Sukses


Tips Membersihkan Mainan Anak Agar Bebas Virus Corona, Yuk Lihat Caranya

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona masih menunjukkan penyebaran masif di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Demi ikut membantu pencegahan penyebaran COVID-19, setiap orang dianjurkan menjaga kesehatan masing-masing. 

Selain menjaga kesehatan diri sendiri, orang tua juga harus memperhatikan kesehatan anak-anak, termasuk yang masuk kecil. 

Salah satu cara yang harus diterapkan adalah dengan rajin membersihkan mainan anak secara rutin.  Apalagi mainan anak adalah salah satu tempat bersarangnya kuman dan bakteri.

Boneka, robot, hingga mainan lainnya adalah sarang kuman dan bakteri. Apalagi virus corona covid-19 yang ternyata bisa menempel pada permukaan mainan. Tentu membersihkannya dengan cairan disinfektan adalah rutinitas yang harus dilakukan mulai sekarang.

Seperti yang dilansir dari Goodhousekeeping.com, simak panduan untuk membersihkan mainan anak di tengah pandemi virus corona yang bisa Anda terapkan di rumah.

 

2 dari 3 halaman

Seberapa Sering Mainan Harus Dibersihkan?

Seberapa sering mainan harus dibersihkan tergantung pada mainan tersebut. Jika sang anak gemar menggunakannya, maka mainan harus lebih sering dibersihkan. Mainan dengan material plastik keras dan bath toys, adalah salah satu jenis mainan yang sebaiknya dibersihkan seminggu sekali.

Sedangkan mainan elektronik juga harus disanitasi setidaknya seminggu sekali. Untuk mainan bayi, biasanya sering dimasukkan ke mulut. Oleh sebab itu, bersihkan setidaknya setiap dua hari sekali, agar bebas kuman dan virus, terutama virus corona covid-19 yang sedang mewabah saat ini.

 

3 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Mainan Anak

Mainan yang terbuat dari plastik solid dan karet sangat mudah dibersihkan. Biasanya, Anda bisa mencucinya menggunakan sabun dan air mengalir. Namun tidak semua mainan bisa diperlakukan sama. Langkah yang sebaiknya dilakukan ialah:

1. Membersihkan mainan elektronik

- Gunakan lap kain yang sudah dibasahi dengan air sabun hangat. Lalu, bersihkan permukaannya secara teliti.

- Jika sudah, lap kembali dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi oleh air bersih.

- Agar virus dan bakteri mati sempurna, lap kembali dengan menggunakan cairan disinfektan yang terdiri dari campuran 4 sendok makan klorin dan 1/4 liter air.

- Diamkan selama lima menit, dan jika sudah, lap kembali dengan tisu basah sehingga mainan bersih dan aman dimainkan oleh anak.

2. Membersihkan bath toys dan mainan plastik

Mainan yang terbuat dari material plastik solid, karet, dan bath toys juga punya cara tersendiri untuk dibersihkan.

- Pisahkan mainan berdasarkan ukuran.

- Siram dengan air mengalir.

- Semprotkan cairan disinfektan dan diamkan hingga kering.

- Jika sudah, bilas dengan air hangat.

Dua cara di atas bisa membantu kamu untuk membersihkan mainan anak agar bebas dari virus corona.

Sumber asli: Goodhousekeeping.com

Disadur dari: Fimela.com (penulis Nabila M/Editor Adinda Tri, published 6/4/2020)   

Video Populer

Foto Populer