Sukses


11 Penerapan Physical Distancing, demi Mencegah Penyebaran Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Penyebaran virus corona masih masif di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Berbagai cara pun dilakukan demi meredam penularan COVID-19 tersebut. 

Salah satu imbauan yang terus disuarakan pemerintah Indonesia adalah melakukan physical distancing atau pembatasan interaksi fisik.

Warga disarankan untuk sebisa mungkin menghabiskan waktu di rumah saja. Imbauan bekerja dari rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah pun terus disuarakan. 

Kedispilinan masyarakat dalam menjalankan physical distancing akan sangat berpengaruh dalam langkah meredam penyebaran virus corona. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum disiplin menerapkan pembatasan interaksi fisik terebut. 

Sebenarnya, seperti apa penerapan physical distancing yang benar untuk pencegahan virus corona itu? Berikut ini 11 penerapan pembatasan interaksi fisik, seperti yang tercantum dalam panduan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta.  

 

2 dari 2 halaman

Jenis Pembatasan Interaksi Fisik

1. Tidak berdekatan atau berkumpul di keramaian atau tempat-tempat umum.

2. Kurangi berkumpul ke rumah kerabat/teman/saudara dan menerima kunjungan.

3. Jika terpaksa keluar ke tempat umum, kenakan masker

4. Tidak menyelenggarakan kegiatan dengan banyak peserta

5. Hindari melakukan perjalanan ke luar kota atau ke luar negeri

6. Hindari bepergian ke tempat-tempat wisata

7. Kurangi frekuensi belanja dan pergi berbelanja. Jika terpaksa, usahakan belanja tidak saat jam ramai.

8. Menerapkan Work From Home atau bekerja dari rumah

9. Jaga jarak dengan orang minimal 1 meter

10. Batasi kegiatan anak di luar rumah.

11. Untuk sementara waktu lakukan ibadah di rumah

Sumber: Dinas Kesehatan DKI Jakarta 

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer