Sukses


6 Bahaya Akibat Malas Cuci Tangan, Berisiko Terkena Hepatitis

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah atau sering malas cuci tangan? Malas mencuci tangan merupakan kegiatan buruk yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Menurut rilis Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, malas mencuci tangan bisa menyebabkan berbagai penyakit. Terparah, kebiasaan ini bisa menyebabkan hepatitis A.

Sayangnya, masih ada orang yang menganggap remeh perihal mencuci tangan. Cuci tangan harus dilakukan setiap saat misalnya sebelum makan dan minum, sebelum tidur, sebelum berhubungan intim, sebelum memakai kosmetik, dan lain sebagainya.

Segala aktivitas ringan ataupun berat tentu ada bakteri atau kuman yang menempel pada tangan. Jika didiamkan, maka bakteri akan mudah tumbuh dan berkembang dengan cepat, sehingga tubuh rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, seseorang tidak boleh malas mencuci tangan.

Saking pentingnya mencuci tangan, Global Hand Washing melaporkan setiap 15 Oktober diperingati sebagai hari cuci tangan sedunia. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun antiseptik akan lebih efektif untuk mencegah seseorang dari berbagai penyakit.

Lalu, bagaimana jadinya jika malas mencuci tangan?

Berikut Bola.com merangkum sederet bahaya akibat malas mencuci tangan, seperti melansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI dan Boldsky, Senin (25/11/2019).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

1. Berisiko Terkena Hepatitis A

Hepatitis merupakan penyakit yang merujuk pada peradangan di hati atau liver yang disebabkan infeksi virus atau kondisi lainnya. Apabila liver terganggu oleh infeksi virus, maka penyaringan racun dan zat-zat berbahaya di tubuh serta produksi bilirubin, hormon, hingga enzim juga akan ikut bermasalah.

Penyakit ini bisa menyebabkan kematian dengan memiliki gejala seperti urin berwarna gelap, mual, demam, kehilangan nafsu makan, dan mata atau kulit berwarna kuning. Oleh karena itu, Anda perlu mencucui tangan supaya virus tersebut tidak menempel pada tubuh.

 

3 dari 7 halaman

2. Berisiko Terkena Kanker

Kanker adalah satu di antara penyakit kronis yang bisa disebabkan oleh bakteri, kuman, atau radikal bebas yang akan merusak sel dalam tubuh. Untuk mencegahnya, Anda harus rajin mencuci tangan supaya tubuh terhindar dari dampak bakteri buruk dan radikal bebas.

Risiko yang satu ini biasnya adalah kanker kulit. Apalagi, jika Anda menggaruk kulit tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Namun setelah menggaruk kulit, Anda juga harus mencuci tangan kembali supaya tidak menularkan bakteri pada bagian kulit lainnya.

 

4 dari 7 halaman

3. Mudah Terkena Pilek

Cuci tangan dapat meminimalkan perpindahan bakteri dari benda-benda umum yang telah dipegang seperti ponsel, pintu, dan lain sebagainya. Bakteri akan mudah menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang dan dapat mengakibatan meriang, demam, hingga pilek.

 

5 dari 7 halaman

4. Diare dan Keracunan Makanan

Malas mencuci tangan juga bisa menyebabkan diare dan mengganggu kesehatan sistem pencernaan. Diare bisa terjadi akibat penumpukan bakteri. Untuk mencegahnya, Anda perlu mencuci tangan sebelum makan atau minum.

Selain diare, malas mencuci tangan juga dapat berisiko keracunan makanan karena terkontaminasi bakteri, kuman, hingga virus. Akibatnya, Anda akan mengalami gejala seperti sakit perut, muntah, dan diare.

 

6 dari 7 halaman

5. Rentan Terkena Impetigo

Impetigo merupakan penyakit kulit menular yang biasa terjadi pada anak-anak akibat malas mencuci tangan. Panyakit ini memiliki gejala dengan kulit kemerahan yang kemudian berkembang menjadi lecet kecil.

Untuk mencegahnya, para orang tua wajib memberi arahan kepada sang buah hati agar selalu rajin mencuci tangan. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

7 dari 7 halaman

6. Terinfeksi Bakteri E.coli dan Tipes

Malas mencuci tangan juga berisiko terkena bakteri E.Coli atau Escherichia Coli. Bakteri ini adalah kumah yang menyebar dari kotoran satu ke orang lain.

Biasanya, seseorang akan terkena bakteri ini jika tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum. Selain E.Coli, orang yang malas mencuci tangan setelah menggunakan toilet juga berisiko terserang penyakit tifus atau tipes.

 

Sumber: Kemenkes, Bold Sky, Global Hand Washing

Video Populer

Foto Populer