Sukses


Anthony Ginting Bersyukur Bisa Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2019

Bola.com, Guangzhou - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, mengaku bersyukur bisa lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2019. Pasalnya, Anthony lolos ke semifinal tanpa harus bekerja keras.

Menjalani laga ketiga Grup B BWF World Tour Finals 2019 di Tianhe Gymnasium, Jumat (13/12/2019), Anthony bersua tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen. Dia pun mengawali gim pertama dengan baik.

Anthony Ginting berhasil unggul 11-4 atas Axelsen pada interval. Namun, ketika Anthony unggul 13-6 atas Viktor Axelsen, pertandingan terpaksa dihentikan.

Axelsen yang merupakan tunggal putra peringkat lima dunia tak bisa melanjutkan laga akibat cedera hamstring di kaki kanannya. Situasi tersebut membuat Anthony Ginting dinyatakan sebagai pemenang.

"Ya mungkin ini rezeki saya. Karena kondisi seperti ini tidak bisa diprediksi, kapanpun bisa terjadi," ujar Anthony dalam rilis dari PBSI.

Berdasarkan regulasi yang dikeluarkan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) nomor 16.2.5 menyebutkan, "Jika pemain/pasangan mengalami sakit, cedera, diskualifikasi atau hal-hal yang tidak dapat dicegah, maka semua hasil yang dimiliki pemain/pasangan tersebut otomatis akan dihapuskan. Berhenti selama dalam pertandingan akan dianggap tidak menyelesaikan semua pertandingan di fase grup".

Alhasil dalam kasus ini, seluruh poin yang berkaitan dengan Axelsen otomatis dihapus. Dengan begitu, Anthony, Chen dan Chou berada di posisi yang sama karena masing-masing punya satu kemenangan dan satu kekalahan.

Bila mengacu pada regulasi tersebut, Anthony lolos ke semifinal sebagai pemuncak Grup B, karena punya jumlah perbedaan game lebih banyak, yakni +1 setelah bermain rubber dengan Chou Tien Chen pada laga pertama.

Sementara itu, perbedaan laga Chen Long tercatat nihil karena kalah straight game dari Anthony dan menang dua game langsung atas Chou pada pertandingan Grup B BWF World Tour Finals 2019.

Video:

2 dari 2 halaman

Merasa Bersyukur

"Pastinya saya bersyukur bisa masuk ke babak selanjutnya. Saya juga tidak menyangka akan seperti ini. Apalagi saya sempat kalah pada pertandingan awal," kata Anthony.

"Bisa dibilang grup saya ini kan berat-berat pemainnya. Untungnya kemarin saya bisa menang straight game dari Chen Long dan dapat satu gim waktu melawan Chou (Tien Chen)," lanjutnya.

Keluar sebagai juara Grup B BWF World Tour Finals 2019, Anthony masih menunggu calon lawannya pada semifinal nanti. Sebab, kesempatan posisi runner up di Grup A masih terbuka untuk Jonatan Christie (Indonesia), Kento Momota (Jepang), dan Wang Tzu Wei (Taiwan).

"Untuk pertandingan selanjutnya, saya mau coba berpikir seperti kemarin saja, cuma mau berpikir gimana caranya buat menikmati permainan sama melakukan yang terbaik di lapangan," ucapnya.

"Pastinya sambil menentukan strategi apa yang mau saya pakai di lapangan dan fokus untuk main yang bagus saja," jelas Anthony.

Video Populer

Foto Populer