Sukses


7 Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengonsumsi kacang merah? Kacang merah merupakan satu di antara jenis kacang-kacangan yang populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Menurut Science Direct, kacang merah dikenal juga sebagai kacang Prancis yang dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai menu makanan. Kacang merah memiliki nama latin Phaseolus vulgaris.

Selain rasanya yang lezat, kacang merah juga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi cukup tinggi. Kandungan dalam Phaseolus vulgaris juga berkhasiat bagi kecantikan kulit.

Kacang merah mengandung zat seperti karbohidrat, protein, serat, kalsium, dan vitamin B9 atau asam folat. Bahkan Phaseolus vulgaris juga mengandung zat besi, potasium, magnesium, mangan, vitamin (A, B, C, D, B6, B12), serta tembaga.

Saking banyaknya kandungan dalam kacang merah, sehingga manfaat di dalamnya pun tak perlu diragukan lagi. Lalu, apa saja manfaatnya?

Berikut Bola.com merangkum sederet manfaat kacang merah atau Phaseolus vulgaris bagi kesehatan dan kecantikan, seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019).

 

2 dari 8 halaman

1. Mengontrol Berat Badan

Kacang merah sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menjalani hidup sehat. Kacang tersebut sangat cocok dijadikan menu diet untuk mengontrol berat badan dan mencegah obesitas.

Obesitas merupakan kondisi ketika seseorang memiliki berat badan berlebih, alias tidak terkontrol. Namun, Anda bisa menjaga berat badan tetap ideal hanya dengan mengonsumsi kacang merah secara rutin. Phaseolus vulgaris dapat membuat Anda kenyang dalam jangka waktu cukup lama.

Dengan begitu, Anda tidak akan mudah lapar dan dapat mengontrol nafsu makan. Kacang merah juga mampu menurunkan tingkat keinginan untuk melahap camilan.

 

3 dari 8 halaman

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)

Kolesterol jahat (LDL) sangat berkaitan dengan kesehatan jantung. Jika kadar LDL tidak terkontrol, maka akan berisiko terkena penyakit jantung hingga stroke.

Anda bisa mengonsumsi kacang merah langsung menjadi camilan atau makanan pokok pengganti nasi. Kacang merah mengandung karbohidrat yang dapat berperan sebagai pengganti nasi. Kacang berwarna merah tersebut juga mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel darah dari kerusakan, sekaligus mencegah penyumbatan arteri akibat kolesterol.

 

4 dari 8 halaman

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kacang merah sangat dianjurkan untuk pasien diabetes lantaran mengandung protein, dan serat cukup tinggi. Kacang merah juga memiliki kandungan magnesium yang berfungsi untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Kacang merah mengandung hampir setengah dari jumlah magnesium yang dibutuhkan tubuh. Phaseolus vulgaris juga dapat membantu mencegah sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

 

5 dari 8 halaman

4. Mengontrol Tekanan Darah dan Mencegah Gagal Ginjal

Sejumlah penelitian menemukan bahwa tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, mengontrol tekanan darah merupakan hal yang sangat penting. Tekanan darah tinggi juga menjadi salah satu penyebab utama kolesterol, serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa menjaga stabilitas tekanan darah supaya tetap normal dengan mengonsumsi kacang merah. Kandungan magnesium dalam kacang merah juga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

 

6 dari 8 halaman

5. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan dalam kacang merah sangat baik bagi saluran pencernaan serta dapat menjadi antivirus, antialergi dan antikanker. Saat dikonsumsi, kacang ini akan berperan sebagai antioksidan. Kandungan tersebut mampu melawan radikal bebas penyebab kanker.

Sebuah penelitian menemukan salah satu manfaat kacang merah yakni dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Kacang merah mengandung serat cukup tinggi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

 

7 dari 8 halaman

6. Baik untuk Ibu Hamil

Setiap ibu hamil tentunya membutuhkan asupan ernergi lebih untuk dirinya maupun tumbuh kembang janinnya. Kacang merah bisa dijadikan asupan tambahan yang baik bagi para wanita mengandung.

Kacang merah mengandung zat penting seperti zat besi protein, dan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu maupun bayi dalam perutnya. Zat besi dalam kacang ini bermanfaat untuk menunjang produksi hemoglobin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Bahkan kacang merah juga mengandung asam folat yang sangat baik untuk perkembangan kognitif sang buah hati.

 

8 dari 8 halaman

7. Bikin Awet Muda

Tak hanya penting untuk kesehatan, kacang merah juga bermanfaat bagi kecantikan. Kacang ini dipercaya mampu mencegah penuaan dini sehingga Anda akan terlihat awet muda.

Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh penyebab penuaan dini. 

Sumber: Science Direct, Healthline

Video Populer

Foto Populer