Sukses


Cabor Menembak Incar Tiket Tambahan untuk Tampil di Olimpiade 2020

Bola.com, Jakarta - Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) mengincar tiket tambahan untuk meloloskan petembak ke Olimpiade 2020. Untuk itu, sembilan petembak akan dipersiapkan mengikuti kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Saat ini, baru Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba yang sudah lolos ke Olimpiade 2020. Vidya bersama kesembilan petembak potensial sudah menjalani pemusatan latihan di Lapangan Tembak International Senayan, Jakarta sejak 30 Januari 2020.

Mereka akan diterjunkan pada lima event internasional yang ditetapkan Federasi Olahraga Menembak Internasional (ISSF), sebagai fase kualifikasi Olimpiade 2020.

"Kami masih punya kesempatan menambah petembak yang akan tampil di Tokyo melalui lima kualifikasi Olimpiade yang akan digelar ISSF," kata Sekjen PB Perbakin, Firtian Yudiswandarta. 

"Makanya, kami menyiapkan sembilan petembak khusus nomor Air Rifle untuk bisa meraih tiket ke Tokyo," lanjutnya dalam rilis yang diterima Bola.com

Ada lima event kualifikasi Olimpiade 2020 yang akan diikuti, sekaligus menjadi ajang try out petembak Indonesia untuk lolos ke Tokyo.

Kelima turnamen itu adalah ISSF World Cup di New Delhi, India, 15-26 Maret 2020, Test Event Olympic Tokyo, Jepang, 16-26 April 2020, Test ISCH Hanover, Jerman, 7-17 Mei 2020, ISSF World Cup Munich, Jerman, 2-9 Juni 2020, dan ISSF World Cup di Baku, Azerbaijan, 22 Juni- 3 Juli 2020.

 

Video

2 dari 3 halaman

Menjalani TC di Jerman

Sebelum tampil di Azerbaijan, Tim Menembak Indonesia akan menjalani Trainning Camp (TC) di Hannover, Jerman dari 10 sampai 21 Juni 2020. Dari Azerbaijan, petembak yang sudah mendapatkan tiket akan menjalani TC di Tokyo Jepang, 20-23 Juli 2020.

Sementara itu, Olimpiade 2020 akan dimulai 24 Juli hingga 3 Agustus 2020. "Kami memang sengaja datang lebih awal untuk menyesuaikan dengan cuaca dan adaptasi dengan lapangan tembak yang akan dijadikan ajang pertandingan," jelas Firtian.

Untuk menangani Vika dan kawan-kawan, kata Firtian Yudiswandarta, PB Perbakin tetap memberikan kepercayaan kepada pelatih asal Iran, Ebrahim Inanloushaviklo yang khusus menangani nomor Air Rifle.

Apalagi, pemegang rekor dunia Air Rifle Men's Kejuaraan Dunia 2018 dan Finalis Olimpiade Rio de Janeiro 2016, telah membuktikan kemampuannya saat Tim Menembak Indonesia sukses menjadi juara umum pada SEA Games 2019 di Filipina.

"Fokus kami saat ini kan Olimpiade Tokyo. Jadi, hanya Ebrahim Inanloushaviklo yang diperpanjang kontraknya, sedangkan pelatih asal Bulgaria, Lyuben Stoyanov, yang menangani nomor pistol untuk sementara tidak diperpanjang," jelas Firtian.

Berikut ini adalah ini menembak Indonesia yang dipersiapkan menuju Olimpiade 2020 di Tokyo.

3 dari 3 halaman

Daftar Petembak Indonesia:

Tim Manajer: Eko Margiyono

Asisten Tim Manajer: Firtian Judiswandarta

Pelatih Nasional dan Analisis Performance: Glenn Clifton

Pelatih Asing: Ebrahim Inanloushaviklo Jahangir (Iran)

Atlet :

Putra:

1. Fatur Gustafian (Jawa Barat)

2. Paraga Duncan Taruna Negara Fuji Sentausa (Jawa Timur)

3. Niko Alvian (Jawa Tengah)

4. David Rosyid Wibowo (Kalimantan Selatan)

5. Ali Nurahman (Jawa Barat)

Putri :

1. Vidya Rafika Rahmatan Thayiba (Jawa Barat- Lolos Olimpiade Tokyo 2020)

2. Audrey Zahra (Jawa Barat)

3. Monica Daryanti (Banten)

4. Dewi Laila Mubarokah (Jawa Barat)

5. Khairunnisa Salsabila (Kalimantan Selatan)

Video Populer

Foto Populer