Sukses


5 Gejala Anda Tertular Virus Corona dan Tindakan Pertama yang Harus Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus Corona belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai negara, termasuk Indonesia, masih berupaya keras meredam penyebaran COVID-19 dengan berbagai cara. 

Untuk saling menjaga, pemerintah mengimbau untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak aman secara sosial. Selain itu sebagai warga negara harus turut membantu dengan bertanggung jawab atas diri sendiri. Yaitu dengan menjaga jarak dan mengetahui tanda-tanda terinfeksi virus corona Covid-19. 

Gejala seseorang terjangkit virus corona kadang sulit dibedakan dari flu biasa. Alhasil, Anda harus waspada jika merasakan gejala-gejala seperti ini. 

Salah satu gejala yang paling umum adalah mengalami demam tinggi. Kondisi demam adalah reaksi alamiah tubuh ketika melawan virus yang masuk. 

Jadi, seperti apa gejala-gejala Anda terinfeksi virus Corona? Berikut beberapa di antaranya dan tindakan pertama yang harus dilakukan. 

 

.

 

2 dari 7 halaman

1. Demam Tinggi seperti Flu

Salah satu gejala Anda terinfeksi virus corona adalah mengalami demam tinggi seperti saat sedang flu. Jika suhu tubuh di atas 37,5 Anda harus waspada karena bisa jadi itu menjadi gejala virus corona. 

Namun, tidak semua orang yang terpapar virus corona mengalami demam, bahkan ada yang tanpa gejala sama sekali.  

 

3 dari 7 halaman

2. Mengalami Batuk Parah

Virus corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Salah satunya ditandai dengan batuk parah. Gejalanya seperti terinfeksi virus pneumonia. Itu tanda paru-paru terinfeksi bakteri, jamur atau virus.

Jika mengalami batuk kering dan parah, maka Anda wajib waspada.  

4 dari 7 halaman

3. Sesak Napas karena Sistem Pernapasan Diserang Virus Corona

Bila sistem pernapasan yang diserang, orang yang terinfeksi besar kemungkinan akan mengalami sesak napas. Hal ini merupakan lanjutan dari batuk parah yang dialami.

Itu tanda paru-paru terinfeksi bakteri, jamur atau virus. Infeksi tersebut menyebabkan seseorang mengalami sesak napas pendek hingga kesulitan bernapas jika sudah sampai parah.

 

5 dari 7 halaman

4. Mengalami Pilek dan Sakit Kepala

 Mengalami pilek dan sakit kepala merupakan salah satu tanda terinfeksi virus corona. Hal ini menjadi kondisi umum yang dialami. Selain itu, cairan lendir dari flu dapat beresiko membuat orang lain tertular.

Sakit kepala yang dirasakan akan bersamaan dengan suhu tubuh yang tinggi karena demam. 

6 dari 7 halaman

5. Riwayat Perjalanan dari Daerah yang Terjangkit Virus Corona

Sampai saat ini pemerintah masih menerapkan social distancing dan mengimbau masyarakat untuk berada di rumah. Tidak keluar rumah bila tidak dalam keadaan darurat.

Hal ini berkaitan dengan wilayah-wilayah yang saat ini sudah cukup banyak kasus pasien positif virus corona. Salah satunya DKI Jakarta hingga Jawa Barat seperti Bogor, Depok, dan Bekasi. 

Riwayat perjalanan ke daerah yang terjangkit, bisa saja membuat orang tersebut terinfeksi namun belum merasakan gejalanya, padahal orang tersebut sudah terinfeksi karena masa inkubasi 14 hari.

 

7 dari 7 halaman

Tindakan Pertama

Penyebaran virus corona sangatlah cepat. Berbeda dengan flu yang sama-sama dan menginfeksi orang lain namun lebih lambat. Apabila memiliki tanda-tanda gejala penyakit seperti yang di atas atau pernah memiliki riwayat perjalanan di daerah terjangkit, segera lakukan langkah pencegahan.

Hal ini bisa dilakukan dengan menghubungi layanan pesan singkat COVID19.GO.ID (+62 811 3339 9000). Selain itu pemerintah juga mengimbau segera menghubungi call center 119 atau call center rumah sakit rujukan terdekat.

Saat menghubungi layanan tersebut, jangan lupa sertakan usia dan jenis kelamin. Lalu sampaikan gejala yang dirasakan serta riwayat perjalanan dalam dua pekan terakhir.

Tetap tenang dan tunggu arahan dari rumah sakit. Selain selalu jaga kebersihan, rajin cuci tangan serta gunakan masker saat berada di tempat umum.

Sumber: dari berbagai sumber

Disadur dari: Liputan6.com (Muhammad Fahrur Safi'i/Septika, published 24/3/2020) 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer