Sukses


Waspada Virus Corona, Berikut Ini Suhu Tubuh Normal Berdasarkan Umur

Bola.com, Jakarta - Langkah antisipasi pencegahan penularan virus corona ada beragam cara. Salah satu metode lazim diterapkan adalah pemeriksaan suhu tubuh. 

Pengecekan suhu tubuh banyak ditemui di berbagai tempat setelah mencuatnya wabah virus corona. Tempat-tempat yang menerapkan pengecekan suhu tubuh antara lain bandara, stasiun, perkantoran, mal, kafe, bahkan kini di berbagai tempat ibadah serta fasilitas publik lain.  

Dari suhu tubuh tersebut, dapat diketahui apakah seseorang dalam kondisi yang sehat atau sedang sakit, Lalu, berapa sebenarnya suhu tubuh yang normal?

Suhu tubuh normal pada seseorang ternyata bervariasi, tergantung pada faktor yaitu usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas. Pemeriksaan suhu dapat dilakukan di beberapa bagian tubuh antara lain dahi, ketiak, mulut, dan anus.

Mengutip Medical News Today, Jumat (20/3/2020), agar lebih paham mengenai suhu tubuh dalam kategori normal, berikut ini daftar suhu tubuh normal manusia berdasarkan usia. 

 

2 dari 5 halaman

1. Suhu Tubuh Orang Dewasa

Suhu tubuh orang dewasa normal berkisar antara 36,5 derajat sampai 37,5 derajat celcius. Suhu tubuh 38 derajat celcius dikategorikan demam, 39,5 derajat celcius masuk kategori demam tinggi, dan 41 derajat celcius kategori demam sangat tinggi.

 

3 dari 5 halaman

2. Suhu Tubuh Anak

Suhu tubuh normal untuk anak usia 3-10 tahun berkisar pada 35,5 derajat hingga 37,5 derajat celcius. Anak-anak cenderung punya suhu tubuh yang sama dengan orang dewasa.

 

4 dari 5 halaman

 3. Suhu Tubuh Bayi

Bayi terkadang memiliki rentang suhu tubuh lebih tinggi daripada orang dewasa ketika pengukuran dilakukan melalui ketiak dan telinga.

Suhu tubuh normal untuk bayi berusia 0 - 2 tahun berkisar dari 36,6 derajat sampai 37 derajat celcius apabila diambil dengan termometer rektal. Suhu tubuh mungkin naik sedikit ketika bayi sedang tumbuh gigi. Sedangkan suhu tubuh rata-rata bayi yang baru lahir adalah 37,5 derajat celcius.

Suhu bayi lebih tinggi dari orang dewasa karena punya area permukaan tubuh yang lebih luas dibanding berat badan mereka. Tubuh bayi cenderung aktif secara metabolik, sehingga menghasilkan panas.

Mereka juga tak terlalu banyak berkeringat ketika hangat yang berarti tubuh mereka mempertahankan panas. Bayi jadi lebih sulit turun panasnya saat demam.

Yang perlu Anda ingat, suhu tubuh normal pada orang dewasa dan anak ini bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kesehatan.

Alat pengukuran suhu tubuh bisa memberi hasil berbeda, tergantung dari jenis alat pengukuran dan bagian tubuh mana yang diambil suhunya. 

Sumber: Medical News Today 

Disadur dari: Liputan6.com (Editor Amal Abdulrachman, published: 27/3/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Gronya Somerville

Video Populer

Foto Populer