Sukses


Cara Membuat Disinfektan Mandiri dan Aturan Penggunaannya, untuk Cegah Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona di berbagai belahan dunia masih menyebar secara masif, termasuk di Indonesia. Berbagai cara dilakukan untuk meredam wabah yang sudah merenggut banyak nyawa tersebut. 

Negara-negara di dunia menempuh berbagai cara untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Cara yang ditempuh antara lain memberlakukan karantina wilayah secara total, seperti di Italia, China, Spanyol, dan Prancis. 

Ada juga yang menempuh cara melakukan tes sebanyak mungkin untuk mengetahui peta sebaran virus corona, sehingga bisa dilakukan langkah-langkah lanjutan. Metode itu dipilih oleh Korea Selatan. 

Selain itu masyarakat juga disarankan untuk semaksimal mungkin membatasi aktivitas-aktivitas di luar rumah. Kebijakan work from home (bekerja dari rumah) telah diterapkan di berbagai wilayah, begitu juga dengan belajar di rumah, dan beribadah di rumah. 

Seruan untuk mengenakan masker di tempat umum juga terus digalakkan, bahkan di beberapa negara telah mewajibkannya. Masyarakat juga diminta untuk sering mencuci tangan dengan sabun untuk meredam penyebaran virus corona. Ada juga larangan untuk bersalaman, serta menyentuh area wajah dengan tangan. 

Imbauan yang lain adalah membersihkan benda-benda sehari-hari yang kerap dipakai di rumah dengan cairan disinfektan. Langkah itu untuk mencegah virus corona masih menempel di permukaan benda. 

Jangan khawatir, saat ini Anda bisa membuat cairan diisinfektan secara mandiri. Jangan lupa untuk mengikuti aturan penggunaanya. 

Berikut ini cara membuat cairan disinfektan secara mandiri dan aturan penggunaannya untuk mencegah virus corona seperti dikutip dari panduan Pemprov DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.  

 

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Disinfektan

1. Siapkan setengah cangkir gelas cuka

2. Siapkan setengah gelas air

3. Tambah 12-24 tetes minyak esensial (seperti kayu manis, cengkeh, kayu putih, dan jeruk nipis)

4. Campur lalu kocok dalam minyak penyemprot

5. Jangan beri label sebagai tanda aman dan simpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak

 

3 dari 3 halaman

Aturan Penggunaan Disinfektan

1. Sebelum menyemprot disinfektan, lakukan pembersihan terlebih dulu dengan tujuan benda yang akan disemprotkan bersih dari debu.

2. Semprotkan disinfektan ke permukaan benda seperti pegangan pintu atau permukaan meja.

3. Setelahnya, bersihkan dan lap dengan kain pembersih.

4. Cuci tangan dengans sabun dan air mengalir.

Catatan: disinfeksi dilakukan hanya pada permukaan benda, tidak pada makhluk hidup. Menyemprot alkohol atau clorin pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh dan membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir (seperti mata dan mulut)

Video Populer

Foto Populer