Sukses


7 Manfaat Jintan Hitam bagi Kesehatan, Tak Hanya sebagai Bumbu Makanan

Bola.com, Jakarta - Jintan hitam atau habbatussauda merupakan tanaman yang banyak tumbuh di kawasan Eropa Timur, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Tanaman ini kerap digunakan sebagai bumbu masakan India dan Timur Tengah.

Selain sebagai bumbu masakan, jintan hitam populer sebagai bahan pengobatan tradisional yang telah dipraktikan selama ribuan tahun.

Konon, jintan hitam mampu mengobati asma, diabetes, hipertensi, dan kondisi medis lainnya.

Jintan hitam bisa diolah sebagai minyak yang berkhasiat menghambat tumor. Khasiat itu bisa terjadi karena kandungan antioksidan dan senyawa antiradang di dalamnya.

Minyak jintan hitam bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau dioleskan langsung ke kulit. Ada beberapa kasus, minyak ini juga dijadikan tambahan dalam produk perawatan kulit.

Berikut ini hasil rangkuman perihal manfaat jintan hitam atau habbatussauda bagi kesehatan dan kecantikan, dikutip dari SehatQ, Senin (31/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Jintan Hitam

1.   Menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menemukan bahwa suplemen habbatussauda bisa membantu dalam menurunkan indeks massa tubuh. Para partisipan dalam riset bahkan tidak merasakan adanya efek samping dari penggunaan suplemen ini.Telaah hasil suatu riset dalam Journal of Diabetes & Metabolic Disorders yang menyimpulkan bahwa minyak jintan hitam berpotensi digunakan untuk mengatasi masalah obesitas. Luar biasa, bukan?

2.   Menjaga kecantikan kulit

Orang yang menderita eksim bisa mengambil manfaat jintan hitam sebagai obat. Ada riset skala kecil yang membandingkan manfaat pengobatan dengan jintan hitam dan obat resep. Hasilnya menunjukkan bahwa minyak jintan hitam mampu meredakan gejala eksim di tangan. Bagi yang mengalami masalah jerawat, efek anti mikroba dan antiradang dari minyak habbatussauda bisa menjadi solusi. Berdasarkan sebuah riset, 58% partisipan yang menggunakan minyak ini sebagai obat jerawat, menyatakan bahwa respons terhadap pengobatannya termasuk baik. Khasiat jintan hitam dalam bentuk minyak juga diyakini mampu melembapkan rambut dan melembutkan kulit. Walau begitu, masih butuh riset lebih lanjut untuk membuktikannya secara ilmiah. 

3.   Mengatasi infertilitas pria

Pada sebuah percobaan klinis terhadap pria-pria yang memiliki sperma abnormal, ditemukan bahwa penggunaan minyak jintan hitam mampu memperbaiki gerakan sperma, meningkatkan jumlahnya, serta meningkatkan volume air mani. 

3 dari 4 halaman

Manfaat Jintan Hitam

4.   Mengobati rheumatoid arthritis

Berdasarkan hasil riset tertentu, manfaat jintan hitam dalam bentuk minyak diduga dapat membantu pengobatan penyakitrheumatoid arthritis. 

Dalam riset tersebut, 43 orang wanita penderita rheumatoid arthritis tingkat ringan dan sedang, diberi kapsul minyak jintan hitam atau plasebo setiap hari selama satu bulan.

Hasilnya memperlihatkan pemberian minyak jintan hitam mampu mengurangi gejala arthritis berupa peradangan dan pembengkakan sendi. 

5.   Meredakan gejala alergi di saluran napas

Manfaat jintan hitam berbentuk minyak tampak menjanjikan di bidang pengobatan alergi. Berdasarkan suatu riset, minyak habbatussauda bisa mengurangi gejala alergi berupa penyumbatan di hidung, hidung gatal, hidung berair, dan bersin-bersin setelah dua minggu penggunaan. 

Riset lain juga menemukan minyak jintan hitam berpotensi mengobati sinusitis berkat senyawa antiinflamasi, antioksidan, antihistamin, antimikroba, dan efek analgesik yang dikandungnya. 

6.   Mengendalikan kondisi diabetes

Minyak jintan hitam berpotensi memiliki manfaat untuk mengontrol diabetes. Habbatussauda diduga bisa memperbaiki kadar gula darah serta kadar kolesterol darah pada penderita diabetes.

Meski demikian, percobaan klinis lebih lanjut dan luas masih dibutuhkan untuk memastikan manfaat jintan hitam tersebut. 

7.   Mengendalikan gejala asma

Hasil sebuah penelitian menyatakan pengidap asma yang mengonsumsi suplemen habbatussauda mengalami perbaikan kondisi yang cukup signifikan.

Harap diingat, sebagian dari berbagai manfaat jintan hitam tersebut masih perlu penelitian ilmiah yang lebih luas agar hasilnya benar-benar akurat. Itulah mengapa, jangan menggunakan suplemen habbatussauda secara sembarangan.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Jintan Hitam

Pengaruhnya pada ginjal dan hati

Ada kekhawatiran mengonsumsi terlalu banyak habbatussauda berpotensi membahayakan organ ginjal dan hati.

Interaksi dengan obat

Jintan hitam dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Contohnya, obat jenis beta blocker dan obat pengencer darah. 

Berpengaruh pada wanita hamil

Wanita hamil, yang berencana untuk segera hamil, dan menyusui, tidak disarankan untuk menggunakan suplemen habbatussauda. Hal ini karena jintan hitam dapat menyebabkan rahim tidak dapat berkontraksi sehingga akan menyulitkan saat proses persalinan kelak.

Itulah mengapa Anda perlu mendiskusikannya dengan dokter terlebih dulu jika memang ada niat untuk mengonsumsinya. 

 

Sumber: SehatQ

 

Yuk, baca artikel kesehatan lainya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer