Sukses


VIDEO: TikTok Bola.com, Etika Bersin dan Batuk saat Pandemi Virus Corona / COVID-19

Bola.com, Jakarta - Menurut buku "Bunga Rampai COVID-19: Buku Kesehatan Mandiri untuk Sahabat #dirumahaja", terdapat beberapa cara beretika ketika batuk atau bersin. Etika itu yang diterapkan presenter Bola.com, Iqri Widya, ketika work from home (WFH) karena pandemi virus corona dan ia tunjukkan di TikTok Bola.com kali ini.

Batuk atau bersin bisa membuat seseorang terjangkit atau menularkan virus corona / COVID-19 kepada orang lain. Hal itu karena penyebaran virus tersebut karena percikan (droplet). Droplet dari orang yang batuk tersebut langsung bisa mengenai orang-orang di sekitar atau partikel yang lantas dihirup orang di sekitarnya. Hal itu karena droplet tersebut bisa bertahan di udara (aerosol) hingga empat jam.

Selain itu, virus yang berasal dari percikan tersebut juga bisa hidup hingga empat jam di permukaan tembaga, serta 24 jam pada kardus. Orang yang kemudian menyentuh barang-barang yang terkena droplet tersebut, berisiko tertular virus corona / COVID-19 jika tidak segera mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik atau memakai hand sanitizer.

Mengacu hal itu, sangat mendesak bagi masyarakat memahami pentingnya menjaga jarak fisik (social-physical distancing). Dengan menjaga jarak, setidaknya satu meter dengan orang lain, kita bisa memutus mata rantai penyebaran virus yang telah menginfeksi 500 ribu lebih orang di dunia ini.

Dengan demikian, etika saat batuk atau bersin penting untuk dilakukan. Hal itu juga yang ditunjukkan dalam TikTok Bola.com kali ini. Seperti apa etika batuk dan bersin yang dilakukan Iqri Widya saat WFH karena pandemi virus Corona / COVID-19? Dapat dilihat dalam video di atas.

Video Populer

Foto Populer