Sukses


6 Manfaat Salak, Buah Berpenampilan Unik

Bola.com, Jakarta - Buah salak menjadi satu di antara buah yang banyak digemari dari berbagai kelompok usia. Buah salak memiliki kulitnya yang bersisik dan rasa manis sedikit asam.

Buah salak mengandung protein, vitamin C, serat, zat besi, kalsium, fosfor, hingga karbohidrat yang sangat bagus untuk kesehatan. B

uah ini juga kaya akan kandungan beta-karoten ini yang merupakan antioksidan kuat yang berfungsi mencegah penyakit kardiovaskular, struk, bahkan kanker.

Buah salak merupakan buah asli Indonesia, yang banyak tumbuh di Jawa dan Sumatra. Buah salak yang terkenal dan banyak digemari, yaitu salak pondoh dan salak bali.

Dilanasir dariĀ SehatQ, buah salak dianggap mengandung unsur-unsur penting, seperti senyawa fenolik dan serat makanan. Nutrisi tersebut menjadikan buah salak sehat dan bermanfaat.

Dalam 100 gram buah salak, mengandung 82 kalori, empat persen lemak, dan satu persen protein. Selain itu, buah salak sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita anemia defisiensi besi.

Buah salak banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan sirup, manisan, kue bronis dan lain sebagainya. Buah salak tidak mengandung kolesterol, jadi aman dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi.

Berikut ini sejumlah manfaat kesehatan yang dapat diperoleh jika mengonsumsi buah salak.

2 dari 7 halaman

1. Baik untuk Kesehatan Mata

Buah salak dapat membantu menjaga kesehatan mata. Sifat antioksidan dan kandungan bet-karoten pada buah salak dapat menurunkan risiko degenerasi makula (masalah mata kronis) dan memperlambat perkembangan katarak seiring bertambah usia.

Buah salah bagus dikonsumsi bagi penderita rabun jauh. Kandungan bet-karoten dalam buah salak lima kali lebih banyak daripada yang terkandung dalam buah mangga dan semangka.

Mengonsumsinya secara rutin bisa bantu mencukupi asupan kebutuhan vitamin A Anda.

3 dari 7 halaman

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah salak sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Buah salak memiliki kandungan potassium yang akan mencegah risiko masalah kardiovaskuler.

Buah salak juga kaya akan kandungan kalium, yang membantu menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri, serta dapat menjaga kesehatan jantung.

Sifat antioksidan dan mineral yang tinggi dalam salak bisa menjaga fungsi sistem kardiovaskular dalam tubuh.

4 dari 7 halaman

3. Melawan Gangguan Pencernaan

Diare dan sembelit adalah beberapa contoh gangguan pencernaan pada tubuh. Buah salak bisa jadi pilihan alternatif sebagai obat alami.

Anda harus memakan sekalian kulit ari dari buah ini karena kulit ari inilah yang miliki manfaat bagi bagi pencernaan. Buah salak juga diketahui dapat membantu menyembuhkan diare lantaran memiliki kandungan zat anti diare.

5 dari 7 halaman

4. Merawat Kulit

Buah salak juga baikĀ untuk merawat kulit. Rutin konsumsi buah salak dapat membantu memperlancar proses regenasi kulit dan mencegah penuaan dini serta terlihat awet muda.

6 dari 7 halaman

5. Menguatkan Daya Ingatan

Mengonsumsi buah salak mampu memicu fungsi kognitif tubuh dan daya ingat menjadi meningkat. Kandungan potasium, beta-karoten, dan pektin yang tinggi dalam buah salak mampu meningkatkan aliran darah ke otak.

Buah salak juga dijuluki sebagai memory fruit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan potassium dan pectin tinggi pada buah salak.

Selain itu, buah salak dapat membantu menghilangkan stres oksidatif dan mencegah penyakit neurodegeneratif (seperti parkinson atau alzheimer).

7 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah salak merupakan buah padat nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan senyawa polifenol dan flavonoid yang berlimpah dalam buah salak mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Selain itu, adanya kandungan zat beta-karotene yang merupakan sifat antioksidan, baik untuk mencegah penyakit kardiovaskuler, stroke, hingga kanker.

Sifat antioksidan dalam buah salak berguna melawan kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer