bagi tulang dan otot.

Faktanya, kandungan vitamin, mineral, atau antioksidan yang membuat sayuran seperti kacang panjang ini menjadi penting bagi kesehatan tubuh. 

6 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kacang panjang merupakan sumber vitamin C yang cukup tinggi ketimbang jenis kacang-kacangan lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan seseorang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi, dapat mengurangi munculnya kerutan dan garis halus, sehingga akan terlihat awet muda.

Vitamin C berperan penting untuk kesehatan kulit, ligamen, pembuluh darah, dan tendon, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Video Populer

Foto Populer