Sukses


7 Manfaat Serai bagi Kesehatan, Tak Hanya Jadi Bahan Penyedap Makanan

Bola.com, Jakarta - Serai atau dikenal sereh adalah tanaman yang populer di Asia, termasuk Indonesia. Serai biasa dimanfaatkan sebagai penyedab bahan masakan.

Serai sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisional. Serai memiliki rasa dan aroma yang khas dan menyegarkan.

Tak hanya digunakan sebagai penyedap bahan masakan, serai juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Dilansir dari laman DokterSehat, serai memiliki sifat antijamur, antibakteri, antiinflamasi, antidepresan, diuretik, analgesik, antipiretik, dan antioksidan.

Serai memiliki kandungan yang kaya nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, dan mangan. Serai juga diproduksi masal di kalangan industri dan dimanfaatkan untuk diambil minyaknya.

Minyak atsiri yang dihasilkan dari serai bermanfaat mengusir nyamuk karena kandungan zat sitronela. Selain digunakan sebagai bahan olahan obat pengusir nyamuk, serai mampu menjadi  aromaterapi untuk menghilangkan stres.

Banyak manfaat yang diberikan dari serai atau Cymbopogon citratus. Bola.com telah merangkum manfaat serai bagi kesehatan tubuh Anda, Selasa (10/3/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Mengatasi Depresi

Serai dipercaya mampu mengatasi masalah depresi karena memiliki sifat antidepresan. Antidepresan yang ada di dalam serai mampu menurunkan berbagai gejala depresi seperti cemas, dan gangguan tidur (insomnia).

Serai memiliki aroma yang khas berguna untuk merelaksasi otot dan juga saraf di tubuh Anda. Aroma yang dihasilkan dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari serai dengan mengonsumsi olahan teh serai agar tidur Anda lebih nyenyak.

3 dari 8 halaman

2. Mengusir Gangguan Nyamuk

Serai memiliki aroma yang memberikan efek menenangkan untuk manusia. Aroma serai dipercaya mampu menghalau gangguan serangan hewan, terutama nyamuk.

Aroma yang dihasilkan serai mampu menangkal gigitan nyamuk. Nyamuk membenci aroma tersebut. Gigitan nyamuk berpotensi menimbulkan risiko penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria.

Dengan cara mengoleskan cairan minyak sereh ke seluruh tubuh Anda mampu melindungi tubuh dari gigitan nyamuk.

4 dari 8 halaman

3. Mengatur Tekanan Darah

Manfaat serai selanjutnya adalah mampu menurunkan tekanan darah di tubuh Anda.Sifat diuretik yang ada di dalam serai mampu mebantu membuang kelebihan garam dan air di dalam tubuh Anda melalui urine.

Jika Anda kelebihan kandungan kadar garam di dalam tubuh Anda memiliki risiko penyakit hipertensi. Mengonsumsi serai secara rutin menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar garam di dalam tubuh Anda.

Mengonsumsi serai dapat meningkatkan kadar hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah di dalam tubuh Anda. Penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi teh serai meningkatkan pembentukan sel darah merah di tubuh Anda.

Serai juga memiliki kandungan kalium yang bisa meningkatkan produksi urin di dalam tubuh Anda. Kalium di dalam serai membantu merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Mengonsumsi serai secara rutin mampu membersihkan hati dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

5 dari 8 halaman

4. Mengatasi Kolesterol

Serai mampu mencegah kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh Anda. Mengonsumsi serai mampu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh Anda.

Serai mencegah penyerapan kolesterol jahat ke dalam pencernaan tubuh Anda.

6 dari 8 halaman

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Serai mampu memelihara sistem pencernaan di dalam tubuh Anda. Mengonsumsi serai secara rutin mampu melindungi sistem pencernaan di tubuh Anda dari gangguan bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

Serai dipercaya bisa mencegah infeksi pada saluran pencernaan, serta mampu meredakan gejala berbagai masalah penyakit pencernaan seperti diare dan sembelit.

Sifat analgesik yang ada di dalam serai bisa mengatasi nyeri di perut Anda.

7 dari 8 halaman

6. Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi

Serai memiliki sifat analgesik. Sifat analgesik pada serai mampu meredakan sakit perut, nyeri pada otot, dan juga nyeri sendi.

Mengonsumsi serai secara rutin mampu meredakan nyeri otot dan sendi. Minyak sereh juga bisa digunakan sebagai alat pijat untuk mengatasi masalah nyeri otot dan sendi Anda.

8 dari 8 halaman

7. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi serai yang direbus menjadi detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme di tubuh Anda. Serai dipercaya mampu menurunkan berat badan karena sifat diuretik.

Serai memiliki kandungan polifenol di dalamnya yang mampu meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak yang membantu menurunkan berat badan.

Olahan serai yang dikombinasikan dengan jeruk nipis sangat membantu meluruhkan lemak pada tubuh Anda. Serai yang juga dipercaya mampu melancarkan sistem pencernaan di tubuh Anda.

Video Populer

Foto Populer