Sukses


8 Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan, Tanaman Obat Kaya Khasiat

Bola.com, Jakarta - Sudah sejak zaman dulu, tanaman sirih dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Ada yang menyebut sirih merupakan tanaman asli Indonesia.

Sirih, yang memiliki daun berbentuk seperti hati, merupakan tumbuhan merambat atau bersandar pada tumbuhan lain. Sirih dikenal sebagai tanaman obat.

Tanaman sirih juga bisa dikenal sebagai satu di antara jenis tanaman hias, sayuran, serta pelengkap dalam upacara adat.

Ada beberapa jenis sirih, satu di antaranya adalah sirih merah. Selain memiliki daun berbentuk hati berujung runcing, ciri khas lain dari sirih merah, yakni berbatang bulat, berwarna hijau keunguan, dan tidak berbunga. Daunnya berlendir, berasa pahit, dan memiliki aroma khas sirih.

Manfaat sirih merah bagi kesehatan mengacu pada berbagai kandungan di dalamnya, seperti flavonoid, alkaloid, tannin, senyawa polifenolat, dan minyak atsiri.

Seperti halnya sirih yang lain, sirih merah mudah dibudidayakan sehingga Anda bisa menanamnya sendiri di rumah dan selanjutnya merasakan khasiatnya.

Berikut ini penjelasan manfaat sirih merah bagi kesehatan, disadur dari Merdeka, Selasa (8/9/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Sirih Merah bagi Kesehatan

1. Mengatasi gusi berdarah

Selain mengandung vitamin C, sirih merah juga ternyata kaya akan kandungan saponin, tanin, kalsium, dan fosfor yang mampu meredakan pendarahan akibat peradangan pada gusi.

Cara menggunakan daun sirih merah untuk mengatasi masalah gusi adalah dengan berkumur menggunakan air rebusannya.

2. Mengatasi bau mulut

Daun sirih, khususnya sirih merah, memiliki manfaat bagi kesehatan mulut, yakni mengatasi bau mulut. Hal ini berkat kandungan senyawa eugenol dan capitol-nya.

Cukup dengan berkumur dengan air rebusan daun sirih, masalah bau mulut akan teratasi. Lakukan secara rutin setiap hari setelah menggosok gigi.

3. Membantu mengatasi tukak lambung

Sirih merah memiliki manfaat untuk membantu mengatasi tukak lambung. Hal ini tak lain karena sirih merah menganndung vitamin C dan antiseptik yang sangat ampuh melawan kuman penyebab tukak lambung.

Caranya, dengan mengunyah 1-2 lembar daun sirih dan mengulumnya selama 10 menit dan membuang daunnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sirih Merah bagi Kesehatan

4. Mengatasi diabetes

Manfaat daun sirih merah berikutnya adalah dapat mengatasi diabetes. Daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah melalui kandungan molekul aktif yang disebut tanin, yang memiliki sifat antidiabetes.

Alkaloid pada sirih menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa di usus.

Daun ini juga mengandung beragam polifenol yang memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Molekul-molekul pada daun sirih melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Menghilangkan bau badan

Sirih merah dapat menghilangkan bau badan. Hal ini tak lain karena sirih merah mengandung estradiol dan klavikula, yang mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat.

Mengonsumsi air rebusan daun sirih merah mampu meredakan bau badan yang berlebihan. Anda juga bisa mengaplikasikan tumbukan daun sirih ke ketiak secara teratur untuk mengatasi bau badan.

6. Memulihkan peradangan

Sifat anti-inflamasi pada sirih merah mampu menyembuhkan dengan cepat peradangan. Sirih merah dapat digunakan sebagai obat gusi berdarah, luka bakar ringan, gatal gigitan serangga, hingga rasa nyeri di berbagai bagian tubuh.

Daun sirih merupakan obat klasik untuk luka. Hal ini berkat kandungan polifenol yang memiliki sifat antioksidan.

Kandungan tersebut meningkatkan aktivitas enzim pemulung radikal bebas dalam tubuh, seperti superoksida dismutase dan katalase.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sirih Merah bagi Kesehatan

7. Mencegah jerawat

Sirih merah memiliki sifat antibakteri alami. Sirih merah mengandung tanin, yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat.

Sirih merah juga punya kandungan minyak atsiri, yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Kandungan sirih merah seperti antioksidan, flavonoid, dan vitamin tertentu mampu menutrisi kulit dengan baik sehingga kulit akan tampak bersih terhindar dari jerawat. 

8. Mencegah penuaan dini

Manfaat sirih merah selanjutnnya adalah mencegah penuaan dini. Seperti diketahui, radikal bebas dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

Efek ini menyebabkan kerusakan sel, peradangan, dan menyebabkan keriput serta bintik-bintik penuaan. Antioksidan pada sirih merah mampu melawan efek radikal bebas, dapat memainkan peran utama dalam menunda tanda-tanda penuaan.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 11/7/2020)

Video Populer

Foto Populer