Sukses


20 Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Tubuh, Ketahui Cara Mengolahnya

Bola.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan buah mahkota dewa yang banyak dijadikan sebagai pengobatan tradisional. Buah Mahkota Dewa God's crown memiliki nama latih Phaleria macrocarpa ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Indonesia.

Buah yang terkenal dengan nama simalakama ini memiliki bentuk bulat dan berwarna merah ketika sudah matang, dan berwarna hijau yang masih mentah. Meski termasuk buah-buahan, mahkota dewa tidak bisa dikonsumsi langsung layaknya buah apel.

Mahkota dewa hanya bisa dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu supaya khasiatnya semakin maksimal. Manfaat buah mahkota dewa tidak perlu diragukan lagi dan sudah terbukti mampu memelihara kesehatan dan membantu mengatasi berbagai penyakit.

Melansir dari Dr Health Benefits, buah mahkota dewa mengandung senyawa alkaloid, polifenol, saponin dan flavanoid. Buah ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang bisa mencegah tubuh dari serangan penyakit.

Buah mahkota dewa juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal berbagai radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit kronis seperti tumor dan kanker. Senyawa antioksidan dalam buah simalakama ini juga dapat melindungi kulit dan mencegah penuaan dini.

Lalu, apa saja kasiatnya? Sebelum memetik manfaat buah mahkota dewa, Anda sebaiknya mengetahui cara mengolahnya terlebih dahulu supaya khasiatnya lebih maksimal.

Berikut adalah manfaat buah mahkota dewa untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh beserta cara mengolahnya, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/12/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Mengolah Tumbuhan Mahkota Dewa

- Teh Buah Mahkota Dewa

Buah mahkota dewa kerap dikonsumsi sebagai teh. Cara membuat teh buah mahkota dewa yang pertama adalah dengan mengiris buahnya tipis-tipis. Namun Anda harus membuang bijinya terlebih dahulu, karena biji dari buah ini beracun. Racun dalam biji buah ini dapat menyebabkan mabuk, kejang, mulut bengkak, sariawan, dan bahkan sampai pingsan.

Kemudian, keringkan buah mahkota dewa yang telah diiris dan dimasukkan ke wadah atau toples, lalu jemur di tempat teduh. Jika sudah kering, masukkan tiga irisan buah mahkota dewa ke air panas secukupnya dan diamkan sekitar lima menit. Lalu, air seduhan buah mahkota dewa siap diminum dalam keadaan hangat.

- Daun Mahkota Dewa Sebagai Salep atau Masker

Teh buah mahkota dewa bisa menutrisi kulit dari dalam. Namun jika ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik, Anda bisa memakai daun mahkota dewa sebagai salep dan masker.

Cara mengolahnya adalah Anda perlu menghaluskan daun mahkota dewa dengan cara menumbuk atau diblender hingga benar-benar halus. Kemudian, balurkan racikan tersebut ke kulit. Ramuan ini juga terkenal ampuh untuk mengobati eksim dan jamur.

- Teh Rebusan Batang Mahkota Dewa

Tumbuhan mahkota dewa sangat bermanfaat, mulai dari daging buah, daun, hingga batangnya. Mengonsumsi air rebusan batang tumbuhan buah mahkota dewa dipercaya mampu mengobati berbagai kanker, termasuk kanker tulang.

Jika ingin mengobati penyakit kronis seperti kanker tulang, Anda bisa mengolah batang dari tanaman mahkota dewa. Caranya, Anda hanya perlu mengambil kulit dari batang tersebut yang telah dicuci bersih, setelah itu keringkan dan direbus. Lakukan cara ini secara rutin.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh

Buah mahkota dewa mengandung senyawa flavonoid, tanin, alkanoid, fenol, saponin, lignan, sterol, dan minyak atsiri. Kandungan tersebut diketahui banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh maupun dalam membantu pengobatan penyakit tertentu.

Manfaat buah mahkota dewa juga bisa didapat cara minum air rebusan, ekstrak dalam kapsul, hingga buah kering, bahkan bisa menjadi bahan obat komersial seperti obat batuk atau sakit kepala.

Berikut adalah manfaat buah mahkota dewa untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh:

1. Meredakan sakit kepala

2. Mengobati flu dan batuk

3. Menangkal radikal bebas

4. Menurunkan risiko penyakit kanker dan tumor

5. Bersifat antivirus dan antibakteri

6. Meningkatkan vitalitas pada pria

7. Detoks racun dalam tubuh

8. Menurunkan kolesterol

9. Menjaga kesehatan pembuluh darah

10. Mencegah penyakit jantung

11. Mengobati stroke

12. Menurunkan gejala alergi

13. Mengatasi gatal pada kulit

14. Mengobati gejala asam urat

15. Mengontrol kadar gula darah

16. Meningkatkan metabolisme tubuh

17. Meningkatkan sistem imunitas

18. Mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi

19. Mengobati berbagai gangguan kulit seperti bisul, eksim dan jerawat

20. Mencegah penyakit liver

 

4 dari 4 halaman

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Buah Mahkota Dewa

Meski bermanfaat bagi tubuh, buah mahkota dewa juga bisa memberikan efek samping bagi kesehatan lainnya. Apalagi jika Anda tak sengaja mengonsumsi biji buah mahkota dewa yang sangat beracun.

Menurut laporan phcogrev.com, biji dari mahkota dewa merupakan bagian yang paling beracun dan berbahaya. Racun dalam tanaman ini dapat menyebabkan mabuk, kejang, mulut bengkak, sariawan, dan bahkan sampai pingsan.

Selain itu, Anda juga tidak boleh mengonsumsi buah mahkota dewa ketika sedang haid atau menstruasi. Buah ini akan memperhebat pendarahan dan menggerus dinding rahim.

Buah mahkota dewa juga memiliki efek samping lainnya yang perlu diperhatikan lantaran bisa memicu mabuk. Air rebusan daun mahkota dewa dapat menyebabkan kantuk dan bisa membuat mual jika terlalu banyak dikonsumsi.

Sumber: Dr Health Benefits, Phcogrev

Half Time Show, Persaingan Tak Biasa BRI Liga 1 dan Kembalinya Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer