Sukses


7 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari untuk Kesehatan, Bisa Cegah Batu Ginjal

Bola.com, Jakarta - Mengonsumsi air putih sangat baik dan bermanfat untuk kesehatan tubuh Anda. Setiap orang membutuhkan setidaknya butuh mengonsumsi 2 liter air atau 8 gelas sehari agar manfaat minum air putih dapat kita rasakan.

Manfaat minum air putih selain menghilangkan dehidrasi, dapat mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh Anda. Nutrisi yang dialirkan air yang dibutuhkan tubuh dapat membuang kotoran dan racun, hingga melembapkan anggota tubuh seperti tenggorokan, telinga, dan sebagaianya.

Anda harus menjaga kondisi tubuh agar kebutuhan air selalu tercukupi. Anda harus benar-benar mengonsumsi air dalam takaran yang seharusnya.

Tubuh berisi cairan sekitar 60 persen, sehingga mengonsumsi air putih sangat vital untuk menjaga sistem tubuh.

Anda dianjurkan meminum air secara berkala, mulai dari bangun tidur hingga menjelang beristirahat pada malam hari. 

Bola.com telah merangkum manfaat minum air putih pada hari dari berbagai sumber, Senin (24/2/2020). Ini beberapa manfaat minum air putih di pagi hari. 

2 dari 8 halaman

1. Detoksifikasi

Meminum air putih pada pagi hari dapat memperbaiki dan memudahkan membuang racun-racun pada tubuh atau disebut detokfikasi. Air putih di pagi hari merupakan pilihan terbaik dibandingkan dengan mengonsumsi minuman jenis lain, seperti kopi atau teh. 

Air sangat penting karena tubuh memerlukan cairan. Selain itu tubuh juga akan mengeluarkan cairan berbentuk urine atau keringat, sehingga tubuh perlu terus pasokan air putih. 

3 dari 8 halaman

2. Saluran Pencernaan Lancar dan Sehat

Meminum air di pagi hari membuat metabolisme tubuh Anda meningkat. Jika Anda tidak mengonsumsi air putih di pagi hari dapat terjangkit (konstipasi) masalah pencernaan seperti, sembelit yang meningkatkan risiko sakit maag.

Meminum air putih di pagi hari juga dapat mencegah asam lambung naik.

4 dari 8 halaman

3. Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Air dibutuhkan dalam proses membuang racun dalam tubuh Anda. Proses berkeringat dan air seni serta kotoran adalah proses dalam menghilangkan racun dari tubuh Anda.

Disaat Anda tertidur, tubuh masih bekerja dan mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, 90 persen kandungan darah adalah air.

Air adalah cairan penting untuk kelancaran darah serta sirkulasi menghilangkan racun dalam tubuh Anda.

5 dari 8 halaman

4. Mengatur Suhu Tubuh dan Daya Tahan Tubuh

Ketika kadar air dalam tubuh terlalu sedikit, penyimpanan panas meningkat. Air dalam tubuh dapat menurangi ketegangan fisik jika tekanan panas meningkat.

Air disimpan di lapisan tengah kulit yang muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Alhasil, tubuh akan merasakan dehidrasi.

Saat mengalami dehidrasi, tubuh akan membatasi alur napas secara alami untuk meminimalisir tubuh kekurangan cairan.

Mengonsumsi air putih dapat membantu menyeimbangkan kembali sistem limfatik. Sistem ini berhubungan dengan cairan getah bening di tubuh dan meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

6 dari 8 halaman

5. Mencegah Batu Ginjal

Air putih yang teraliri di dalam tubuh kita bisa melumasi dinding susu dan meningkatkan juamlah cairan dalam tubuh. Air putih juga membantu mengeluarkan racun yang membahayakan tubuh Anda.

Mengosumsi air putih dibutuhkan oleh ginjal agar bisa bekerja dengan baik. Jika Anda kekurangan air putih akan meningkatkan timbulnya batu ginjal.

Ginjal akan menghasilkan cairan urine. Kemidian urine akan melarutkan mineral di saluran kemih dan mencegah terbentuknya batu ginjal. Dengan meminum air putih di pagi hari sama artinya Anda menjaga ginjal berfungsi baik.

7 dari 8 halaman

6. Meningkatkan Kesehatan

Mengonsumsi air putih di pagi hari dapat mencegah tubuh rentan terhadap dehidrasi. Air putih bisa membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Tubuh akan melakukan proses pembaruan sel, mendetoksifikasi berbagai racun yang ada dalam tubuh Anda.

Air putih meningkatkan stamina agar tubuh selalu bugar dan tidak merasa lemas saat beraktivitas. Manfaat air putih lainnya meningkatkan kinerja fungsi otak agar terhindar dari gangguan konsentrasi dan sakit kepala.

8 dari 8 halaman

7. Melumasi Sendi

Tulang rawan mengandung sekitar 80 persen air. Tulang rawan terletak di sendi dan cakram tulang belakang. Goncangan sendi yang menyebabkan nyeri sendi adalah dampak negatif kurangnya mengonsumsi air putih.

Rawannya kurang mengonsumsi air putih di pagi hari dapat menggangu fungsi tulang karena bantalan pada persedian tidak bekerja baik. Jika tubuh kekurangan air putih, maka sendi-sendi di tubuh Anda akan terasa nyeri saat melakukan aktivitas.

Video Populer

Foto Populer