VIDEO: Flashback Bulutangkis Final Piala Sudirman 1991, Susy Susanti Taklukkan Bang Soo-hyun

VIDEO: Flashback Bulutangkis Final Piala Sudirman 1991, Susy Susanti Taklukkan Bang Soo-hyun

- Bila menyebut nama legenda bulutangkis Indonesia, Susy Susanti, siapa nama rivalnya yang terlintas pertama kali di benak? Kemungkinan besar adalah legenda Korea Selatan, Bang Soo-hyun. Mari kita mengenang sejenak pertandingan Susy Susanti melawan Bang Soo-hyun pada partai final Piala Sudirman 1991 di Copenhagen, Denmark, dalam flashback bulutangkis kali ini.

Susy Susanti turun pada partai ketiga dari lima pertandingan yang digelar. Kedudukan skor saat itu 1-1. Pada partai pertama, ganda campuran Indonesia, Erma Sulistyaningsih / Rudy Gunawan, kalah 3-15 dan 7-15 dari Chung Myung-hee / Park Joo-bong. Pada partai kedua, tunggal putra, Ardy B. Wiranata, menang 15-1 dan 15-5 atas Lee Kwang-jin.

Partai ketiga begitu menegangkan karena siapa yang akan unggul 2-1 sementara nantinya. Susy tiba di lapangan dengan jaket perpaduan warna biru tua dan putih, dan celana panjang biru. Ia tampak di kamera sempat kesulitan mencopot celana training yang dikenakan. Saat bermain, Soo-hyun menggunakan kaus putih dan celana pendek putih, sedangkan Susy dengan kaus putih dipadu warna ungu dan celana putih.

Ketika itu, perbedaan umur kedua pemain terpaut dua tahun. Soo-hyun berusia 18 tahun, sedangkan Susy berumur 20 tahun. Soo-hyun baru akan berulang tahun ke-19 pada bulan September, sedangkan final Piala Sudirman digelar pada 4 Mei 1991. Sementara itu, Susy sudah berganti usia menjadi 20 tahun sejak bulan Februari.

Pada gim pertama, Susy kalah 2-11. Namun, ia bangkit dan akhirnya menang pada dua gim selanjutnya. Susy menang 11-6 dan 11-6. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan sementara Indonesia.

Meski Susy Susanti menang, tim Indonesia kalah dalam laga final. Dua partai selanjutnya, ganda putri, Rosiana Tendean / Erma Sulistyaningsih dan ganda putra, Eddy Hartono / Rudy Gunawan, menelan kekalahan. Tim Indonesia takluk 2-3 dari Korea Selatan.

Ingin melihat momen flashback bulutangkis kali ini dengan menonton pertandingan Susy Susanti melawan Bang Soo-hyun di partai final Piala Sudirman 1991? Kalian dapat menyaksikan video dari Badminton World Federation di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 15 April 2020, 17:40 WIB

Video Terkait

Spotlights