Sukses


Arab Saudi dan Qatar Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030

Bola.com, Jakarta - Arab Saudi dan Qatar melamar menjadi tuan rumah Asian Games 2030. Dua kota, Riyadh dan Doha disiapkan sebagai penyelenggara.

Lamaran itu disampaikan langsung oleh Olympic Council of Asia (OCA). Dalam dokumen tersebut, terdapat surat dukungan dari pemerintah pusat dan kota.

Doha pernah menjadi tuan rumah Asian Games ke-15 pada 2006 silam. Sementara buat Arab Saudi, ini bakal jadi kali pertama buat mereka menyelenggarakan Asian Games.

Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, Presiden OCA, menerima lamaran tersebut dengan 'gembira'.

"OCA senang mendapat lamaran dari dua negara tersebut untuk menggelar Asian Games 2030," kata Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah.

"Ini menunjukkan kepercayaan diri tinggi dari negara-negara teluk, bahwa kami bisa menggelar pesta olahraga berskala besar," ujarnya lagi.

 

Video

2 dari 2 halaman

Penyelenggaraan Terjaga sampai 10 Tahun ke Depan

Setelah Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang 2018 silam, edisi berikutnya akan dihelat di Hangzhou, China, 2022 mendatang. Setelah itu, Aichi-Nagoya, Jepang, jadi tuan rumah Asian Games 2026.

Pada 23 Januari kemarin, OCA telah membuka lamaran kepada 45 negara anggota terkait Asian Games 2030. Lamaran ditutup pada 22 April 2020 lalu.

"Dengan adanya lamaran dari Qatar dan Arab Saudi untuk menggelar Asian Games 2030, kami punya stabilitas dan kontinyuitas selama satu dekade ke depan," lanjut Sheikh Ahmad.

"Ini bagus sebab National Olympic Committee, atlet, dan seluruh negara peserta bisa mempersiapkan rencana jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang dengan lebih baik lagi.

Ada pun pemilihan suara tuan rumah Asian Games 2030 akan digelar pada 29 November 2020 di China, berdampingan dengan penyelenggaraan Asian Beach Games di Sanya, China. Mengenai hal ini, OCA berharap pandemi corona tidak mengganggu keberlangsungan pemilihan suara.

Sumber: Gulf News

Video Populer

Foto Populer