Sukses


5 Hal yang Bisa Dipersiapkan dalam Menyambut Ramadan di Tengah Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Bulan suci Ramadan dijadwalkan tiba pada akhir April 2020. Sayangnya, Ramadan tahun ini harus dilalui umat Muslim di seluruh dunia, khususnya Indonesia dengan menghadapi pandemi virus corona yang belum terkendali.

Berdasarkan permodelan yang dibuat pemerintah Indonesia serta beberapa penelitian lain menyebutkan, puncak penyebaran COVID-19 akan terjadi saat Ramadan.

Seluruh masyarakat berharap pandemi ini dapat segera selesai sebelum memasuki Ramadan, karena akan mengganggu jalannya kegiatan ibadah. Ketika virus corona masih ada, setiap orang pastinya sudah mendapat himbauan untuk melaksanakan ibadah di rumah masing-masing.

Padahal biasanya umat Muslim beramai-ramai datang ke masjid untuk beribadah. Kondisi ini menjadi ujian berat, tetapi harus tetap dijalani.

Ada atau tidaknya pandemi ini, Ramadan harus tetap dapat dimaknai sebagai bulan suci yang membawa banyak keberkahan. Oleh karena itu, Fimela.com akan membagikan info lima hal yang perlu kamu persiapkan dalam menyambut Ramadan.

Tulisan ini akan memberikan rekomendasi apa saja yang perlu dipersiapkan agar kegiatan ibadah maupun kegiatan rutin sehari-hari pada saat Ramadan dapat dilaksanakan dengan baik. Berikut ini adalah informasinya.

 

2 dari 7 halaman

Membiasakan Diri Berbelanja Menggunakan E-Commerce

Hal yang perlu kamu siapkan dalam menyambut Ramadan adalah membiasakan diri berbelanja menggunakan e-commerce. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah orang keluar rumah dan berbelanja di pusat perbelanjaan, karena hal tersebut rawan penyebaran virus.

Tidak perlu khawatir karena cara berbelanja di e-commerce sangat mudah dan praktis, semua kebutuhan untuk persiapan Ramadan bisa dibeli secara online. Bahkan saat ini saja sudah banyak masyarakat yang mulai berpindah ke e-commerce untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Beberapa pemerintah daerah juga membuka portal-portal khusus belanja online agar masyarakat dapat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Hal yang sama juga dilakukan oleh beberapa e-commerce yang memberikan program diskon besar-besaran, serta voucher bagi masyarakat yang berbelanja online di platformnya.

3 dari 7 halaman

Mulai Mengatur Anggaran Keuangan

Kedua, hal yang perlu disiapkan selanjutnya adalah mulai mengatur anggaran keuangan dengan cara berinvestasi atau menabung. Pandemi COVID-19 membuat semua perekonomian terganggu, karena sebagian besar aktivitas ekonomi ditutup sampai wabah ini mereda.

Tentu saja hal ini jadi perhatian banyak orang, karena sebagian besar masyarakat menutup mata pencahariannya sementara dan harus menahan diri di rumah. Maka dari itu, mulai sekarang anggarkan keuanganmu dengan baik karena kebutuhan Ramadan pasti membutuhkan banyak dana.

Cara lain untuk mengatur anggaran adalah dengan membuat skala prioritas terhadap apa-apa saja yang ingin kamu beli. Ingat, jangan boros. Kelola dan manfaatkan sesuai kebutuhan, hindari panic buying atau membeli barang yang tidak begitu penting.

4 dari 7 halaman

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Selanjutnya, mengingat wabah pandemi Covid-19 mudah menular dan menyerang kesehatan tubuh maka, hal yang perlu kamu siapkan adalah menjaga kebersihan dan juga kesehatan. Ini harus dibiasakan agar aktivitasmu selama Ramadan dapat berjalan lancar.

Kamu bisa mulai menjaga kebersihan dari dirimu sendiri lalu lingkungan disekitarmu, misalnya kamar hingga keseluruhan halaman rumah. Selain itu persiapkan selalu alat kesehatan seperti masker, sarung tangan, hand sanitizer untuk berjaga-jaga.

Jika perlu kamu bisa menyemprotkan disinfektan secara rutin pada rumahmu agar tetap steril dari virus, bakteri, dan juga kuman. Mulai pelajari artikel-artikel kesehatan untuk menjaga kebersihan rumah dan dirimu sendiri.

5 dari 7 halaman

Rajin Mengonsumsi Vitamin dan Makanan Bergizi

Keempat, hal yang perlu kamu siapkan selanjutnya untuk menyambut Ramadan ialah rajin mengkonsumsi vitamin dan makanan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Vitamin dan makanan bergizi akan melindung tubuh dan memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga tubuh tidak mudah lelah ataupun sakit.

Ada banyak zat gizi yang terkandung dalam sayur dan buah-buahan, semuanya dibutuhkan tubuh untuk dapat tetap beraktivitas selama menjalani puasa. Kamu bisa kreasikan berbagai sayur-sayuran atau menikmati buah dalam bentuk, apapun yang membuat tertarik untuk membiasakan gaya hidup sehat.

Hal yang paling penting, kamu harus menjaga sistem imun tubuh selama menjalani puasa karena tubuhmu akan rentan kekurangan cairan atau ion. Sistem imun yang baik akan menjadi penghalang mudahnya virus, bakteri, serta kuman untuk menginfeksi tubuh.

6 dari 7 halaman

Mengonsumsi Empon Empon

Terakhir, biasakan untuk mengkonsumsi ramuan minuman yang sedang viral saat ini, apalagi kalau bukan empon–empon. Kini empon-empon menjadi minuman yang diburu banyak orang karena dapat mencegah penularan Covid-19.

Khasiat dari empon empon dipercaya dapat mencegah penularan Covid-19 karena minuman ini dapat meningkatkan dan menjaga sistem imunitas tubuh. Tidak heran mengapa kini orang-orang banyak memburu dan mengkonsumsinya. Adapun tanaman untuk membuat ramuan ini ialah kunyit, temulawak, jahe, dan kancur

Sumber: Fimela.com

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Imelda Rahma/Editor: Ayu Puji Lestari/Published: 04/05/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer