Sukses


Pilihan Sayur dan Buah yang Tahan Sebulan untuk Konsumsi Selama Social Distancing

Bola.com, Jakarta - Situasi pandemi virus corona penyebab COVID-19 membuat setiap orang berpikir untuk menjaga kebugaran. Satu di antara kunci tersebut social distancing. Status jaga jarak tersebut dianggap menjadi level preventif agar si virus tak cepat menyebar.

Termasuk ketika berbelanja kebutuhan pangan. Sebisa mungkin beli secara online. Jika memang ingin belanja buat perencanaan yang matang agar waktu untuk keluar rumah semakin sedikit.

Stok makanan yang tahan lama. Termasuk buah dan sayuran. Ada beberapa buah dan sayur yang sangat direkomendasikan karena bisa tahan selama 1 bulan, tapi juga bergantung pada cara penyimpanannya. Berikut ini beberapa daftarnya :

 

2 dari 5 halaman

Apel

Apel dan pir bisa bertahan lebih lama daripada buah lainnya dan dapat disimpan hingga 4 bulan jika menyimpan dengan benar. Pada umumnya apel akan baik-baik saja jika disimpan di suhu sekitar 0 derajat celcius. Tetapi bagi apel jenis Honeycrisp, simpan di suhu 2 derajat celcius.

Jika ingin apel tahan selama berminggu-minggu, simpan di dalam kantong plastik, jauhkan dari sayuran karena gas etilen yang dihasilkan apel akan membuat sayuran cepat layu.

 

3 dari 5 halaman

Kol dan Wortel

Kol bisa bertahan hingga 2 bulan apabila terbungkus dengan plastik di lemari es. Namun sebagian besar salad hijau layu dalam beberapa hari karena kandungan airnya tinggi.

Sementara itu, kunci agar wortel tahan lama adalah dengan mengeringkannya, karena wortel memiliki kelembapan tinggi yang menyebabkan wortel cepat busuk. Jika membeli wortel di dalam kantong plastik, masukkan tisu ke dalam kantong untuk menyerap kelembapan dan tukar jika sudah kusam. Hal ini bisa membuat wortel segar selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

 

4 dari 5 halaman

Bawang Putih dan Bombay

Bawang putih bertahan paling lama disimpan pada suhu 15-18 derajat celcius dengan kelembapan sedang. Bawang putih juga akan baik-baik saja jika disimpan di lemari dapur yang gelap. Bisa juga disimpan di lemari es sampai ketika siap menggunakannya.

Sedangkan bawang Bombay bisa disimpan di daerah kering dengan suhu tetap antara minus 1 - 10 derajat Celcius dan bawang akan bertahan hingga satu tahun. Bawang juga dapat disimpan di dalam kantong mesh (kantong jaring) dan menyimpannya di lemari gelap akan mampu bertahan hingga satu bulan atau lebih.

 

5 dari 5 halaman

Kentang

Suhu penyimpanan ideal untuk kentang adalah 4 derajat celcius. Kentang tidak menyukai cahaya karena dapat menyebabkan kentang berwarna hijau.

Ruang bawah tanah biasanya menjadi tempat penyimpanan kentang yang sempurna sehingga mencegahnya cepat membusuk antara 2-4 bulan. Jauhkan kentang dari bawang dan apel, karena keduanya akan mengeluarkan gas yang mempercepat proses pembusukan.

Sumber : Prevention

Disadur dari : Dream.co.id

Penulis : Mutia Nugraheni (1/4/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer