Sukses


8 Jenis Makanan yang Meningkatkan Imunitas Tubuh, Dapat Menangkal Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Virus Corona telah masuk ke Indonesia. Virus Corona mampu menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, hingga kematian.  

Belakangan ini, dikabarkan masyarakat Indonesia ramai memburu ramuan herbal (empon-empon) untuk mencegah terinfeksi virus Corona. Empon-empon adalah kumpulan jenis tumbuhan yang mengandung berbagai khasiat.

Dilansir dari laman Step to Health, makanan menjadi satu di antara cara memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makanan sehat yang memiliki banyak nutrisi dapat membantu meningkatkan sistem kerja kekebalan tubuh agar tetap kuat dari serangan berbagai penyakit.

Jahe merah menjadi satu di antara ramuan empon-empon yang banyak dicari saat ini. Sebagai buktinya, harga jual jahe mengalami lonjakan tinggi.

Selain jahe, beberapa tanaman lain yang masuk empon-empon, semisal kayu manis, kunyit, secang, dan temulawak.

Di sisi lain, apa pun yang Anda konsumsi, akan menentukan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri yang memiliki risiko penyakit.

Bola.com telah merangkum jenis makanan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, khususnya untuk menangkal agar tidak tertular virus Corona.

2 dari 9 halaman

Brokoli

Jenis sayur pertama yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh adalah brokoli. Brokoli dipercaya mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Brokoli mengandung banyak serat dan sifat antioksidan. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Kandungan yang ada di dalam brokoli berguna untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

3 dari 9 halaman

Bayam

Bayam memiliki sifat antioksidan yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan pada bayam tidak kalah tinggi dibandingkan brokoli.

Bayam mengandung banyak beta karoten, vitamin C, dan vitamin A.

4 dari 9 halaman

Bawang Putih

Bawang putih yang umumnya digunakan untuk menambah cita rasa masakan, memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Bawang putih mengandung zat allicin yang mampu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi bawang putih akan merangsang aktivitas produksi sel darah putih di tubuh. Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antivirus, antimikorba, serta antioksidan.

Bawang putih juga memiliki sifat antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan akibat infeksi yang ada di dalam tubuh. Mengonsumsi bawang putih mampu menurunkan risiko mengalami gangguan kesehatan penyakit kardiovaskular seperti jantung.

Manfaat lain bawang putih adalah mampu menjaga kadar darah tetap normal.

5 dari 9 halaman

Kunyit

Sama seperti bawang putih, kunyit juga umumnya digunakan sebagai bumbu masak. Kunyit memiliki warna kuning, yang menunjukan rempah ini mengandung kurkumin.

Kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit berfungsi sebagai antioksidan tubuh. Mengonsumsi kunyit berperan menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh.

Kunyit juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengatasi peradangan osteoarthritis dan rheumatoid artritis. Mengonsumsi kunyit juga berpotensi mengurangi risiko terjadinya penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, dan tumor.

6 dari 9 halaman

Temu Lawak

Temu Lawak adalah jenis rempah yang berwarna orange. Temu lawak merupakan tanaman endemik Indonesia.

Selain menambah nafsu makan pada anak-anak, mengonsumsi temu lawak juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Temu lawak akan mengeluarkan toksin dari tubuh, meningkatkan stamina, meningkatkan fungsi ginjal, memengaruhi metabolisme tubuh dan masih banyak lagi.

Temu lawak memiliki kandungan kurkumin, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral.

7 dari 9 halaman

Kencur

Kencur merupakan jenis rempah yang bisa digunakan sebagai obat alami. Kencur memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengonsumsi kencur dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit dan mencegah Anda terserang penyakit. Kencur memiliki manfaat mengatasi demam, sakit kepala, hipertensi, hingga gangguan tidur serta stres.

8 dari 9 halaman

7. Lengkuas

Lengkuas dipercaya mampu menurunkan demam. Sifat antioksida yang ada di dalam lengkuas membantu melawan berbagai penyakit dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mengonsumsi lengkuas mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Lengkuas kaya akan kandungan seperti vitamin C, alpin, dan galangin.

9 dari 9 halaman

Jahe Merah

Jahe merah saat ini menjadi topik utama dalam berita karena dipercaya bisa mencegah terinfeksi virus corona. Jahe merah disebut efektif untuk melawan agar tidak tertular virus corona.

Jahe merah memiliki kandungan kurkumin, minyak atsiri, flavonoid, berbagai macam vitamin dan mineral. Mengonsumsi jahe merah mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Ekstrak jahe merah juga mampu mencegah dan membubuh bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam tubuh.

Video Populer

Foto Populer