Sukses


Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2020: Tim Putra Indonesia Waspadai Ancaman India

Bola.com, Jakarta - Tim putra Indonesia dipastikan bersaing di Grup A melawan India dan tuan rumah Filipina pada Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2020, di Manila, 6-11 Februari. Meskipun diunggulkan, tim putra Indonesia pantang meremehkan lawan termasuk India.  

Indonesia merupakan juara bertahan dan menempati urutan teratas dalam daftar unggulan, diikuti Jepang, China, Chinese Taipei, dan India.

Menghadapi India, di atas kertas Indonesia jauh lebih mumpuni. Namun Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, mengatakan tim putra tidak boleh menganggap enteng lawan.

Apalagi India punya kekuatan yang cukup berbahaya, termasuk satu ganda putra mereka yang performanya tengah meningkat. Sedangkan dengan Filipina, kekuatan Indonesia masih di atas tim tuan rumah tersebut.

"Saya rasa peluang tim putra cukup besar, yang penting jangan sampai lengah, karena secara kekuatan kami cukup solid di tunggal dan ganda putra," kata Susy, melalui rilis dari PBSI, Kamis (30/1/2020). 

"Tapi tetap saja tidak boleh menyepelekan, kami tetap harus konsentrasi dan fokus di satu demi satu pertandingan. Jaga konsentrasi dan kondisi, jangan sampai ada yang sakit," imbuh Susy.

Tim tunggal putra India pada Kejuaraa Bulutangkis Asia Beregu 2020 diperkuat Kidambi Srikanth, Sai Praneeth, dan Prannoy H.S. Pemain muda Lakshya Sen juga masuk tim. Di ganda putra, India mengandalkan pasangan Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy.

 

2 dari 3 halaman

Sektor Tunggal Jadi Kekuatan India

Tim putra Indonesia tampil dengan kekuatan penuh. Di tunggal putra ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito dan Firman Abdul Kholik.

Tiga ganda putra terbaik juga menjadi senjata Indonesia, mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

"Ganda putra India memang bagus, namun kami percaya ganda putra kami masih bisa mengatasi, asalkan jangan lengah, jangan kasih kesempatan kepada lawan untuk berkembang," komentar Susy soal kekuatan ganda putra India.

"India kekuatan utamanya di tunggal, kekuatannya cukup merata. Ada Srikanth, Prannoy, secara kekuatan imbang dengan pemain kami. Tapi belakangan ini Jonatan dan Anthony sudah lebih percaya diri karena sudah lebih stabil penampilannya, mudah-mudahan konsistensi ini bisa tetap dijaga," lanjut Susy.

Sementara itu, tim putri Indonesia ada di grup Y, bersama Thailand dan Filipina.

3 dari 3 halaman

Hasil undian Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2020

Putra

Grup A: Indonesia, India, Filipina

Grup B: China, Thailand, Hong Kong

Grup C: Chinese Taipei, Malaysia, Singapura

Grup D: Jepang, Korea, Kazakhstan

Putri

Grup W: Jepang, Malaysia, Hong Kong

Grup X: Korea, India, Kazakhstan

Grup Y: Thailand, Indonesia, Filipina

Grup Z: China, Taiwan, Singapura

Video Populer

Foto Populer