Sukses


Susah Tidur karena Takut Virus Corona? Simak 6 Tips Berikut Ini

Jakarta - Kualitas tidur menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi virus Corona. Masalahnya, perkembangan informasi mengenai Covid-19 membuat masyarakat panik.

Rasa cemas dan khawatir tersebut pada akhirnya bisa mengganggu waktu tidur. Mengatasi ini, berikut tips untuk mendapatkan istirahat cukup dilansir Healthline.

1. Jaga rutinitas harian

Rutinitas harian terganggu karena pandemi virus Corona. Banyak sekolah libur. Sementara pekerja melakukannya dari rumah. Ada juga yang berusaha menyeimbangkan pekerjaan dengan keluarga karena kini anak-anak juga lebih banyak di rumah.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga rutinitas agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Apabila kamu bekerja dari rumah, tetap usahakan bangun di jam yang sama dan mandi.

Meski di rumah, pekerja bisa menjaga rutinitas seakan berada di kantor. Hal ini akan membuat rasa terganggu sedikit berkurang.

2. Jangan tidur siang berlebihan

Saat menjalani karantina diri dan bekerja dari rumah, seringkali waktu tidur bertambah. Ini harus dihindari saat pandemi virus Corona.

Berlebihan tidur siang justru akan membuat semakin sulit mengantuk dan berpotensi mengganggu rutinitas tidur di malam hari. Memiliki rutinitas tidur yang normal membuat hidup lebih teratur.

Gantilah keinginan tidur siang dengan rutinitas sehat seperti bangun lebih awal atau untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Video

2 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

3. Berolahraga

Berada di rumah saja seharian bukan berarti tidak berolahraga. Aktivitas ini penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Meski berada di rumah, pilihan untuk berolahraga tetap tidak terbatas. Utamakan berolahraga di pagi atau siang hari. Namun ingat untuk tidak melakukannya beberapa jam sebelum waktu tidur karena akan menstimulasi tubuh dan menyulitkan kita untuk lelap.

4. Kendalikan asupan berita

Sulit menghentikan banjirnyya informasi dan berita mengenai virus Corona. Hal ini juga yang bisa meningkatkan rasa kecemasan dan berdampak pada pola tidur.

Kendalikan asupan berita dengan membatasi seberapa banyak dan waktu penggunaan ponsel untuk mendapat informasi mengenai pandemi itu. Seperti kafein, jangan mengonsumsi berita-berita ini sebelum tidur.

 

3 dari 3 halaman

Tips Lain

5. Batasi penggunaan gadget sebelum tidur

Internet menjadi salah satu hiburan selama berada di rumah. Bisa untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman serta mencari hiburan di media sosial. Akan tetapi, seharian menggunakan ponsel tidak akan membantu saat berusaha untuk tidur.

Setidaknya satu jam sebelum tidur, berhentilah menatap layar gadget, ponsel, televisi, atau apapun yang bisa memicu rasa cemas. Gantilah dengan berbagai aktivitas lain seperti membaca buku atau mendengarkan lagu.

6. Hindari konsumsi alkohol

Beberapa menganggap alkohol bisa mengurangi kecemasan. Namun, kandungan itu justru bisa membuat kualitas tidur terganggu dan terbangun dengan rasa lelah.

Alkohol bukanlah mekanisme yang sehat untuk mengatasi rasa cemas dan stres. Satu-dua gelas alkohol dan kurang tidur justru malah berdampak buruk bagi sistem imun.

 

Sumber asli: Healthline

Disadur dari: Liputan6.com (Harley Ikhsan/Edu Krisnadefa, published 30/3/2020)

Video Populer

Foto Populer