Sukses


7 Manfaat Air Rebusan Jahe untuk Kesehatan, Mudah Membuat Sendiri

Bola.com, Jakarta - Jahe dikenal selama ribuan tahun sebagai rempah yang punya banyak manfaat. Di antara tanaman herbal lainnya, jahe termasuk yang paling populer dijadikan sebagai obat tradisional. Manfaat air rebusan jahe untuk kesehatan tentu sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat.

Minuman air rebusan jahe ini juga banyak dicari untuk menghangatkan tubuh, terutama saat musim dingin atau sering hujan. Anda juga bisa mencampurkan jahe dengan bahan-bahan alami yang menyehatkan lainnya untuk mendapatkan khasiatnya.

Manfaat air rebusan jahe untuk kesehatan dapat dimaksimalkan dengan cara membuat yang tepat. Anda bisa membuatnya dengan merebusnya saja tanpa tambahan bahan lainnya, dan mencampurkannya dengan bahan lain seperti madu, jeruk nipis maupun lemon.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, Senin (27/1/2020), beberapa manfaat air rebusan jahe untuk kesehatan serta cara membuatnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

Meredakan Nyeri

Manfaat air rebusan jahe yang pertama adalah sebagai pereda nyeri. Hal ini didapatkan dari kandungan Gingerol dan Fenol yang merupakan senyawa kimia bersifat antinyeri dan dapat meredakan rasa sakit.

Kedua senyawa tersebut berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga.

Sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa pengidap migrain melaporkan air jahe bekerja lebih baik meredakan gejala migrain jika digunakan sebagai terapi tambahan, dibandingkan dengan hanya minum obat pereda nyeri saja.

 

3 dari 9 halaman

Mencegah Risiko Penyakit Kronis

Tubuh Anda bisa mendapatkan radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, polusi udara dari asap knalpot, bahan kimia industri, serta makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sedangkan, jahe kering adalah sumber antioksidan tinggi yang berpotensi melindungi kamu dari efek buruk radikal bebas.

Radikal bebas ditengarai menjadi faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti tumor, kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga gangguan saraf terkait usia (Alzheimer, Parkinson, dan penyakit Huntington). Sebuah penelitian menemukan manfaat air rebusan jahe bisa mencegah atau memperlambat gagal ginjal.

 

4 dari 9 halaman

Menghilangkan Mual

Manfaat air rebusan jahe berikutnya adalah untuk menghilangkan mual. Pamor jahe sebagai penghilang mual dan pencegah mabuk laut sudah tidak perlu diragukan lagi.

Minum air jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual-muntah, termasuk yang muncul sebagai efek samping pemulihan setelah operasi, kemoterapi, dan kehamilan (morning sickness).

 

5 dari 9 halaman

Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 pria melaporkan bahwa rutin minum air jahe panas setelah sarapan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama daripada hanya makan pagi saja. Studi lain juga menemukan jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Sebuah artikel di British Journal of Nutrition melaporkan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak.

Dari ketiga referensi tersebut, tentunya Anda telah menyadari bahwa manfaat air rebusan jahe juga dapat menurunkan berat badan. Meski begitu, perlu penelitian lebih mendalam dengan jangkauan yang lebih luas guna memastikan manfaat jahe untuk penurunan berat badan ini.

 

6 dari 9 halaman

Mengurangi Reaksi Alergi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat air rebusan jahe dapat meredakan reaksi alergi. Hal tersebut karena tanaman herbal ini memiliki efek antiradang yang mampu meredakan reaksi peradangan akibat alergi.

Jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

 

7 dari 9 halaman

Melawan Peradangan Rematik dan Osteoarthritis

Manfaat air rebusan jahe juga dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi rematik dan osteoarthritis.

Ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh.

 

8 dari 9 halaman

Mengendalikan Kadar Gula Darah Pengidap Diabetes

Banyak penelitian yang menyebutkan jahe mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respons insulin pada penderita diabetes.

Orang-orang pengidap diabetes tipe 2 yang minum suplemen jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang cukup drastis. Selain itu, sifat antiradang dalam jahe juga dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti retinopati, penyakit jantung, dan stroke.

Peneliti melaporkan bahwa manfaat air rebusan jahe ini akan terasa lebih menguntungkan ketika dicampur dengan bubuk kayu manis.

 

9 dari 9 halaman

Cara Membuat Air Rebusan Jahe di Rumah

Untuk mendapatkan manfaat jahe yang optimal, sebaiknya pilih jahe segar.

Berikut cara membuat air rebusan jahe di rumah:

- Parut 1,5 sendok teh jahe segar

- Rebus 4 gelas air

- Tambahkan jahe ke dalam air

- Biarkan jahe meresap selama sekitar 5-10 menit

- Saring airnya untuk memisahkan parutan jahe

- Air jahe dapat diminum baik panas maupun dingin.

Bila rasanya terlalu kuat, Anda boleh tambahkan madu atau perasan air lemon.

Minuman jahe memang dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Meski demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai jumlah konsumsi air rebusan jahe yang aman. Jika dikonsumsi berlebihan, minuman jahe justru dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

 

Video Populer

Foto Populer