Sukses


Alasan Tontowi Ahmad Anggap Zhang Nan / Zhao Yunlei Jadi Lawan Terberatnya

Bola.com, Jakarta - Mantan atlet ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, mengakui Zhang Nan/Zhao Yunlei sebagai lawan yang paling sulit dikalahkan dalam kariernya. Hal itu terjadi karena Tontowi Ahmad jarang meraih kemenangan ketika berjumpa pasangan China tersebut.

Pertemuan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir melawan Zhang Nan/Zhao Yunlei terjadi pada 2010-2016. Sebanyak 19 pertemuan dalam kurun waktu enam tahun itu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir hanya diberi kesempatan meraih enam kali kemenangan.

Pertemuan terakhir mereka terjadi pada semifinal Olimpiade Rio 2016. Ketika itu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih kemenangan 21-16, 21-15 dan akhirnya meraih medali emas Olimpiade 2016.

"Untuk zaman saya, lawan yang paling sulit dikalahkan adalah Zhang Nan/Zhao Yunlei. Mereka adalah pemain yang sangat komplet karena memiliki pengalaman, ketenangan, dan bagus secara permainan," kata Tontowi Ahmad di acara Silaturahome Liputan6, Selasa (26/5/2020).

"Kalau mau mengalahkan mereka itu harus siap secara teknis dan non teknis. Kalau masih bermain ragu-ragu ya berat juga untuk mengalahkan mereka. Ketika itu kami menang karena benar-benar siap untuk mengalahkan mereka," tegas pria yang akrab disapa Owi itu.

Zhang Nan/Zhao Yunlei tercatat pernah mengalahkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di laga final penting, yakni pada All England 2015 dan Asian Games 2014. Hal itulah yang membuat Tontowi Ahmad menganggap pasangan tersebut sebagai lawan yang sulit ditaklukkan.

2 dari 3 halaman

Gantung Raket

Tontowi Ahmad dipastikan sudah tidak bisa lagi bermain melawan Zhang Nan/Zhao Yunlei. Hal itu terjadi karena Liliyana Natsir sudah gantung raket pada 2019.

Tontowi Ahmad juga memutuskan pensiun pada Mei 2020. Semasa aktif bermain, Tontowi Ahmad berhasil menyabet 16 gelar juara BWF series, 10 gelar juara BWF Grand Prix, emas Olimpiade 2016, emas kejuaraan bulutangkis Asia 2015, emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 dan 2017, emas ganda campuran SEA Games 2011, dan emas beregu putra SEA Games 2011.

Sementara itu, Zhao Yunlei yang sudah gantung raket pada 2016. Adapun Zhang Nan saat ini masih aktif bermain di dua nomor, yakni ganda putra bersama Liu Cheng dan ganda campuran dengan Li Yinhui.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer