Sukses


Twitter Luncurkan Fitur Event Page untuk Informasi Terpercaya COVID-19

Jakarta - Masyarakat kini bisa dengan mudah mendapatkan informasi resmi dan terpercaya mengenai virus Corona secara real-time dari lembaga pemerintah. Itu setelah Twitter meluncurkan fitur Event Page untuk para penggunanya.

Event Page ini hadir untuk memberikan data resmi perihat Covid-19. Fitur Event Page Covid-19 ini sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia dan negara Asia Pasifik lain, seperti Australia, Filipina, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Fitur ini akan terletak di beranda linimasa (home timeline) untuk pengguna perangkat mobile dan di bagian Explore pada desktop.

Untuk mengakses Event Page di desktop, pengguna cukup mengklik ikon tagar yang berada di bagian kiri. Lalu, akan muncul banner biru dengan tulisan Corona Covid-19 dan tinggal diklik untuk mengetahui informasi terkini dari sumber resmi.

Tidak hanya itu, Twitter juga memastikan pihaknya tidak akan memberikan toleransi bagi informasi yang dimanipulasi termasuk percobaan untuk menyalahgunakan layanannya.

"Kami sudah memperluas peraturan keselamatan bagi konten-konten yang dapat membahayakan publik, terkait virus Corona," tutur perusahaan. Untuk itu, Twitter akan menghapus konten yang berisi informasi sebagai berikut:

- Penolakan untuk mengikuti arahan dari para ahli

- Ajakan untuk menggunakan perawatan, pencegahan, termasuk teknik diagnosis yang fiktif atau palsu.

- Konten menyesatkan dari pengguna yang mengaku sebagai ahli atau otoritas negara.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Verifikasi Prioritas untuk Ahli Medis

Sebagai bagian dari program ini, Twitter juga bekerja sama dengan otoritas kesehatan di seluruh dunia untuk mengidentifikasi ratusan ahli medis, serta melakukan verifikasi terhadap akun mereka.

"Untuk para ahli Covid-19, kami memprioritaskan verifikasi akun Twitter bagi mereka yang terdaftar/memiliki e-mail yang berasosiasi langsung dengan organisasi atau institusi berwenang," tulis perusahaan.

Namun tidak hanya itu, Twitter juga akan mempertimbangkan sejumlah masukan dari publik. Kendati demikian, perusahaan tetap akan memilih masukan tersebut sesuai dengan anjuran dari otoritas kesehatan masyarakat dunia dan mitra.

3 dari 4 halaman

Perluasan Pencarian Cepat tentang Covid-19

Twitter juga sudah mendedikasikan pencarian cepat bagi pengguna yang ingin mencari informasi tentang Covid-19. Jadi, mereka akan mendapatkan informasi yang terpercaya dan berasal dari sumber resmi pemerintah pad kolom pencarian teratas.

"Kami juga mengamati percakapan secara konsisten untuk memastikan, seluruh kata kunci — termasuk kata yang sering salah dieja— juga muncul saat pengguna melakukan pencarian cepat," tulis perusahaan.

Untuk Indonesia sendiri, Twitter telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk mengaktifkan notifikasi tentang Covid-19 sejak Februari 2020. Notifikasi itu terhubung dengan situs resmi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

 

Sumber asli: Twitter

Disadur dari: Liputan6.com (Agustinus Mario Damar/Dam/Isk, published 26/3/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer