Sukses


30 Kata-kata Bijak tentang Perbedaan, Yuk Saling Menghargai Sesama

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak tentang perbedaan bisa menjadi renungan agar saling menghargai sesama. Saat berinteraksi dengan sesama manusia, kemungkinan besar akan menemui beragam latar belakang.

Perbedaan latar belakang tersebut bisa berupa agama, ras, suku, budaya, status sosial, dan perbedaan-perbedaan lain. Jadi, apa pun jenis perbedaannya, jangan sampai membuat kita terpecah belah hingga berbuat rasialisme.

Untuk bisa memahami perbedaan tersebut tentu perlu menjunjung tinggi sikap saling menghargai dan menghormati. Dengan saling menghargai, menjadikan kehidupan bermasyarakat minim konflik atau perpecahan.

Sikap saling menghargai tersebut bisa kamu lakukan terhadap orang sekitar, mulai keluarga, teman, kolega, hingga lingkungan masyarakat yang lebih luas.

Selain dengan aksi nyata tersebut, kamu juga bisa memahami perbedaan melalui kata-kata bijak. Ada banyak kata-kata bijak tentang perbedaan yang bisa kamu baca dan pahami.

Kamu juga bisa membagikan kata-kata bijak tentang perbedaan tersebut agar semua orang bisa saling menghargai dan menghormati, meski berbeda-beda.

Berikut ini koleksi kata-kata bijak tentang perbedaan, seperti dilansir dari Sudut Hati, Juproni, dan Jagokata, Senin (3/8/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Perbedaan

1. "Kita memang berbeda, tapi kita sama-sama bodoh jika bertengkar karena perbedaan."

2. "Perbedaan adalah rambu-rambu lalu lintas menuju sebuah kemuliaan."

3. "Jika Tuhan tidak menciptakan perbedaan, maka kita tak akan pernah belajar sesuatu."

4. "Jika Anda membenci perbedaan, Anda sejatinya membenci seluruh manusia karena semua manusia diciptakan berbeda, tak ada yang sama, bahkan anak kembar."

5. "Tidak ada yang salah dengan perbedaan. Yang bermasalah adalah keegoisan kita dalam memandang perbedaan."

6. "Perbedaan membuat kita berpikir bahwa kita memerlukan beberapa sudut pandang berbeda untuk menemukan sebuah solusi yang lebih baik."

7. "Jika fokus pada perbedaannya, engkau akan bertengkar. Sementara jika fokus pada hal baik dari sebuah perbedaan, kalian akan menjadi makin kuat."

8. "Pebedaan diciptakan agar kita berusaha lebih dalam belajar mencintai sesama."

9. "Setiap kali kita melihat perbedaan pendapat, kita sejatinya sedang belajar sudut pandang yang baru."

10. "Perbedaan bisa membuatmu benci pada lawannmu. Tapi, perbedaan juga bisa membuatmu mencintai lawannmu."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Perbedaan

11. "Tuhan menciptakan jutaan kacamata. Perbedaan adalah pilihan untuk memilih sebuah kacamata yang kita sukai."

12. "Kita belajar lebih banyak dari orang yang berbeda pendapat daripada orang yang selalu sependapat dengan kita."

13. "Tugas kita adalah mencari keuntungan dari setiap perbedaan. Jika kita melakukannya, kita akan menjadi manusia yang sejati."

14. "Hidup bukan tentang mempermasalahkan sebuah perbedaan, melainkan saling melengkapi kekurangan."

15. "Jika kita sulit menyatukan perbedaan, maka satukanlah persamaan yang ada dan lupakan perbedaan yang ada."

16. "No one is perfect. Bukankah pelangi indah karena perbedaan warna, jadi kenapa harus ada pendiskriminasian pada sebuah perbedaan."

17. "Bukan urusan kita membuat seisi bumi menjadi seragam. Tugas kita hidup nyaman, damai, bahagia, dengan perbedaan tersebut." - Pandji Pragiwaksono

18. "Orang pandai tidak akan memaksakan keyakinannya pada orang lain. Orang yang pandai akan menerima perbedaan dan mampu berjalan beriringan dengan mereka yang tidak berprinsip sama." - Fiersa Besari

19. "Tidak penting apa pun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu." - Gus Dur

20. "Kalau hanya sekadar menerima persamaan, anak kecil saja bisa. Hanya manusia dewasa yang bisa menerima perbedaan." - Adjie Silarus

4 dari 4 halaman

Kata-kata Bijak tentang Perbedaan

21. "Anggaplah perbedaan adalah sebuah warna sehingga makin banyak perbedaaan akan menjadi lebih indah."

22. "Perbedaan dibutuhkan untuk membuat dunia tetap berjalan. Dan bukan alasan untuk saling menghentikan."

23. "Tak perlu membandingkan diri kita dengan orang lain karena di dalam perbedaan itulah letaknya sebuah keindahan."

24. ""Manusia diciptakan dengan penuh kemuliaan. Jika perbedaan ada di sisi manusia, itu berarti perbedaan juga merupakan bagian dari paket kemuliaan tadi."

25. "Perbedaan pendapat adalah tanda kebebasan." - Jacob Bronowski

26. Orang yang bijak akan menerima segala bentuk perbedaan pandangan sebagai kekayaan karena keseragaman pikiran memang sungguh-sungguh akan memiskinkan kemanusiaan." - Seno Gumira Ajidarma

27. "Cara terbaik untuk tetap hidup dalam kedamaian adalah dengan saling memahami, menghargai, dan bukan membenci perbedaan".

28. "Berbeda pendapat itu wajar, yang tidak wajar itu jika tidak menghargai perbedaan tersebut. Mari kita saling menghargai".

29. "Walaupun berbeda, setiap manusia tetap memiliki kebutuhan yang sama. Saling menghargai itu kunci keharmonisan".

30. "Syukuri setiap perbedaan dan nikmati kebersamaan."

 

Sumber: Sudut Hati, Juproni, Jagokata

Video Populer

Foto Populer