Sukses


6 Manfaat Mandi Air Dingin, Dipercaya Bisa Menurunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Mandi adalah kegiatan membersihkan seluruh tubuh dengan air. Anda perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu, kotoran, dan sel-sel kulit yang mati.

Mandi bisa menggunakan air hangat atau air dingin. Meski terkadang mandi air hangat lebih nyaman, mandi dengan air dingin juga memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh Anda.

Bagi yang belum terbiasa mandi menggunakan air dingin, tubuh bisa menggigil karena kedinginan. Suhu air yang baik digunakan untuk mandi berkisar 20 derajat Celcius.

Dilansir dari laman HelloSehat, mandi menggunakan air dingin memiliki khasiat yang berbeda dengan mandi air hangat. Mandi menggunakan air dingin tidak dianjurkan menggunakan air es dan suhu yang lebih rendah.

Mandi air dingin atau Hidroterapi diyakini dapat mengurangi berbagai macam penyakit dan meningkatkan sirkulasi pada tubuh Anda.

Hidroterapi adalah sistem pengobatan menggunakan media air dan salah satu jenis pengobatan alami. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Senin (9/3/2020), manfaat mandi menggunakan air dingin. 

2 dari 7 halaman

1. Meningkatkan Kadar Testosteron

Mandi menggunakan air dingin dipercaya bisa meningkatkan kadar testosteron di tubuh Anda. Mandi dapat meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan pergerakannya.

Dibandingkan mandi dengan air hangat, Anda mandi menggunakan air dingin membuat jumlah sperma menjadi 5 kali lipat lebih banyak. Perlu diperhatikan, mandi menggunakan air dingin tidak serta merta bisa meningkatkan jumlah sperma tanpa diiringi dengan pola gaya hidup sehat.

3 dari 7 halaman

2. Meningkatkan Energi dan Menghilangkan Rasa Sakit

Dalam sebuah penelitian, mandi menggunakan air dingin mampu memberikan energi seperti efek yang diberikan mengonsumsi kafein. Selain itu, mandi menggunakan air dingin mampumenghilangkan rasa sakit di tubuh Anda.

Mandi menggunakan air dingin menyebabkan pembuluh darah mengerut dan membantu mengurangi pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit. Efek yang diberikan mandi menggunakan air dingin memperlambat kecepatan sinyal saraf impuls.

Mandi air dingin akan mengurangi sinyal rasa sakit dari saraf ke otak Anda dan mengurangi rasa nyeri yang dialami.

4 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Metabolisme

Mandi menggunakan air dingin dipercaya bisa meningkatkan metabolisme pada tubuh Anda. Mandi dengan air dingin memaksa tubuh Anda bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu tubuh yang stabil.

Anda hanya disarankan mandi menggunakan air dingin sekitar 5-10 menit. Mandi air dingin memicu jantung Anda agar lebih efisien memompa darah ke seluruh tubuh.

Memperlancar sirkulasi darah setelah mandi dengan air dingin dan juga bisa menurunkan tekanan darah Anda.

5 dari 7 halaman

4. Menurunkan Berat Badan

Mandi menggunakan air dingin dipercaya memiliki manfaat bisa menurunkan berat badan Anda. Tubuh Anda memiliki dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak coklat.

Penumpukan lemak putih terletak pada pinggang, perut, dan leher akibat terlalu banyak mengonsumsi kalori daripada yang diperlukan oleh tubuh. Lain hal dengan lemak coklat, lemak yang bersifat baik digunakan untuk menghasilkan panas agar suhu tubuh tetap terjaga.

Mandi dengan air dingin akan membakar lemak coklat karena terpapar suhu dingin dan ektrem. Sebuah studi pada 2009 menyatakan bahwa rutin mandi air dingin dipercaya meningkatnya proses pembakaran lemak sebanyak 15 kali lipat atau Anda bisa kehilangan hampir 5 kilogram berat badan dalam setahun.

6 dari 7 halaman

5. Meringankan Stres

Mandi menggunakan air dingin dapat meningkatkan toleransi tubuh terhadap stres. Rutin mandi menggunakan air dingin meningkatkan kondisi fisik dan mental Anda.

Selain itu, senyawa gluthathione yang berfungsi sebagai antioksidan di tubuh Anda meningkat jika mandi air dingo. Mandi air dingin juga berdampak positif terhadap stres oksidatif yang bisa berulang dan membuat tubuh dapat menyesuaikan kondisi tersebut.

Ketahanan tubuh Anda akan meningkat dan terhindar dari risiko serangan gejala stres.

7 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Kewaspadaan

Manfaat mandi air dingin selanjutnya adalah bisa membuat Anda menjadi lebih waspada. Mandi dengan air dingin membuat tubuh Anda mendorong kondisi fisik secara aktif, serta memiliki banyak efek fisiologis pada tubuh Anda.

Mandi menggunakan air dingin dapat meningkatkan denyut jantung, mengontrol tekanan darah tinggi di tubuh Anda, dan meningkatkan laju pernapasan.

Video Populer

Foto Populer