Sukses


Jangan Sampai Terganggu, Ikuti 7 Tips Tidur Berkualitas Selama Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona COVID-19 membuat sebagian orang memiliki rasa kekhawatiran berlebih. Situasi seperti ini bisa mengacaukan kualitas tidur karena merasa cemas dan takut. Buat kalian yang merasakan kondisi tersebut perlu mengetahui tips tidur berkualitas di tengah pandemi virus corona COVID-19.

Tidur merupakan cara tubuh mengistirahatkan diri dari berbagai aktivitas. keadaan ini, alami dimiliki oleh setiap makhluk hidup. Salah satunya adalah manusia yang menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur.

Tidur menjadi kebiasaan wajib yang harus dimiliki setiap orang untuk menjaga kesehatan mereka. Di tengah pandemi virus corona COVID-19, sebagian orang mengalami kekacauan dalam tidur. Sehingga tidur mereka menjadi tidak berkualitas.

Ketakutan dan kekhawatiran seperti terbatasnya bertemu orang terdekat, takut tertular virus corona COVID-19, pekerjaan yang mandek, dan masalah lainya dialami sebagian orang. Jika kondisi ini terus berlangsung, maka bisa menjadi penyebab turunnya imun tubuh. di mana imun tubuh di tengah pandemi virus corona COVID-19 sangat penting untuk melawan virus. Bagaimana cara menjaga agar tidur lebih berkualitas?

Ada 7 tips tidur berkualitas di tengah pandemi virus corona yang bisa kalian lakukan. Simak berikut ini.

 

 

Video

2 dari 8 halaman

Atur Jadwal dan Lakukan Rutinitas Seperti Biasa

Pandemi virus corona COVID-19 membuat aktivitas setiap orang mengalami perubahan. Diantaranya lebih sering menghabiskan waktu di rumah, terbatasnya aktivitas, bahkan mengalami kehidupan yang berubah drastis.

Seberapapun berubahnya kehidupan di tengah pandemi virus corona COVID-19, kalian harus tetap menjaga tidur tetap berkualitas. Caranya sebenarnya cukup mudah, yakni mengatur ulang jadwal dan berikan waktu cukup untuk tubuh beristirahat.

Jika kalian bekerja pada waktu pagi hari, maka bangunlah di waktu yang sama ketika kalian bekerja. Lakukan aktivitas rutin dengan teratur persis ketika kondisi normal sebelum berada di tengah pandemi virus corona COVID-19.

3 dari 8 halaman

Jangan Tidur Siang Berlebihan

Di tengah pandemi virus corona COVID-19 cobalah untuk tidak tidur siang secara berlebihan. kalian mungkin akan sedikit sulit untuk tidak tidur siang, karena aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. namun sebisa mungkin tidak tidur siang secara berlebihan.

Jika memang ingin tidur siang, cukup 15 sampai 20 menit saja. Hal ini untuk menjaga kualitas tidur pada malam hari lebih baik. Biasanya, mereka yang tidur siang berlebihan akan merasa terjaga saat malam hari. situasi ini bisa mengganggu kualitas tidur.

 

 

4 dari 8 halaman

Jangan Olahraga Sebelum Tidur

Olahraga memang penting di tengah pandemi virus corona COVID-19. Sebab, olahraga bisa menjaga kesehatan tubuh tetap baik. Namun kalian tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga sebelum waktu tidur di malam hari.

Olahraga yang dilakukan sebelum tidur bisa menyebabkan kalian sulit untuk tidur. Sehingga lakukanlah olahraga di pagi hari untuk mendapatkan kesehatan yang maksimal. Bahkan melakukan olahraga dengan teratur saat pagi, bisa mengatasi insomnia.

 

 

5 dari 8 halaman

Batasi Konsumsi Berita Tentang Virus Corona COVID-19

Arus berita tentang pandemi virus corona COVID-19 yang berlebihan, terutama tentang berita yang mencemaskan, membuat ketakutan, dan meresahkan, lebih baik dihindari. Hal ini penting untuk meredam tingkat kecemasan, sehingga tidak mempengaruhi kualitas tidur.

Konsumsi berita mengenai pandemi virus corona COVID-19 sebaiknya juga dibatasi. Berita-berita mengenai semangat hidup mereka yang terinfeksi virus corona COVID-19 bisa jadi pilihan. Sebab ini akan memberi semangat menghadapi pandemi ini.

 

6 dari 8 halaman

Jangan Mainan Handphone Sebelum Tidur

Ketika akan tidur, sebaiknya jangan gunakan smartphone. Hal ini akan mengganggu kualitas tidur kalian. Sebab menggunakan smartphone sebelum tidur bisa membuat kalian berimajinasi dan memicu kecemasan.

Penggunaan tersebut bisa menjadi pikiran buat kalian dan bahkan menjadi pemicu stress. Sebagai gantinya, kalian bisa lakukan aktivitas membaca buku, atau mendengarkan musik.

7 dari 8 halaman

Kurangi Minum Kafein

Kafein bisa membuat kalian tetap terjaga. Maksudnya, kalian akan sulit untuk tidur di malam hari. Kondisi ini akan sangat mempengaruhi kualitas tidur kalian. Namun usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein sebelum tidur.

8 dari 8 halaman

Buat Suasana Kamar Nyaman

Suasana kamar tidur yang nyaman akan membuat kalian memiliki tidur yang berkualitas. Sebelum tidur sebaiknya perhatikan tempat tidur lebih rapi, bersih, dan wangi. Ini akan membantu kalian untuk tidur nyenyak.

Selain itu, gunakanlah sedikit cahaya lampu di kamar kalian. Sebab cahaya yang gelap, akan memberikan efek tidur yang lebih baik. Organ tubuh pun dapat beristirahat dengan baik. Jika kondisi kamar cukup terang, akan membuat sebagian organ tubuh tetap bekerja. Kondisi ini bisa membuat tubuh tidak beristirahat dengan rileks.

Nah itulah 7 tips tidur berkualitas di tengah pandemi virus corona COVID-19. Selain kualitas tidur yang harus kalian perhatikan, asupan makan, olahraga perlu juga untuk diperhatikan. Agar mendapat tubuh yang sehat di tengah pandemi virus corona COVID-19.

 

Disadur dari: Kapanlagi (Nurul Wahida, published 6/4/2020)

 

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer