Sukses


6 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Bola.com, Jakarta - Ikan salmon mengandung protein berkualitas tinggi. Selain protein, Ikan salmon juga mengandung berbagai vitamin, dan asam omega-3.

Ikan salmon dikenal sebagai salah satu makanan yang paling bernutrisi di dunia. Ikan salmon termasuk ke dalam keluarga ikan berlemak seperti hering, makarel, dan sarden.

Dilansir dari laman AloDokter, ikan salmon memiliki lemak esensial yang berbentuk asam EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexanoic acid).

Ikan salmon memiliki kandungan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai menu makanan Anda. Asam omega-3 yang ada di dalam ikan salmon mempunyai peran penting bagi tubuh Anda.

Asam omega-3 merupakan lemak istimewa yang ada pada daging ikan salmon dan bisa menjaga kesehatan tubuh Anda. Ikan salmon dipercaya bisa melawan dan mengurangi beberapa penyakit.

Manfaat ikan salmon tentu tidak diragukan, baik bagi orang dewasa atau anak-anak. Bola.com telah merangkum manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh, Rabu (4/3/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam ikan salmon dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Asam lemak omega-3 merupakan lemak tak jenuh dan bisa membantu mengurangi peradangan di tubuh.

Peradangan di tubuh Anda bisa merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Asam lemak omega-3 juga bisa menurunkan trigliserida atau kolesterol jahat, membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko stroke, gagal jantung, dan penggumpalan darah di tubuh.

3 dari 7 halaman

2. Meningkatkan Kemampuan Otak

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon bisa meningkatkan perkembangan otak Anda. Asam lemak omega-3 bisa meningkatkan otak anak-anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian (ADHD).

Asam lemak omega-3 bisa membantu menguragi gejala gangguan tersebut. Sifat antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan juga membantu melindungi saraf dari stres oksidatif, kerusakan saraf pada usia lanjut, dan meningkatkan daya ingat Anda.

Ikan salmon juga dapat mengurangi risiko demensia dan hilangnya fungsi mental. Asam lemak omega-3 dipercaya memiliki khasiat mengatasi penyakit Alzheimer dan Parkison yang bisa merusak sistem saraf karena faktor usia.

4 dari 7 halaman

3. Mengatasi Depresi

Ikan salmon yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 bisa bermanfaat sebagai obat antidepresi dan dipercaya mengatasi depresi. Penelitian menyatakan mengonsumsi lemak asam omega-3 bisa menurunkan risiko depresi setelah melahirkan.

Vitamin D dan Tripofan yang ada di dalam ikan salmon bisa membantu memperbaiki suasana hati dan melindungi dari degenerasi makula.  The Journal of Epidemiology & Community Health menyatakan mengonsumsi ikan salmon memiliki 17 persen risiko kecil terkena depresi dibandingkan orang yang sedikit mengonsumsi ikan.

Kandungan asam omega-3 pada ikan salmon berperan penting mentransmisi serotonin dan dopamin yang membantu menjaga kesehatan otak dan mencegah gejala depresi.

5 dari 7 halaman

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Berjemur di bawah sinar matahari memberikan manfaat bagi tubuh Anda. Vitamin D yang terdapat saat berjemur memberikan kesehatan tulang Anda. Selain berjemur, mengonsumsi ikan salmon juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang Anda.

Kandungan vitamin D pada ikan salmon menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang Anda. Kandungan asam lemak omega-3 memiliki sifat antiinflamasi yang menurunkan risiko terjadinya peradangan pada tulang dan membuat tulang menjadi lebih kuat.

Kandungan yang juga terdapat pada ikan salmon adalah protein, yang bisa membantu proses penyembuhan cedera di tubuh Anda. Selain itu, asam lemak omega-3 juga berguna sebagai pelumas pada persendian Anda.

6 dari 7 halaman

5. Mengontrol Berat Badan Anda

Bagi Anda yang ingin melakukan program diet, ikan salmon cocok sebagai pilihan menu diet Anda. Ikan salmon memiliki protein yang sangat tinggi yang berguna menurunkan berat badan secara sehat.

Lemak jenuh pada ikan salmon memiliki kandungan yang lebih sedikit dibandingkan daging merah. Kandungan protein yang kaya dipercaya bisa mengontrol hormon yang mengatur nafsu makan pada diri Anda.

7 dari 7 halaman

6. Menjaga Kesehatan Mata

Ikan salmon ternyata bisa meningkatkan kesehatan mata Anda. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon mampu meringankan sindrom mata kering dan gejala degenerasi makula yang bisa menyebabkan kebutaan.

Asam lemak omega-3 juga dipercaya bisa mengurangi risiko glaukoma dan meningkatkan drainase cairan intraokular di mata Anda. Anda dianjurkan untuk rutin mengonsumsi ikan salmon agar kesehatan mata Anda terjaga.

Video Populer

Foto Populer