Sukses


Olimpiade Tokyo 2020: Jepang Waspada Virus Corona

Jakarta - Jelang Olimpiade 2020 di Tokyo Jepang mulai wanti-wanti dalam menghadapi virus corona. Jepang siap bekerja keras agar virus itu tak menular.

"Kami harus berhati-hati mengenai penyakit menular yang mungkin muncul pada Olimpiade Tokyo," kata Kazuhiro Tateda, Presiden Asosiasi Penyakit Menular Jepang.

"Dalam acara massal seperti ini, risiko meningkat, di mana bakteri resisten bisa ditularkan lewat penyakit," ia menambahkan.

Virus corona mulai mewabah di kota Wuhan, China dan telah menginfeksi 600 orang. Hingga saat ini, 25 orang dinyatakan meninggal dunia setelah terjangkit virus mematikan tersebut.

Virus corona menyebabkan penderita mengalami demam hingga infeksi paru-paru akut. Hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang mampu menangkal virus yang diduga berasal dari hewan itu.

 

Video

2 dari 2 halaman

Tunda Pertandingan Tinju

Wabah virus corona membuat pertandingan kualifikasi Olimpiade 2020 untuk cabang olahraga tinju yang seharusnya berlangsung di Wuhan pada awal Ferbruari mendatang terpaksa harus dibatalkan. Selain itu, kualifikasi untuk cabang olahraga sepak bola wanita juga akhirnya dipindahkan ke Nanjing.

Jepang seperti dilansir dari deccanherald, sejauh ini baru menemukan satu kasus virus corona. Meski demikian, ancaman virus ini dikhawatirkan bakal lebih besar saat Olimpiade 2020, mengingat ribuan orang dari berbagai negara termasuk China, akan datang untuk ambil bagian.

Sadar akan resiko yang dihadapi, panitia lokal Olimpiade 2020 mengaku telah bekerja sama dengan pejabat berwenang.

"Penanggulangan terhadap penyakit menular merupakan bagian penting dari rencana kami dalam menciptakan Olimpiade 2020 yang aman dan nyaman," pernyataan panitia Olimpiade Tokyo 2020.

 

Sumber: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Jonathan Pandapotan Purba/Edu Krisnadefa, published 25/1/2020)

Video Populer

Foto Populer