Sukses


Mengenal Iklan dan Jenis-jenisnya Berdasarkan Media yang Digunakan

Bola.com, Jakarta - Ada beberapa pengertian iklan sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Yang pertama, berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Kedua, iklan adalah pemberitaan kepada khayalak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Bagi perusahaan penyedia barang, iklan menjadi andalan utama untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya.

Itulah mengapa, sebuah iklan harus dibuat menarik, informatif, jelas serta memakai kata-kata yang bersifat ajakan. Supaya mendapat atensi dari masyarakat, sebisa mungkin menonjolkan informasi utama dan tidak perlu terlalu bertele-tele.

Dengan begitu, iklan yang dibuat harus jelas dan mudah dipahami masyarakat umum. Paling penting dalam sebuah iklan harus objektif, jujur, tidak mengandung unsur sara dan menyinggung pihak lain.

Di sisi lain, seiring berjalannya waktu, bentuk iklan terus berkembang dan tumbuh. Ada berbagai jenis iklan yang digunakan pemasar untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk dan layanannya.

Macam-macam iklan menurut medianya juga bisa menentukan sasaran penerima iklan tersebut. Masing-masing media memiliki karakteristik calon konsumen yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui macam-macam iklan berdasarkan medianya, para pengiklan dapat menentukan jenis iklan apa yang diambil sesuai dengan sasaran calon konsumennya.

Berikut jenis-jenis iklan berdasarkan media yang digunakan, dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/5/2020).

2 dari 6 halaman

Iklan Cetak

Iklan cetak biasanya menggunakan media cetak seperti koran, majalah, selembaran, poster hingga baliho. Kerugian utama dari iklan cetak adalah umur simpan iklan yang relatif singkat.

Namun, iklan cetak memiliki jangkauan yang solid dan tepat sasaran. Itulah mengapa, model iklan tersebut merupakan satu di antara jenis iklan yang cukup mahal dan paling efektif.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, penggunaan iklan cetak mulai menurun. Terutama sejak banyaknya masyarakat yang memiliki televisi. Alhasil, banyak perusahaan yang memasarkan produknya melalui televisi.

3 dari 6 halaman

Iklan Daring

Iklan daring merupakan bentuk promosi yang disampaikan melalui internet. Jadi, iklan daring tersebut juga bisa disebut iklan online atau digital.

Periklanan digital dan periklanan online adalah salah satu jenis periklanan yang paling cepat berkembang. Model iklan tersebut biasanya terdapat dalam situs web. Sasaran iklan digital tersebut pastinya jelas, yakni para pengunjung web tersebut.

Bagi pemilik situs web, iklan merupakan sumber pendapatan utama. Sementara bagi pemilik produk, iklan online lebih efektif dan bisa tepat sasaran.

Untuk penetapan harga, iklan digital sangat murah dibandingkan dengan semua bentuk iklan lainnya.

Namun, menyiapkan iklan online bukan perkara gampang. Jadi, membutuhkan keahlian teknis yang mungkin tidak bisa dilakukan semua orang.

4 dari 6 halaman

Iklan Elektronik

Model iklan ini menggunakan alat elektronik dalam penyampaiannya. Iklan elektronik banyak temui di sekitarmu. Ada dua media yang sering digunakan dalam penyampaian iklan elektronik, yakni radio dan televisi.

Iklan Radio

Jenis iklan dalam radio hanya disampaikan melalui suara saja tanpa ada gambar. Bagi yang sering mendengarkan radio atau yang sering berkendara, pasti sudah sering mendengar iklan radio, mulai iklan produk, layanan masyarakat, iklan yang menawarkan jasa, dan lain-lain

Iklan Televisi

Pasti banyak orang yang menemui iklan di media televisi karena hampir semua lapisan masyarakat sudah memiliki atau paling tidak, melihat televisi.

Melalui televisi, iklan yang disampaikan akan lebih detail karena dalam penyampaiannya tak hanya suara saja melainkan gambar, untuk menjelaskan informasi produk atau jasa yang dipromosikan.

Iklan televisi dianggap lebih menarik karena cara penyampaiannya dan juga berpeluang besar dilihat oleh banyak orang.

5 dari 6 halaman

Iklan Luar Ruangan

Iklan luar ruang bisanya menampilkan poster dalam ukuran besar dan baliho raksasa yang berisi iklan. Iklan ini biasa ditampilkan di sisi jalan, di kaca gedung-gedung besar, atau di tempat-tempat yang menjadi sasaran khusus, terutama akses yang dilalui publik dalam volume besar.

Seiring berkembangnya zaman, iklan luar ruang telah digantikan oleh papan digital. Papan digital tersebut menampilkan iklan tanpa perlu repot mencetak iklan.

Iklan luar ruangan ini telah berkembang hingga menjadi iklan "outdoor blank space". Ini adalah bentuk iklan yang lebih baru, yang memastikan jangkauan audiens yang luas.

Outdoor Blank Space menempati ruang publik kosong sebagai iklan. Beberapa ruang atau fasilitas publik yang biasanya terdapat iklan ialah ruang metro, bus, taksi, kursi penerbangan, dan kursi bioskop.

Banyaknya orang menggunakan fasilitas tersebut serta umur simpan yang lama membuat iklan ini telah terbukti efektif.

6 dari 6 halaman

Penempatan Produk

Penempatan produk disebut iklan terselubung, di mana produk secara tersirat berada di media hiburan. Film biasanya menjadi tempat utama di mana penempatan produk dilakukan.

Kemudian beberapa acara televisi, seperti sinetron atau reality show juga kerap melakukan penempatan produk. Jadi, dalam sebuah film, biasanya satu di antara tokohnya menggunakan merek sepatu terkenal dan tersorot kamera.

Secara tersirat, film tersebut telah mempromosikan merek tersebut. Jenis iklan ini terlihat makin banyak.

Kemudian host sebuah acara menyebutkan sebuah produk atau dalam televisi menampilkan karakter yang berbicara tentang atau menggunakan sebuah layanan itu, juga disebut penempatan produk.

 

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer