Sukses


7 Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan, Bisa Bikin Kulit Cantik dan Awet Muda

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengonsumsi kacang polong? Kacang ini cukup populer di Indonesia dengan berbagai olahan. Kacang polong banyak dijual di pasaran baik masih mentah atau yang sudah diolah menjadi camilan.

Kacang polong bisa diolah dengan direbus, digoreng, dipanggang, hingga menjadi berbagai olahan masakan seperti kari, hingga sup.

Kacang ini merupakan biji bulat kecil yang berasal dari polong tanaman pisum sativum. Polong termasuk ke dalam jenis sayuran dari keluarga Legume bersama kacang buncis, lentil, dan masih banyak jenis sayuran lainnya.

Kendati ukurannya kecil, kacang polong kaya nutrisi baik bagi kesehatan dan kecantikan. Kacang polong juga memiliki rasa sangat lezat dan bisa dikonsumsi oleh semua orang, baik anak-anak ataupun orang dewasa.

Menurut laporan Boldsky, kacang polong merupakan sumber protein dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium. Kacang yang berwarna hijau ini juga mengandung serat, folat, vitamin (A,B,C,E, dan K).

Saking banyaknya nutrisi yang terkandung dalam kacang polong, sehingga tak heran jika kacang ini juga memiliki manfaat sebagai berikut.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Turunkan Tekanan Darah

Kandungan protein dalam kacang polong sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Kandungan protein dalam jenis kacang ini terbuat dari asam amino yang memiliki kemampuan mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Kandungan asam amino dan isoflavone dalam kacang polong juga berfungsi menurunkan kolesterol dalam darah.

2. Mencegah Kanker

Kacang polong berfungsi mencegah dan melawan sel kanker. Kacang berwarna hijau ini merupakan sumber antioksidan cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Anda bisa mengonsumsi kacang polong secara rutin untuk mengurangi risiko segala jenis kanker. 

Selain itu, kacang polong memiliki kandungan vitamin K dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk mencegah risiko kanker prostat pada kaum pria. Kandungan ini juga bisa mencegah para wanita dari kanker payudara.

3. Menurunkan Berat Badan

Kacang polong mampu mengurangi risiko obesitas lantaran dapat mengontrol dan menurunkan berat badan. Kacang polong merupakan jenis kacang-kacangan dengan kadar glikemik indeks rendah dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kacang polong kaya akan kandungan protein dan serat, sehingga cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, kacang yang satu ini juga dipercaya ampuh meninggikan badan. Anda bisa meminum susu kedelai secara rutin.

4. Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Sendi

Kacang polong memiliki kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Selain itu, kacang polong mampu meningkatkan kekuatan otot dan sendi. Jika mengonsumsi kacang polong secara rutin, Anda dapat memelihara kesehatan otot dan sendi.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kacang polong mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Terlebih, jenis kacang ini juga memiliki kandungan karotenois pigmen lutein di dalamnya. Semua kandungan tersebut terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah kerabunan dan kebutaan.

Kandungan lutein dalam kacang polong berfungsi untuk menurunkan risiko seseorang terkena penyakit mata seperti degenerasi makula hingga penyakit katarak yang kerap diderita oleh para orang lanjut usia.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Polong untuk Kecantikan

6. Bikin Awet Muda

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kacang polong juga bermanfaat bagi kecantikan, termasuk mencegah penuaan dini. Awet muda merupakan dambaan bagi banyak orang, terutama kaum wanita.

Kandungan dalam kacang polong mampu mengurangi tanda penuaan seperti perubahan warna kulit, keriput, bintik hitam, garis harus atau kerutan, dan lain sebagainya. Senyawa fitoestrogen dalam kacang ini juga dipercaya mampu menghasilkan estrogen lebih banyak untuk mengurangi keriput dan garis halus.

7. Mencerahkan dan Melembapkan Kulit

Kacang polong dapat menutrisi kulit dari dalam. Kacang polong mengandung banyak nutrisi seperti vitamin E yang mampu menjaga kecantikan seperti mencerahkan dan melembapkan kulit.

Kacang polong juga berperan sebagai pelembap untuk kulit kombinasi dan juga berguna menyingkirkan kulit kering. Jika memiliki kulit berminyak, Anda bisa menggunakan kacang ini untuk menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda.

 

Sumber: Boldsky, Medical News Today

Video Populer

Foto Populer