Sukses


8 Manfaat Social Distancing, Kurangi Penyebaran Virus Corona hingga Perbaiki Keuangan

Bola.com, Jakarta - Masyarakat harus ikut serta dalam menghentikan penyebaran virus corona di Indonesia. Penyebarannya yang masif dari manusia ke manusia menyebabkan adanya imbauan untuk social distancing.

Imbauan Pemerintah untuk social distancing perlu dipertimbangkan masyarakat agar tidak tertular virus corona. Banyak di antaranya yang tidak menghiraukan imbauan ini lantaran dianggap tidak ada hal yang dapat dilakukan di rumah.

Perlu diketahui, berikut beberapa manfaat social distancing yang dapat Anda peroleh, seperti dirangkum oleh Merdeka.com.

1. Social distancing adalah imbauan yang dilakukan dengan tujuan utamanya dapat mengurangi risiko penyebaran virus corona covid-19. Sebab, satu cara penularan virus corona adalah dengan droplets yang secara tidak sadar dapat dikeluarkan oleh orang lain di sekitar.

Tidak hanya itu, melakukan interaksi dan bahkan bersentuhan dengan orang lain pun dapat menjadi salah satu penyebab dari penularan virus corona covid-19 tersebut. Maka dari itu, dengan melakukan social distancing pada saat ini adalah tindakan yang tepat.

2. Melakukan social distancing berarti Anda dapat melakukan segala rutinitas Anda dari rumah. Dengan begitu, secara tidak langsung kondisi finansial Anda akan jauh lebih dapat diatur.

Sebab, Anda dapat menekan pengeluaran yang selama ini mendukung rutinitas Anda di luar rumah. Pengeluaran yang dapat ditekan pada saat Anda melakukan social distancing adalah biaya transportasi, makan siang, dan lain sebagainya.

Dengan berdiam diri di rumah, maka Anda dapat menekan pengeluaran sehingga manajemen keuangan akan dapat diperbaiki secara efektif.

2 dari 8 halaman

Menekan Polusi

Banyak aktivitas manusia di bumi yang menyebabkan polusi udara, suara, hingga air sehingga dapat menyebabkan masalah lingkungan seperti pemanasan global di seluruh dunia.

Dengan adanya imbauan social distancing, maka aktivitas manusia yang menyebabkan polusi dapat berkurang dengan drastis. Sebab, segala aktivitas yang dapat dikerjakan dari rumah mampu mengurangi rutinitas manusia yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan polusi antara lain penggunaan bahan bakar fosil sebagai akibat dari tingginya mobilitas manusia untuk beraktivitas di luar rumah.

Tidak hanya itu, penggunaan lampu dan listrik yang sangat besar pada pusat perbelanjaan, kantor, dan tempat wisata juga dapat menyumbang polusi yang tinggi.

3 dari 8 halaman

Lebih Dekat dengan Orang Terdekat

Social distancing membuat waktu untuk beraktivitas di rumah menjadi lebih panjang. Hal tersebut dapat menjadi momen yang tepat untuk mengisi waktu bersama orang terdekat di rumah.

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang positif bersama keluarga seperti melakukan olahraga bersama hingga membersihkan perabot rumah bersama.

Pastikan anggota keluarga yang berada di rumah tetap sehat sehingga tidak terjadi penularan virus corona. Apabila salah satu anggota keluarga mengalami gejala, segera lakukan isolasi diri di ruang terpisah dari anggota keluarga yang lain.

4 dari 8 halaman

Waktu untuk Hobi

Selama di rumah, maka Anda akan memiliki waktu yang lebih. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan hobi yang selama ini tertunda akibat dari kesibukan Anda.

Bila perlu, eksplor hobi baru agar otak Anda terus berkembang secara positif. Gali hobi baru Anda seperti pada bidang musik, kepenulisan, olahraga, seni, dan lain-lain. Selain mendapatkan hobi baru, Anda juga dapat mengasah kreativitas.

5 dari 8 halaman

Pola Tidur

Manfaat lain yang dapat diperoleh selama social distancing adalah Anda dapat memperbaiki pola tidur yang selama ini kurang teratur. Pada saat social distancing, hindari untuk tidur terlalu lama.

Sebab, hal tersebut justru akan menimbulkan masalah kesehatan seperti peningkatan kadar gula darah hingga diabetes. Maka dari itu, istirahat di dalam rentang waktu yang normal yakni 7-8 jam per hari.

6 dari 8 halaman

Waktu untuk Olahraga

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang sering melakukan aktivitas fisik. Dengan melatih tubuh melalui olahraga, maka sistem daya tahan tubuh perlahan juga akan meningkat.

Dengan melakukan social distancing, Anda dapat memiliki waktu lebih untuk berolahraga. Mungkin selama ini Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga dikarenakan rutinitas yang memaksa Anda untuk meninggalkan olahraga.

Padahal, olahraga adalah aktivitas yang penting untuk dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

7 dari 8 halaman

Bersantai

Waktu yang selama ini lebih banyak digunakan untuk beraktivitas di luar rumah akan lebih banyak dihabiskan di dalam rumah. Anda dapat meluangkan waktu lebih banyak untuk melakukan relaksasi.

Relaksasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melakukan perawatan diri maupun menonton film. Kegiatan ini pun juga dapat dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga.

Namun, pastikan seluruh anggota keluarga sehat terlebih dahulu sebelum menghabiskan waktu bersantai bersama di rumah.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika Anda melakukan social distancing guna menekan laju penyebaran virus corona.

 

Sumber: Merdeka.com

Disadur dari: Merdeka.com (Mutia Anggraini, published 2/4/2020)

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Berikut Ini

Atlet Anggar Venezuela Peraih Medali Emas Olimpiade Jadi Pengantar Makanan Online

Video Populer

Foto Populer