Sukses


7 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan, Bisa Atasi Asam Urat

Bola.com, Jakarta - Tanaman sukun tidak hanya bermanfaat untuk diambil buahnya. Daun sukun juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Daun sukun memiliki kandungan senyawa seperti polifenol, falvonoid, kalium, riboflavin, tanin, asam amino esensial, sitosterol dan asetilkolin yang dibutuhkan tubuh. Daun sukun memiliki senyawa ortoindonesionin dan querticetin yang merupakan turunan senyawa flavonoid.

Daun sukun juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antiatherosklerosis, antimikroba, antikanker, antinefritis dan antioksidan. Kemampuan daun sukun dalam mengobati beberapa penyakit kronis karena kandungan senyawa yang ada di dalamnya.

Daun sukun dipercaya memiliki khasiat menghancurkan batu ginjal dengan mengencerkan batu dan dihilangkan melalui urine. Untuk mendapatkan manfaat dari daun sukun, Anda bisa mengeringkan terlebih dahulu dan diolah menjadi teh.

Daun sukun telah digunakan sebagai obat tradisional China untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Sukun adalah kelompok tumbuhan mulbery yang banyak tumbuh di area tropis seperti di Indonesia.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/3/2020), manfaat daun sukun untuk kesehatan tubuh Anda. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Menyembuhkan Luka

Daun sukun bermanfaat mempercepat penyembuhan luka pada tubuh karena sifat antioksidannya. Daun sukun yang kaya senyawa polifenol, flavonoid, tanin, dan alkaloid membantu proses penyembuhan luka semakin cepat.

Selain sifat antioksidan, daun sukun juga memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri yang berguna mempercepat proses penyembuhan luka.

3 dari 8 halaman

2. Mengatasi Penyakit Jantung

Jantung adalah organ vital yang ada di dalam tubuh. Daun sukun dipercaya bisa mencegah penyakit jantung.

Kandungan flavonoid dan sitosterol dalam daun sukun dapat menjaga kesehatan jantung dari kerusakan kardiovaskular. Penyakit jantung dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti komplikasi hipertensi, diabetes, atau gagal ginjal.

Daun sukun membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang buruk. Jika Anda memiliki metabolisme yang buruk dapat menyebabkan pembentukan plak di arteri dan mengerasnya pembuluh darah (aterosklerosis) di tubuh.

4 dari 8 halaman

3. Mengatasi Penyakit Ginjal

Jika Anda mengalami gangguan kesehatan pada ginjal, daun sukun bisa menjadi salah satu obat alternatif. Daun sukun bisa direbus menjadi obat karena memiliki sifat diuretik yang menjaga kerja ginjal Anda.

Peran penting senyawa flavonoid dan sitosterol yang bisa mencegah penyakit kardiovasklar. Daun sukun juga dipercaya menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah yang bisa mengganggu kerja ginjal Anda dan bisa mengatasi pembengkakan pada ginjal di tubuh.

Senyawa yang terkandung dalam daun sukun bisa memecah batu ginjal dan akhirnya larut keluar bersama urine.

5 dari 8 halaman

4. Mengatasi Asam Urat

Asam urat adalah kondisi yang menyebabkan gejala nyeri tak tertahankan, pembebngkakan, serta rasa panas pada persendian. Asam urat mudah menyerang Anda yang berusia lanjut.

Daun sukun adalah salah satu solusinya. Daun sukun bisa mengatasi asam urat dan menurunkan gejala asam urat tersebut.

Sifat antiinflamasi pada daun sukun mengurangi peradangan pada sendi Anda. Untuk memaksimalkan pencegahan asam urat kambuh, Anda bisa menghindari makanan yang memiliki kandungan purin tinggi.

Penyebab asam urat beragam dari pola makan Anda, genetik, obesitas, hingga stres yang dialami.

6 dari 8 halaman

5. Mengatur Kadar Kolesterol

Daun sukun dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi penyebab kerusakan kardiovaskular.

Antioksidan yang ada di dalam daun sukun bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda dan terhindar dari gangguan kesehatan seperti penyakit jantung koroner.

7 dari 8 halaman

6. Mengatur Kadar Gula Tubuh

Daun sukun memiliki efek insulin yang mampu menurunkan kadar gula darah tubuh. Kadar gula berlebih pada tubuh Anda menjadi salah satu indikasi penyakit diabetes.

Senyawa flavonoid yang ada di dalam daun sukun dipercaya bisa menjaga kestabilan gula darah dan dapat terhindar dari penyakit diabetes.

8 dari 8 halaman

7. Mengatasi Alergi pada Kulit

Daun sukun dipercaya bisa mengatasi masalah kesehatan pada kulit Anda. Anda dapat mendapatkan manfaatnya dengan menghancurkan daun sukun lalu balurkan pada kulit Anda.

Alergi adalah respons sistem kekebalan terhadap zat asing yang berbahaya bagi tubuh. Antioksidan yang terkandung di dalam daun sukun membantu membentuk hormon atau enzim yang menjadi sistem antialergen pada tubuh Anda.

Video Populer

Foto Populer