Sukses


20 Manfaat Lobak Putih bagi Kesehatan, Beserta Efek Sampingnya

Bola.com, Jakarta - Lobak putih (daikon) atau yang disebut lobak Jepang merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari negara Tiongkok. Lobak putih kemudian banyak dibudidayakan di Indonesia khususnya di daerah pegunungan. Sayuran ini sekilas bentuknya hampir mirip wortel, tetapi hanya warnanya yang berbeda, yaitu putih.

Wortel bisa dikonsumsi langsung, disayur, atau dibuat jus. Namun untuk lobak putih, Anda tidak bisa meminumnya sebagai jus murni seperti wortel. Mengapa demikian?

Menurut laporan dari Plants Hospital, jus lobak perlu dicampur dengan buah atau sayuran lainnya untuk mengurangi rasanya yang pahit. Anda juga bisa mengolah lobak putih menjadi berbagai menu masakan. 

Di beberapa negara bagian Asia Tenggara seperti Thailand, sayuran ini kerap digunakan sebagai campuran dalam masakan sop, semur hingga kari. Terlebih, lobak putih bisa ditemukan dengan mudah di pasaran dan dijual dengan harga yang relatif murah. Jika  rajin mengonsumsinya, sayur lobak bisa mengatasi masalah sinus, empedu, hingga hati.

Sayuran ini memiliki nama latin Raphanus raphanistrum var. sativus. Lobak putih masuk ke dalam keluarga Brassicaceae atau Cruciferaceae yang masih satu keluarga dengan sayur kol atau kubis. Tak kalah dengan sayuran lainnya, lobak putih juga kaya nutrisi untuk kesehatan tubuh.

Lobak putih mengandung mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Kandungan dalam lobak putih itu tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini Bola.com merangkum beberapa manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh dari berbagai sumber, Jumat (22/11/2019).

 

2 dari 3 halaman

20 Manfaat Lobak Putih bagi Kesehatan

Menurut laporan Natural Food Series, lobak putih atau daikon memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus. Kandungan tersebut sangat baik untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis dan menjaga kesehatan seperti berikut:

1. Baik untuk saluran pernapasan atau paru-paru

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)

3. Melancarkan pencernaan

4. Mencegah penyakit ginjal

5. Mengurangi risiko kanker

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

7. Membantu mengobati diabetes

8. Mengontrol tekanan darah

9. Mengobati demam

10. Meningkatkan kinerja otak dan sistem saraf

11. Menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis

12. Meredakan sakit kepala atau migrain

13. Menurunkan berat badan

14. Mencegah obesitas

15. Membantu mendetoks racun

16. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

17. Melindungi dan menjaga organ hati

18. Menjaga kesehatan jantung

19. Mencegah stroke

20. Mengobati flu

 

3 dari 3 halaman

Efek Samping Lobak Putih yang Harus Diperhatikan

Anda tak boleh terlena dengan segudang manfaat lobak putih atau daikon di atas. Kendati memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, tanaman herbal ini juga dapat memicu sejumlah efek samping apabila dikonsumsi berlebihan.

Menurut laporan dari Lybrate, efek samping yang bisa dialami seseorang jika mengonsumsi daikon berlebihan adalah mengalami dermatitis atau gangguan kulit. Sayuran ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang mengidap penyakit empedu.

Senyawa dalam lobak putih yang telah ditemukan untuk mencegah atau melawan kanker juga memiliki dampak buruk bagi fungsi kelenjar tiroid.

Wanita hamil dan ibu menyusui juga tidak disarankan untuk mengonsumsi sayuran ini. Selain itu, orang yang menggunakan vasodilator, termasuk yang mengonsumsi obat anti-migrain dan obat tekanan darah harus berhati-hati dalam mengonsumsi sayuran ini. Obat tersebut dan lobak daikon memiliki khasiat yang sama.

Menurut laporan WebMD, lobak putih juga tidak baik dikonsumsi berlebihan bagi mereka yang memiliki kadar gula rendah. Sayuran ini memang bisa membantu mengobati diabetes, tetapi justru bisa mengikis kadar gula darah bagi Anda yang tidak mengidap diabetes. Jadi, perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan pantau gula darah Anda dengan hati-hati

Lobak daikon juga tidak dianjurkan bagi pasien yang akan menjalani tindakan operasi. Para pakar kesehatan atau dokter akan menyarankan pasiennya agar tidak mengonsumsi lobak putih dua minggu sebelum operasi.

 

Sumber: Web MD, Lybrate, Natural Food Series, Plants Hospital

David Villa Dapat Kado Perpisahan dari J League Sebelum Gantung Sepatu

Video Populer

Foto Populer