Sukses


Cara Pencegahan Penyebaran Virus Corona Penyebab COVID-19

Bola.com, Jakarta - Sesuai namanya, COVID-19 atau coronavirus disease 2019, merupakan penyakit menular yang disebabkan SARS-CoV-2, satu di antara jenis dari virus Corona.

Oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), wabah COVID-19 yang disebabkan virus Corona SARS-CoV-2 dilabeli status pandemi lantaran penularannya sudah secara global dan cenderung sulit dikendalikan. 

Di Indonesia, kasus positif COVID-19 terus meningkat. Per Minggu (22/3/2020) sudah menjangkiti 514 orang, dan setidaknya 48 orang meninggal dunia akibat virus yang kali pertama diduga berasal dari Wuhan, China ini.

Diprediksi jumlah itu bisa bertambah mengingat sifat penularan virus Corona SARS-VoC-2 yang memang cenderung mudah.

Itulah mengapa, tak henti-hentinya seluruh pihak terkait memberikan imbauan untuk menjaga kesehatan serta melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalisasi risiko dari terpapar virus yang sudah menjakiti lebih dari 290 ribu orang di dunia ini.

Imbauan yang paling mendasar, seperti rajin mencuci tangan dan menghindari kontak dengan orang lain.

Menghindari kontak dengan orang lain akan sangat bermanfaat untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona SARS-VoC-2.

Menghindari kontak dengan orang lain, termasuk misalnya, untuk sementara tidak mendatangi kegiatan yang mendatangkan keramaian seperti pertandingan bola, konser musik, acara keagamaan, dan pertemuan besar.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk aktif membantu menyebarnya virus Corona dengan cara Jaga Diri, Jaga Sesama.

Apa itu Jaga Diri, Jaga Sesama?

Berikut cara pencegahan penyebaran COVID-19 yang disebabkan virus Corona SARS-CoV-2, seperti dilansir Bola.com dari Kemenkes RI, Senin (23/3/2020):

2 dari 2 halaman

Cara pencegahan penyebaran COVID-19

  • Gunakan masker bila demam dan batuk, serta terapkan etika batuk
  • Jaga jarak (satu meter atau lebih) dengan orang lain
  • Hindari kontak langsung, seperti bersalaman dan cium pipi kanan kiri
  • Hindari kerumunan dan pertemuan berkelompok
  • Jika Anda tidak sehat, jalankan isolasi mandiri di rumah (self isolated)
  • Ikuti panduan resmi dan perkembangan informasi
  • Batasi menggunakan transportasi publik, kecuali mendesak
  • Cuci tangan pakai sabun dengan benar atau gunakan hand sanitizer

 

Video Populer

Foto Populer