Sukses


7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Mengatasi Diare dan Asam Urat

Bola.com, Jakarta - Pemakaian cuka apel sudah sangat populer di masyarakat. Sejak zaman Yunani kuno, cuka dari buah apel merupakan satu di antara bahan pengobatan yang banyak dipakai oleh para ahli kesehatan.

Cuka apel adalah cairan yang dibuat dengan cara menghaluskan apel dan memeras cairannya. Air apel tersebut kemudian difermentasi menjadi alkohol setelah dicampur dengan bakteri dan ragi.

Bakteri yang dilibatkan untuk mengubah alkohol menjadi cuka adalah bakteri penghasil asam asetat. Cuka apel adalah herbal serbaguna yang disebut-sebut dapat memberikan efek positif bagi kesehatan.

Selain bermanfaat sebagai saus untuk salad, perisa, serta pengawet makanan, cuka apel dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan rumahan guna mengatasi berbagai penyakit.

Cuka sari apel kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, klorida, fosfor, kalsium, dan magnesium, dan mineral, seperti tembaga, fluor, serta vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, bioflavonoid, dan pektin.

Lantas, apa saja manfaat cuka apel untuk kesehatan? Berikut ini manfaat cuka apel untuk kesehatan yang sayang dilewatkan, dirangkum dari Honestdocs, Selasa (18/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

1. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi 2-4 sendok makan campuran cuka apel dan air setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Mengonsumsi selama 4 minggu mampu menurunkan berat badan berkisar antara 1-2 kg.

Sebuah penelitian juga menunjukkan cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga membantu seseorang untuk makan lebih sedikit kalori. Dengan demikian, timbunan lemak di perut akan lebih cepat hilang dengan mengonsumsi cuka apel.

Namun, ada baiknya tidak lantas menjadikan konsumsi cuka apel sebagai satu-satunya cara menurunkan berat badan, tanpa perubahan pola makan atau olahraga.

2. Menghilangkan jerawat

Kandungan asam malat yang ada dalam cuka apel berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur bisa membantu untuk mengurangi jerawat. Selain itu, kandungan asam suksinat dapat membantu proses pengelupasan kulit mati.

Senyawa ini dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Hal ini akan menjadikan jaringan parut tidak akan terbentuk pada wajah.

Asam laktat cuka apel juga dapat memperbaiki kondisi kulit orang yang menderita jerawat. Pemakaian secara teratur pada wajah bisa menghindarkan dari kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Cuka apel dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko seseorang terkena beberapa penyakit, seperti hipertensi dan penyakit jantung.

Hanya, manfaat cuka apel tersebut masih sebatas pengujian pada hewan dan belum ada penelitian yang cukup terhadap manusia. Meski dianggap menjanjikan, masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

4. Mengatasi asam urat

manfaat cuka apel selanjutnya adalah untuk mengatasi asam urat. Zat antiinflamasi yang ada dalam cuka apel berguna untuk meredakan peradangan sendi karena zat purin berlebih.

Rutin konsumi cuka apel untuk mendapatkan khasiatnya.

5. Meningkatkan energi

Cuka apel dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk mendapatkan suntikan energi. Mengonsumsi segelas penuh air yang dicampur dengan cuka apel sebagai minuman sehat pengganti kopi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

6. Mengobati diare

Kandungan pektin yang ada di dalam cuka apel dapat menjadi obat untuk mengatasi diare. Zat ini bertindak untuk melapisi lapisan usus yang meradang.

7. Pereda kulit terbakar matahari

Pernah merasakan sakitnya kulit terbakar matahari? Atasi masalah sakit dan perih pada kulit yang terbakar matahari dengan cuka apel.

Cuka apel bisa dijadikan sebagai lotion alami yang mencegah kulit terbakar matahari. Cuka apel memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kadar pH kulit, membantu Anda mengatasi masalah kulit terbakar matahari.

Selain itu, cuka apel mampu mempercepat penyembuhan serta mencegah kulit yang terbakar matahari menjadi lecet dan terkelupas.

Gunakan handuk atau lap bersih yang sudah dibasahi dengan campuran cuka apel dan air ini.

 

Sumber: Honestdocs

Video Populer

Foto Populer