Sukses


6 Tips Atasi Kesepian saat Karantina Mandiri di Tengah Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Virus corona SARS-CoV-2 penyebab virus corona menjadi momok yang mengkhawatirkan. WHO telah menetapkan virus ini sebagai pandemi global karena penyebarannya yang masif.

Melansir WHO, per Sabtu (4/4/2020) pasien yang terjangkit virus corona telah mencapai lebih dari 1 juta orang. Sementara angka kematian hampir mencapai 60 ribu jiwa.

Pemerintah Indonesia memberikan imbauan agar masyarakat melakukan karantina mandiri untuk mengurangi penyebaran virus corona ini. Namun, karantina diri di rumah dalam waktu yang lama akan menimbulkan masalah baru bagi orang yang hidup sendiri.

Mereka akan dilanda kesepian yang berpotensi kronis jika tak ditanggulangi. Apalagi bagi para pekerja yang hidup di perantuan. Mereka bisa melakukan pekerjaan di rumah (WFH) namun tak dianjurkan untuk mudik terlebih dahulu.

Berikut Bola.com berikan tips untuk mengusir kesepian saat hidup sendiri di tengah pandemi virus corona dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (4/4/2020).

2 dari 3 halaman

Tips Atasi Kesepian

1. Kabari Keluarga di Kampung Halaman Setiap Hari

Ini bisa menjadi cara sederhana untuk mengurangi kesepian dengan kerap menghubungi keluarga di kampung halaman. Anda bisa memamerkan foto makanan yang di masak sendiri atau pesan secara online.

Anda juga bisa melalukan video call untuk berbincang dengan orang tua dan keluarga untuk melepas kesepian hidup sendiri di kos atau apartemen.

2. Kerap Komunikasi dengan Teman Dekat

Selain Keluarga, Anda juga bisa mengecek kabar teman-teman dekat. Apalagi jika teman Anda memiliki masalah yang sama yakni hidup sendiri di kos atau apartemen.

3. Tetap Produktif

Menjalankan pekerjaan secara rutin dan produktif bisa menjadi solusi mengatasi kesepian. Anda bisa berkomunikasi dengan atasan atau teman kerja jika mengalami masalah.

3 dari 3 halaman

Tips Atasi Kesepian

4. Berpikir Tenang

Anda perlu berpikir tenang untuk mengatasi masalah yang terjadi selama karantina mandiri. Melakukan meditasi atau menyalakan lilin relaksasi bisa membuat pikiran menjadi segar.

5. Lakukan Olahraga di Rumah

Anda bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan olahraga. Itu bisa mengusir kesepian dan membuat tubuh anda tetap sehat.

6. Tidur yang Cukup

Selama karantina mandiri, Anda perlu memperhatikan siklus tidur. Jangan sampai anda kurang atau kelebihan tidur.

Sumber: Berbagai sumber

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer