Sukses


40 Kata-kata Bijak tentang Harta dan Kekayaan, Jadi Bahan Perenungan dan Nasihat

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak tentang harta dan kekayaan bisa menjadi renungan bagi yang membacanya. Mempunyai harta dan kekayaan yang melimpah bisa dibilang menjadi keinginan setiap orang.

Bahkan, tak sedikit yang beranggapan tolok ukur kesuksesan seseorang dengan memiliki banyak harta. Mungkin hal tersebut yang membuat banyak orang bekerja keras.

Kendaraan, rumah, dan tanah, dan tentu saja uang menjadi barang berharga yang kerap menjadi simbol banyaknya kekayaan seseorang. Alhasil, banyak orang yang mati-matian dan seolah berlomba-lomba dalam mencari harta.

Kondisi tersebut terkadang membuat orang terlalu fokus mencari harta hingga akhirnya lalai dengan Tuhan, yang telah memberikan nikmat dengan memiliki kekayaan yang melimpah.

Padahal, kekayaan harta bukan segalanya. Ada sebagian orang yang mempunyai harta melimpah, justru hatinya miskin karena terlalu sibuk dan abai.

Di sisi lain, banyak kata-kata bijak tentang harta dan kekayaan yang bisa menjadi renungan. Dengan membaca kata-kata bijak tersebut, bisa membuat seseorang terketuk hatinya untuk tidak berlebihan dalam mencari harta.

Terlebih lagi, harta dan kekayaan yang dimiliki hanyalah titipan Tuhan dan hidup di dunia ini hanya sementara.

Berikut ini sajianĀ kata-kata bijak tentang harta dan kekayaan, seperti dilansir dari lamanĀ Mutiara Islam dan Juproni, Selasa (14/7/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak tentang Harta dan Kekayaan

1. "Kekayaan, umur, dan popularitas itu seperti minum dari air lautan yang asin. Makin kau minum, makin haus yang kamu dapatkan."Ā  - Shaykh Ahmad Musa Jibril

2. "Bersedekahlah, karena kain kafanmu nanti tidak memiliki saku yang bisa kau gunakan untuk mengantongi kekayaanmu." - Shaykh Ahmad Musa Jibril

3. "Kekayaan sejati bukan diukur dari banyaknya harta yang kamu miliki, melainkan diukur dari hatimu yang merasa cukup."

4. "Kekayaan terbesar adalah kekayaan jiwa." - Hadis

5. "Mengikuti hawa nafsu akan melahirkan cinta kepada dunia, cinta kepada dunia akan melahirkan cinta kepada harta dan kedudukan, cinta kepada harta dan kedudukan akan melahirkan sikap menghalalkan segala yang diharamkan oleh Allah." - Wahab bin Munabbih

6. "Kekayaan adalah apa yang kamu infakkan di jalan Allah, bukan apa yang tersimpan di akun rekening Bankmu."

7. "Tidak boleh iri kecuali pada dua orang: (1) yaitu orang yang Allah anugerahkan kekayaan lalu ia infakkan di jalan kebaikan dan; (2) orang yang Allah beri karunia ilmu (Al-Qurā€™an dan As Sunnah) kemudian ia mengamalkan dan mengajarkannya." - Hadis

8. "Manfaatkanlah lima perkara sebelum datangnya lima perkara: (1) Masa mudamu sebelum datang masa tuamu, (2) Masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, (3) Masa kayamu sebelum datang masa fakirmu, (4) Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, (5) Masa hidupmu sebelum datang masa matimu." - Hadis

9. "Ketika Allah memberimu nikmat finansial (harta kekayaan), jangan tingkatkan standar hidupmu, akan tetapi tingkatkan standar sedekahmu."

10. "Lebih baik mendapatkan upah sedikit, tapi taat kepada Allah daripada mendapatkan upah besar tapi mempertaruhkan keislaman dan akhiratmu." - Muhammad Abdul jabbar

3 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak tentang Harta dan Kekayaan

11. "Manfaatkanlah sebagian dari harta kekayaanmu sebelum kamu menjadi miskin."

12. "Kekayaan yang kamu miliki adalah ujian dari Allah, maka berikanlah sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan."

13. "Dunia itu seperti permainan monopoli, kamu sibuk mengejar uang, tapi saat permainan berakhir, tidak ada nilainya."

14. "Setiap umat memiliki ujian dan ujian umatku adalah harta." - Hadis

15. "Makin sedikit harta kekayaan yang kamu miliki, makin sedikit pula yang akan kamu pertanggungjawabkan kelak."

16. "Ilmu itu lebih baik daripada harta karena harta itu harus kamu jaga, sementara ilmu akan menjagamu." - Ali bin Abi Thalib

17. "Jangan habiskan seluruh masa sehatmu hanya untuk mencari kekayaan."

18. "Jangan bersaing dengan orang lain dalam masalah mengumpulkan kekayaan. Bersainglah dengan mereka dalam urusan ibadah."

19. "Sesungguhnya Allah tidak memandang rupa dan harta kalian, akan tetapi Allah memandang hati dan amal perbutan kalian." - Hadits

20. "Harta itu ujian, bukan kebanggaan. Maka,belanjakanlah di jalan Allah jika kamu ingin selamat."

4 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak tentang Harta dan Kekayaan

21. "Aku menyadari bahwa aku adalah tamu di dunia ini. Harta adalah barang pinjaman. Saat aku pulang, semua pinjaman akan kukembalikan."

23. "Harta bisa dibawa mati! Caranya, gunakan untuk kebaikan, seperti sedekah. Maka harta itu akan kita 'bawa mati' sebaga amal kebaikan."- ipphoright

24. "Jangan biarkan harta, uang atau apa pun yang bersifat materi merusak persaudaraan, justru pereratlah persaudaraan tanpa memusingkan harta."

25. "Jika harta kekayaan dan ketinggian status sosial adalah tolok ukur kesuksesanmu, coba periksa kembali, mungkin anutanmu bukanlah Rasulullah, tapi firā€™aun dan qarun."

26. "Kesederhanaan membuat kita bisa menikmati kekayaan kita. Pemborosan membuat uang melimpah hilang kenikmatannya."

27. "Rezeki itu tidak identik dengan uang dan harta, karena rezeki yang paling berharga dalam kehidupan adalah kejujuran."

28. "Uang memang tidak menjamin kebahagiaan seseorang. Tetapi, tidak memiliki uang lebih tidak terjamin lagi kebahagiaannya."

29. "Kebahagiaan itu bukan terletak pada kedudukan dan harta, melainkan itu ada pada agama, ilmu, dan budi pekerti."

30. "Kekayaan seseorang tidak diukur dari seberapa banyak harta yang dia miliki, tetapi diukur dari seberapa banyak dia memberi."

5 dari 5 halaman

Kata-kata Bijak tentang Harta dan Kekayaan

31. "Kebahagiaan tidak terletak pada harta, penampilan, maupun keindahan dunia. Kebahagiaan berasal dari keikhlasan dan hati."

32. "Hidup tanpa cinta pasti hampa, hidup gila harta pasti celaka, hidup bersyukur dan apa adanya, pasti bahagia."

33. "Warisan yang paling berharga adalah ilmu, bukan harta."

34. "Kebahagiaan itu tidak diukur dari berapa banyak harta yang Anda miliki, tapi seberapa bersyukurnya Anda dengan apa yang Anda miliki sekarang."

35. "Bila memiliki banyak harta, kita akan sibuk menjaga harta. Namun, jika kita memiliki banyak ilmu, maka ilmulah yang akan menjaga kita."

36. "Sedikit orang kaya yang memiliki harta. Kebanyakan harta yang memiliki mereka." - Robert G. Ingersoll

37. "Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Dalam kesempitan hidup ada kekuasaan ilmu."

38. "Harta itu kurang apabila dibelanjakan, tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan." - Ali Bin Abi Thalib

39. "Tidaklah berguna uang, harta, dan kebahagiaan kita jika orang-orang di sekeliling kita masih menderita karena teraniaya oleh perilaku kita." - Abdullah Gymnastiar

40. "Terkadang harta membuat orang lupa merasa tinggi hati dan berkuasa. Namun, tak disadari, harta yang digenggamnya itu hanya amanat yang kuasa. Maka, berhati-hatilah dengan harta." - Rhoma Irama

Ā 

Sumber: Mutiara Islam, Juproni

Video Populer

Foto Populer