Sukses


PBSI Siapkan Penyesuaian Setahun ke Depan Setelah Olimpiade 2020 Ditunda

Bola.com, Jakarta - PP PBSI menyatakan mendukung penuh keputusan Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) menunda pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 akibat pandemi virus corona. Sebagai respons penundaan tersebut, PBSI akan menyiapkan berbagai penyesuaian sebagai efek penundaan Olimpiade tersebut. 

Presiden IOC Thomas Bach dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memutuskan olimpiade digelar pada 2020, namun tak akan lebih dari musim panas 2021. Telah diputuskan juga bahwa meski diselenggarakan tahun depan, titelnya tetap akan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) juga menyatakan dukungan atas keputusan tersebut. Saat ini, BWF masih bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait untuk lebih memahami situasi dalam 12 bulan ke depan.

Hal ini tak lepas dari perubahan kualifikasi olimpiade serta kemungkinan pembekuan poin rangking dunia dengan sistem yang fair bagi semua pemain.

Sementara itu, PBSI menilai keselamatan dan kesehatan semua menjadi perhatian utama saat ini. Melalui pernyataan Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto, PP PBSI mendukung penuh keputusan ini demi kepentingan bersama.

"Kami akan ikuti, apa yang menjadi keputusan IOC dan BWF, karena saat ini yang penting adalah keselamatan dan kesehatan peserta Olimpiade. Wabah Covid-19 membuat kami semua tidak punya pilihan lagi, harus ikuti prosedur yang sudah ditentukan," ujar Budiharto, melalui rilis dari PBSI, Kamis (26/3/2020).

"Keputusan ini dibuat tentunya dengan mempertimbangkan banyak hal, dan tidak dipungkiri harus ada banyak penyesuaian juga dari pemain. Harus ada penyesuaian dengan kondisi perubahan jadwal turnamen, program latihan, dan sebagainya," lanjutnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Dampak Pergeseran Pemain ke Olimpiade

PP PBSI juga belum bisa bicara mengenai apakah penundaan olimpiade berdampak pada pergeseran pemain yang akan lolos ke olimpiade. Apalagi sejumlah pemain andalan kini tengah berada di puncak performa. 

"Kami harus melihat dulu perkembangannya, termasuk jika ada perubahan ketentuan dari BWF terkait kualifikasi olimpiade dan pembekuan rangking. Secara prinsip, PBSI akan mengirim pemain yang berpeluang besar mendapat medali," ungkap Budiharto.

"Kami tidak tahu keputusan BWF seperti apa nantinya, apakah akan ada hitungan baru lagi. Kami akan sesuaikan, sekarang kami belum bisa berkata bisa ada perubahan atau tidak," tutur Budiharto.

 

 

Video Populer

Foto Populer