Sukses


7 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan, Termasuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bola.com, Jakarta - Goji berry berwarna merah dan berukuran kecil yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Goji berry adalah jenis buah-buahan berry yang berasal dari China. 

Buah yang dikenal dengan nama Latin Lycium barbarum itu berkhasiat sebagai ramuan herbal dan suplemen makanan.

Dilansir dari laman MedicalNewsToday, goji berry memiliki sifat antiaging yang dipercaya bisa mengendalikan glukosa dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda. Goji berry memiliki rasa manis sedikit asam.

Goji berry bisa diolah menjadi jus. Buah ini mengandung vitamin C, serat, zat besi, vitamin A, dan antioksidan. 

Goji berry juga memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks. Karbohidrat kompleks pada goji berry membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Goji berry juga dipercaya mampu mengatasi penyakit hati dan kulit. Vitamin A dan beta-karoten yang terkandung di dalam goji berry bermanfaat bagi kesehatan mata Anda.

Kandungan antioksidan yang tinggi ( Lycium barbarum polysaccharides) membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/3/2020), manfaat goji berry yang baik untuk kesehatan tubuh.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Menjaga Kesehatan Mata

Menurut penelitian jurnal American Academy of Optometry, goji berry membantu mengurangi risiko glaukoma di mata. Antioksidan yang tinggi membantu melindungi dari penyakit mata karena faktor usia.

Antioksidan pada goji berry dipercaya bisa menghentikan kerusakan mata dari sinar UV, radikal bebas, dan stres oksidatif. Mengonsumsi goji berry selama 90 hari dapat meningkatkan zeaxanthin di dalam tubuh secara signifikan.

Goji berry juga bisa melindungi retina mata Anda dari sel-sel ganglion yang bisa mengakibatkan glaukoma dan penderita tidak dapat melihat.

3 dari 8 halaman

2. Mengatasi Kanker

Kandungan vitamin C, zeaxanthin, dan karoten di goji berry berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mengatasi sel kanker. Antioksidan pada goji berry dipercaya bisa menghambat pertumbuhan tumor, dan membantu membuang zat berbahaya di dalam tubuh Anda.

Mengonsumsi goji berry efektif meningkatkan perawatan pada penderita kanker. Goji berry juga bisa menurunkan kadar peradangan sitokin dalam darah tubuh Anda.

4 dari 8 halaman

3. Antiaging

Manfaat goji berry selanjutnya adalah bisa menghambat penuaan. Antioksidan (zeaxanthin) yang ada di dalam goji berry dipercaya bisa mencegah kerusakan sel kolagen di kulit Anda. Beta-karoten yang juga terkandung di dalam goji berry merupakan fitokimia tanaman yang penting.

Beta-karoten dipercaya mampu meregenerasi kulit Anda. Selain itu, goji berry mampu meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi iritasi, mengurangi dampak buruk akibat paparan sinar matahari, dan mengurangi proses penuaan.

5 dari 8 halaman

4. Mengontor Kadar Gula Darah

Semua orang pasti menyukai makanan manis, tetapi perlu diingat mengonsumsi makanan manis bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan berpotensi meningkatkan kadar gula darah.

Goji berry menjadi opsi terbaik karena manfaatnya bisa menurunkan kadar gula darah di tubuh Anda. Selain itu, goji berry juga meningkatkan toleransi gula, mengurangi resistensi insulin, dan memperbaiki serta memulihkan sel-sel yang membantu memproduksi insulin di tubuh.

Sebelum Anda ingin mengonsumsi goji berry, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu sebagai menu diet Anda. Rajin-rajin Anda untuk mengontrol kadar gula darah di tubuh Anda.

6 dari 8 halaman

5. Menurunkan Berat Badan

Goji berry sering menjadi opsi dalam makanan diet. Serat yang tinggi di dalam goji berry membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Goji berry memiliki kadar gula yang rendah. Hitungannya 1 ons goji berry hanya memiliki 100 kalori. Goji berry juga memiliki indeks glikemik rendah yang mampu melepas gula ke dalam aliran darah lebih lambat.

Mengonsumsi goji berry mampu menurunkan berat badan secara signifikan dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda, sehingga mampu membakar kalori lebih banyak.

7 dari 8 halaman

6. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat goji berry selanjutnya adalah mampu meningkatkan kesuburan, terutama pada pria. Sebuah penelitian menunjukkan goji berry menjadi opsi alternatif mengatasi disfungsi ereksi.

Goji berry mampu meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma, meningkatkan kemampuan seksual, dan pemulihan kadar testoteron di tubuh Anda.

8 dari 8 halaman

7. Imunitas pada Tubuh

Goji berry dipercaya memiliki manfaat meningkatkan kemampuan daya tahan tubuh. Goji berry mampu meningkatkan efektivitas vaksinasi flu dan limfosit di tubuh Anda.

Goji berry tidak selalu memberikan perlindungan yang memadai terhadap virus yang menyerang tubuh Anda. Kandungan limfosit adalah sel darah putih  yang memberikan perlindungan dari serangan virus dan bakteri. 

Dalam penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi goji berry selama 30 hari dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda.

Video Populer

Foto Populer