Sukses


Peraih Medali Emas SEA Games 2019 Ini Mengaku Terinspirasi dari Sosok Kartini

Bola.com, Jakarta - Raden Adjeng Kartini merupakan pahlawan nasional yang juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Tidak heran, banyak wanita yang terinspirasi dari sosok Kartini.

Salah satunya wanita peraih medali emas cabang olahraga boling ajang SEA Games 2019, Aldila Indryati. Secara terbuka, Aldila mengaku terinspirasi dari sosok Kartini.

Beberapa sikap dari Kartini bahkan ia aplikasikan ketika sedang bertanding di arena boling. Ketika ditanya soal sikap tersebut, Aldila menyebut keberanian dan optimisme Kartini dalam menyuarakan pendapat.

"Sehingga kami kaum wanita bisa bersaing dalam meraih segala cita-cita. Sikapnya yang tegas membuat saya berani mengambil keputusan untuk satu kepentingan bersama," kata Aldila saat diwawancara Bola.com, Selasa (21/4/2020).

"Contohnya pada saat bertanding, khususnya dalam bermain tim. Ada kalanya kondisi di mana kita harus membuat satu keputusan berat yang menghasilkan kemenangan ataupun kekalahan," lanjutnya.

Tidak hanya itu, Aldila menilai karena dengan gerakan emansipasi wanita yang dipelopori oleh Kartini dirinya jadi yakin bahwa wanita juga bisa menorehkan prestasi dalam bidang apapun.

"Bahkan bisa bersaing dengan kaum laki-laki," lanjut Aldila yang meraih emas SEA Games 2019 di nomor ganda campuran bersama Ryan Lalisang.

2 dari 3 halaman

Kesetaraan

Lebih lanjut, Aldila menceritakan berkat perjuangan Kartini juga, kini keseteraan antara wanita dan pria dalam karier, pendidikan, sosial dan budaya sudah setara di Indonesia.

"Kalau menurut saya sudah sesuai harapan. Justru kerja sama antara laki-laki dan perempuan justru bisa menyeimbangkan pendapat untuk mencapai keberhasilan bangsa dan negara," Aldila menceritakan.

Boling sendirin salah satu cabor yang melebihi target di SEA Games 2019. Aldila dan kawan-kawan membawa pulang empat medali emas.

Skuat Indonesia juga membawa pulang dua perak dan satu perunggu. Di nomor ganda campuran sendiri, selain emas milik Ryan/Aldila, Hardy Rachmadian/Sharon Limansantoso juga membawa pulang perunggu.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer