VIDEO: TikTok Bola.com, Menunda Keluar Rumah karena Takut Bahayanya Virus Corona COVID-19

VIDEO: TikTok Bola.com, Menunda Keluar Rumah karena Takut Bahayanya Virus Corona COVID-19

- Hari ini, video editor Bola.com, Okie Prabhowo, memutuskan menunda untuk keluar rumah untuk nongkrong sambil menikmati kopi dan senja. Ia takut dirinya bisa membuat ratusan sampai ribuan orang terkena virus corona COVID-19. Momen tersebut bisa dilihat dalam video TikTok Bola.com di atas.

Ya, wajar saja dirinya takut karena Okie Prabhowo sebelumnya baru saja membaca sebuah artikel yang dibuat oleh Vox soal bahayanya virus corona COVID-19. Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China, tersebut tidak bisa dikatakan flu. Bila seseorang mendengar kata "flu", justru bisa meremehkan COVID-19 tersebut.

Seseorang yang terpapar dan terjangkiti COVID-19 bisa menularkan ke setidaknya dua orang. Hal itu karena tingkat penularannya atau dikenal dengan istilah RO (R-nought) rentang 2 sampai dengan 2,5. Berbeda dengan flu biasa yang RO-nya hanya 1,3. Banyak orang yang sudah memiliki sistem imun yang baik untuk menangkal flu biasa, tetapi tidak dengan COVID-19. Belum ada vaksin dan COVID-19 adalah jenis virus baru. Kesimpulannya semua orang bisa terjangkiti.

Setelah membaca dan melihat video dari Vox, Okie menjadi menunda keinginannya untuk keluar sekadar minum kopi di kedai dan menikmati senja. Ia takut bila dirinya terpapar virus corona COVID-19 lalu ia bisa menulari ke dua orang lain. Dari dua orang tersebut, mereka menulari ke dua orang lagi masing-masing. Hal itu berlanjut seterusnya dan akhirnya ratusan hingga ribuan orang terkena virus corona COVID-19 hanya karena si video editor Bola.com keluar rumah untuk minum kopi dan menikmati senja.

Hal tersebut yang membuat social distancing dan physical distancing sangat penting untuk memutus rantai penyebaran virus corona COVID-19. Jangan sampai tindakan kita dengan keluar rumah membuat dokter, perawat, serta petugas medis lainnya kewalahan karena pasien yang sakit di rumah sakit tidak bisa ditangani. Ikut terus keseruan kegiatan di balik layar saat work from home kami hanya di TikTok Bola.com.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 06 April 2020, 17:40 WIB

Video Terkait

Spotlights